SOLOPOS.COM - Ilustrasi Real Madrid Vs Borussia Dortmund. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Ilustrasi Real Madrid Vs Borussia Dortmund. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO – Real Madrid akan melakoni laga berat saat menjamu Borussia Dortmund pada semifinal leg kedua Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (1/5/2013) dini hari WIB. Tak hanya dituntut menang, anak-anak Los Merengues juga wajib mengejar defisit yang cukup besar guna memuluskan langkahnya ke final.

Ekspedisi Mudik 2024

Madrid menjamu Dortmund bermodalkan kekalahan telak 1-4 pada semifinal leg pertama di Signal Iduna Park, tengah pekan lalu. Hasil buruk itu membuat Madrid wajib memenangi leg kedua tiga gol tanpa balas guna membalikkan keadaan.

Menang telak dari Dortmund bukanlah sesuatu yang mudah. Juara Bundesliga musim lalu itu terkenal memiliki organisasi yang solid dan serangan yang tajam.

Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, sadar akan kekuatan lawannya. Karenanya ia pun meminta skuatnya untuk menunjukkan keberanian dan segala upaya hingga titik darah penghabisan saat menjamu Dortmund.

“Ini sulit dikatakan secara matematis kans yang kami miliki. Saya telah mengatakan segalanya pada para pemainku. Hal yang terpenting yang dibicarakan terkait kesalahan yang kami buat di Dortmund. Kebanyakan kesuksesan klub untuk setiap orang dan kesalahan milik pelatih. Terkadang sepak bola tak adil bagi satu tim, namun saat di Dortmund dan Borussia layak menang. Segalanya mungkin dilalui,” ujar Mourinho.

“Kami bermain buruk di Dortmund dan sulit dipercaya kami akan melakukan hal yang sama lagi. Saya ingi ketangguhan mental dari para pemain. Kami harus menikmati diri kami sendiri di lapangan, meski kami berada dalam situasi sulit. Kami harus bermain menit demi menit dan gol demi gol hingga nafas terakhir dalam pertandingan,” imbuhnya.

Di sisi lain, meski dianggap sudah menjejakkan satu kakinya di final, Dortmund tak ingin jemawa. Pelatih Dortmund, Jurgen Klopp, menganggap timnya belum berbuat apa-apa sejauh ini.

“Real Madrid yakin mereka mampu melakukan come back melawan kami sehingga akan bertindak sesuai,” ujar Klopp.

“Kami menyenangkan fans kami di leg pertama dan setiap orang tahu bagaimana kami bermain, tapi mari lihat apa yang akan terjadi. Madrid akan melakukan segalanya.”

“Kami tidak di final namun hasil leg pertama lebih baik dari yang kami harapkan. Kami akan bertarung dengan seluruh kekuatan.”

Menghadapi Dortmund, moral para penggawa Madrid sedikit terangkat. Hal ini tak terlepas dari kemenangan atas rival sekotanya, Atletico Madrid, 2-1 pada lanjutan La Liga, akhir pekan lalu.

Selain itu, Madrid kemungkinan juga akan kembali diperkuat mega bintangnya, Cristiano Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 itu semula sempat diragukan karena cedera paha, yang membuatnya absen saat melawan Atletico. Namun, kabar terbaru mengatakan bahwa Ronaldo telah pulih dan sudah bergabung bersama timnya.

Selain Ronaldo, Fàbio Coentrão dan Sergio Ramos, yang saat Derby Madrid diistirahatkan kini juga telah fit. Sedang, Michael Essien, juga telah kembali dari cedera otot.

Di kubu Dortmund, bek sayap Polandia, ?ukasz Piszczek, diragukan tampil karena cedera pangkal paha. Sementara, Ilkay Gundogan, yang semula mengalami permasalahan leher dan Mario Goetze, yang mengalami masalah otot, kemungkinan bisa kembali dimainkan.

Predikis pembaca Goal.com

Real Madrid menang      70,5 %

Draw     8,5%

Borussia Dortmund menang       21%

Prediksi terlaris

Real Madrid 3-0 Borussia Dortmund        20,82%

Real Madrid 4-0 Borussia Dortmund        12,68%

Real Madrid 2-1 Borussia Dortmund        7,11 %

Head to Head Real Madrid vs Borussia Dortmund:

Apr 24, 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1 UEFA

Nov 6, 2012 Real Madrid 2 – Borussia Dortmund 2 UEFA

Oct 24, 2012 Borussia Dortmund 2 – Real Madrid 1 UEFA

Aug 19, 2009 Borussia Dortmund 0 – Real Madrid 5 FR

Lima Pertandingan terakhir Real Madrid:



Apr 24, 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1 UCL

Apr 20, 2013 Real Madrid 3 – Betis 1 LIGA

Apr 14, 2013 Athletic Bilbao 0 – Real Madrid 3 LIGA

Apr 9, 2013 Galatasaray 3 – Real Madrid 2 UCL

Apr 6, 2013 Real Madrid 5 – Levante 1 LIGA

Lima Pertandingan terakhir Borussia Dortmund:

Apr 24, 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1 UCL

Apr 20, 2013 Borussia Dortmund 2 – Mainz 0 GER1

Apr 13, 2013 Greuther Fürth 1 – Borussia Dortmund 6 GER1



Apr 9, 2013 Borussia Dortmund 3 – Malaga 2 UCL

Apr 6, 2013 Borussia Dortmund 4 – FC Augsburg 2 GER1

Prakiraaan susunan pemain

Real Madrid: Iker Casillas, Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao, Arbeloa, Sami Khedira, Mesut Özil, Xabi Alonso, Ángel Di María, Cristiano Ronaldo.

Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller, Hats Hummels, Lukasz Piszczek, Felipe Santana, Sebastian Kehl, Sven Bender, Mario Götze, Jakub Blaszczykowski, Nuri Sahin, Robert Lewandowski, Marco Reus.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya