SOLOPOS.COM - Ilustrasi Atletico Madrid Vs Real Madrid. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, MADRID—Atletico Madrid hanya selangkah lagi menuliskan sejarah anyar ketika melakoni derby Ibu Kota Spanyol melawan Real Madrid pada semifinal leg pertama Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Kamis (6/2/2014) dini hari WIB.

Ya, dua rival sekota itu tidak akan bisa memungkiri takdir bertemu di babak empat besar turnamen yang juga dinamai Piala Raja itu demi memperebutkan satu lembar tiket menuju final.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua tim sebelumnya bertemu di partai puncak turnamen yang sama pada musim 2012/2013 di Santiago Bernabeu, Mei 2013. Saat itu, Madrid yang tampil di hadapan suporternya sendiri justru menjadi pecundang dan kalah 1-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Atletico sukses menambah catatan manis dalam pertemuannya melawan Madrid dalam setahun terakhir ketika berhadapan dengan tim yang sama di ajang Liga Primera, September silam. Skuat Los Rojiblancos, julukan Atletico, menduang kemenangan tipis 1-0 dalam bentrok yang digelar di Santiago Bernabeu.

Rangkaian manis di kandang Madrid itulah yang membawa Diego Costa dkk. hanya sejengkal dari torehan sejarah baru dalam lawatan ke Bernabeu dalam duel leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis. Skuat Diego Simeone akan menuliskan tinta emas dalam buku sejarah klub jika mendulang kemenangan dalam tiga laga secara beruntun yang seluruhnya dilangsungkan di markas rival sekotanya itu.

Di luar persaingan kedua tim selama ini, Atletico mengusung optimisme setinggi langit dalam laga tandang kontra Madrid. Hal itu setelah pasukan Merah Putih menggasak Real Sociedad empat gol tanpa balas dan menggenggam takhta liga domestik yang sebelumnya selalu berada dalam cengkeraman Barcelona.

Lagipula, Atletico akan memiliki peluang besar mempertahankan trofi Copa del Rey yang mereka rebut musim lalu jika sukses menjungkalkan Madrid di semifinal leg pertama di Bernabeu. Telepas dari keberadaan Barcelona yang berpotensi menjadi batu sandungan di final, Madrid tidak dimungkiri merupakan lawan terberat yang harus disingkirkan Los Rojiblancos.

Tetapi Madrid jelas tidak akan berpangku tangan dan membiarkan Atletico kembali melenggang dengan senyum dari Bernabeu. Cristiano Ronaldo dkk. akan berjuang mati-matian membalas kekalahan pahit di final Copa del Rey musim lalu sekaligus merengkuh dominasi di Ibu Kota Spanyol yang setahun terakhir terusik keberadaan Atletico.

Sayangnya, Madrid akan menyambut kedatangan Atletico dengan bekal yang kurang mengesankan. Selain selalu kalah dalam dua pertemuan teranyar melawan skuat Diego Simeone di Bernabeu, Los Blancos, julukan Madrid, hanya mendulang hasil imbang 1-1 di ajang Liga Primera melawan Athletic Bilbao, Senin dini hari WIB.

Kabar baiknya, Cristiano Ronaldo kemungkinan besar akan tetap bisa bermain setelah kartu merah yang didapatkannya di kandang Bilbao di San Mames. Selain iyu skuat Ancelotti berpeluang kembali diperkuat Gareth Bale dengan posisi penjaga gawang yang diyakini akan diberikan kepada Iker Casillas.
Sementara itu Atletico justru akan kehilangan David Villa yang mengalami masalah hamstring dalam duel melawan Sociedad meski kembali diperkuat Arda Turan.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, mengungkapkan timnya dilengkapi skuat memadai untuk berkompetisi dengan para pesaing kuatnya di ajang domestik. Manajer asal Argentina itu pun mengaku sangat senang dengan kehadiran Diego Ribas yang datang dengan status pinjaman pada bursa transfer musim dingin.

“Kami memiliki para pemain yang membuat tim ini bisa bersaing. Kedatangan Diego memberikan kami apa yang telah Anda saksikan [melawan Sociedad],” ujar Simeone seperti dilansir Independent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya