SOLOPOS.COM - Juventus (REUTERS/Max Rossi)

Prediksi Porto vs Juventus tersaji di Liga Champions

Solopos.com, PORTO — Juventus sudah bosan hanya menjadi raja di Italia dalam lima tahun terakhir. Ekspektasi tinggi pun dipasang tim asuhan Massimiliano Allegri di Liga Champions, trofi yang kali terakhir mereka kantongi pada 1995/1996.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

La Vecchia Signora (Si Nyonya Tua), julukan Juventus, telah melewati fase grup Liga Champions dengan mulus. Mereka akan bertemu Porto pada babak 16 besar. Paulo Dybala dkk. harus melawat ke markas Porto, Estadio do Dragao, terlebih dahulu pada leg pertama, Kamis (23/2/2017) pukul 02.45 WIB.

Di atas kertas, Juventus diunggulkan ketimbang Porto yang menjadi juara dua kali tim juara dunia kali Liga Champions itu. Faktor sejarah juga berpihak kepada La Vecchia Signora dengan menang dua kali dan imbang sekali dalam tiga pertemuan kedua tim di panggung Eropa.

Namun, ada tantangan besar yang harus dilalui anak asuh Allegri jika mereka ingin membuka kans ke perempat final menjadi lebih besar, yakni meruntuhkan tembok pertahanan Dragoes (Sang Naga), julukan Porto. Seperti halnya Juventus di Italia, Porto merupakan tim dengan pertahanan paling rapat di Primeira Liga musim ini. Gawang Iker Casillas baru kebobolan 11 gol dan mencetak 13 kali clean sheet dalam 22 laga.

Allegri tidak perlu repot-repot memikirkan taktik membongkar pertahanan Porto. Baru-baru ini, mantan pelatih AC Milan mulai rajin menerapkan formasi 4-2-3-1 yang lebih ofensif. Formasi itu mengakomodasi peran lima pemain bertipe menyerang yang mulai populer disebut Fab Five, yakni Gonzalo Higuian, Dybala, Mario Mandzukic, Juan Cuadrado, dan Miralem Pjanic.

Sejak beralih ke skema  4-2-3-1, Juve menyapu enam pertandingan terbaru di semua kompetisi dengan kemenangan. Paling gres, Higuain cs. melumat Palermo dengan skor 4-1 di Seri-A, Sabtu (19/2/2017).

Higuain yang memborong 19 gol di Seri-A musim ini tidak asing dengan Casillas yang pernah menjadi rekan satu tim ketika sama-sama di Real Madrid. Penyerang asal Argentina itu berambisi mejebol gawang Casillas untuk menghentikan rekor tak terkalahan Porto dalam enam perjamuan terakhir melawan tim Italia di Do Dragao.

“Selalu menyenangkan mencetak beberapa gol ke gawang kiper hebat,” ujar penyerang berjuluk Pipita itu, seperti dilansir Football-italia.net.

Duo bek Juve, Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli, diragukan bisa fit 100 persen. Sementara Porto bisa tampil full-team karena tidak ada pemain yang cedera atau sanksi akumulasi kartu. Kedua tim sama-sama harus berhati-hati dengan situasi bola mati. Bianconeri, julukan lain Juve, kerap dibuat repot saat menghadapi situasi sepak pojok. Sementara kiper Porto, Caillas, juga kurang sempurna dalam mengantasi bola corner.

Pelatih Porto, Nuno Espirito Santo, bisa mengandalkan Andre Silva di lini depan. Sementara gelandang bertahan Danilo akan ditugaskan untuk membendung serangan tamu mereka. “Secara defensif kami bekerja dengan keras, sementara di serangan kami punya pemain-pemain muda yang bisa menjadi pembeda,” jelas Danio kepada La Repubblica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya