SOLOPOS.COM - Swiss (Euro2016.com)

Prediksi Swiss vs Polandia terjadi di babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Solopos.com, SAINT-ETIENNE — Swiss maupun Polandia sama-sama lolos ke babak 16 besar Euro untuk kali pertama. Keduanya akan saling bentrok untuk mendapatkan satu tiket ke perempatfinal Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Sabtu (25/6/2016) pukul 20.00 WIB.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Polandia punya rekor head to head lebih baik daripada Swiss. Dalam 10 kali perjumpaan mereka, The White Eagles, julukan Polandia, menang empat kali seri lima kali, dan baru kalah sekali. Sedangkan satu-satunya kemenangan Swiss atas Polandia, yakni dalam sebuah laga persahabatan yang berakhir dengan skor 2-1 di Basel, 1976 silam.

Kali terakhir mereka bersua dalam friendly match di Wroclaw, Polandia, November 2014 lalu. Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 2-2. Namun demikian, mereka hanya sekali bertemu di kompetisi resmi di kualifikasi Euro 1980. Saat itu The White Eagles menang 2-0 atas La Nati, julukan Swiss.

Partai ini jadi kesempatan emas bagi bintang Polandia, Robert Lewandowski, yang tak jua mencetak gol di Euro 2016. Meskipun demikian, Lewandowski merupakan pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi Euro 2016 dengan 13 gol. Catatan ini menyamai prestasi penggawa Irlandia Utara, David Healy, saat kualifikasi Euro 2008 lalu.

“Dia [Lewandowski] sangat berpengaruh pada permainan kami. Dia pemain yang penting bagi kami sekaligus tenaga seperti lokomotif yang memberi kami kekuatan,” papar Nawalka, dilansir bundesliga.com, Jumat (24/6/2016).

Di samping itu, skuat polesan Adam Nawalka ini untuk kali ketiga beruntun lolos putaran final Euro. Mereka lolos ke babak 16 besar dengan mengemas dua kemenangan dan sekali seri. Bahkan, mereka belum pernah kebobolan dalam empat laga terakhir. Prestasi terbaik Polandia di panggung internasional adalah menyabet medali perunggu Piala Dunia 1974 dan 1982.

Sementara itu, ini merupakan kali pertama Swiss lolos dari fase grup dalam empat edisi Euro. Mereka tak terkalahkan dalam empat laga beruntun terakhir dengan catatan dua kali menang dan sekali seri. Ini termasuk sekali menang dan dua kali seri di babak penyisihan.

“Polandia sulit untuk dikalahkan. Kami harus menunjukkan kualitas terbaik. Kami mesti berpikir positif, kerja keras, dan lihat apa yang bisa kami lakukan nanti,” papar striker Swiss, Haris Seferovic, dilansir soccerway.com.

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, meminta anak didiknya mewaspadai seluruh pemain lawan. Juru taktik berpaspor Swiss dan Bosnia ini tak ambil pusing keberadaan bintang Bayern Munich, Lewandowski di kubu Polandia. Mereka bisa mengandalkan Xherdan Shaqiri yang pernah mencetak hat-trick lawan Honduras di Piala Dunia 2014.

“Saya puas Xherdan bukan sosok yang individualis. Dia memberikan semuanya untuk tim. Saat semua pemain menjalankan tugas dengan baik, akan sangat menguntungkan,” jelas Petkovic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya