Timnas Inggris (Mirror.co.uk)

Solopos.com, PRAHA — Para pemain Timnas Inggris mengenakan seragam tak biasa dalam sesi latihan di Praha, Kamis (10/10/2019). Kostum serba hitam dipilih Mason Mount dkk. jelang duel melawan Republik Ceko dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Usut punya usut, seragam hitam ternyata dipilih Inggris untuk merayakan Black History Month. Black History Month sejatinya adalah perayaan sejarah pencapaian warga keturunan Afrika di semua sektor. Di kalangan internasional, Black History Month kini juga dimaknai sebagai perlawanan atas isu rasialisme yang masih menjadi momok, tak terkecuali di dunia sepak bola.

Inggris memang berkepentingan melawan rasialisme setelah tiga pemainnya yakni Raheem Sterling, Callum Hudson-Odoi dan Danny Rose mengalami pelecehan rasial sejak Maret 2019 lalu. Belakangan Tammy Abraham juga menjadi korban saat membela klubnya, Chelsea, di Liga Premier Inggris.

Duel melawan Republik Ceko pun dimanfaatkan skuat Tiga Singa untuk memerangi rasisme dengan skuat tenaga. Tak tanggung-tanggung, Inggris berkomitmen mogok main jika ada penggawanya yang mendapat hinaan rasial saat bertandang ke markas Republik Ceko, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB serta Bulgaria, Selasa (15/10/2019).

Diketahui, suporter di negara-negara di Eropa timur memang cenderung doyan mengeluarkan ucapan berbau rasis pada tim tamu. Bulgaria sendiri sempat mendapat hukuman UEFA akibat perilaku rasis suporternya saat menghadapi Republik Ceko dan Kosovo Juni lalu.

“Jika hal itu [ujaran rasis] terjadi pada satu pemain, itu artinya terjadi pada kami semua. Harry Kane [kapten Inggris] sudah bilang jika kami tidak senang, jika ada seorang pemain saja yang tidak suka dengan perlakuan itu, kami semua akan keluar dari lapangan,” ujar Tammy Abraham seperti dilansir BBC, Rabu (9/10/2019).

Selain memerangi rasisme, misi utama Tiga Singa jelas meraih poin penuh di Praha. Kemenangan akan membawa Inggris meletakkan satu kaki ke putaran final Piala Eropa 2020. Sejauh ini anak asuh Gareth Southgate memang masih jemawa di Grup A dengan meraih poin sempurna dari empat pertandingan (12). Adapun Republik Ceko mengintip di posisi kedua dengan sembilan poin dari lima laga.

Dengan peta persaingan ini, tuan rumah jelas berambisi meraih poin di hadapan publik sendiri untuk menempel ketat Inggris di puncak klasemen. Sebab apabila seri atau kalah, Lukas Masopust dkk. dipastikan gagal menggeser Inggris dari puncak meski masih punya dua laga sisa.

Posisi mereka juga bisa terancam Kosovo yang sejauh ini mengumpulkan delapan poin. Tuan rumah wajib mewaspadai Mason Mount yang diperkirakan bakal menjalani debutnya bersama Inggris. Gelanang muda Chelsea ini tengah on fire dengan mencetak empat gol dalam delapan laga Liga Premier.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten