SOLOPOS.COM - Para pemain Meksiko menjalani latihan persiapan melawan Selandia Baru di Play Off Piala Dunia 2014. (Reuters/JIBI))

Solopos.com, MEXICO CITY — Kali terakhir Meksiko gagal menembus putaran final Piala Dunia pada 1990. Peristiwa itu bisa kembali membayangi skuat berjuluk El Tri ketika berjumpa Selandia Baru di leg pertama playoff interkontinental Piala Dunia 2014 di Stadion Azteca, Meksiko City, Kamis (14/11/2013) dini hari WIB.

Meksiko pantas berterimakasih kepada  Amerika Serikat (AS), bisa sampai ke level ini. AS mencetak dua gol telat untuk mengalahkan Panama, yang memberi angin segar El Tri ke playoff. Sebab seandainya Panama menang melawan AS, maka mereka yang berhak ke playoff dari Zona CONCACAF.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiga tiket otomatis dari zona Amerika Utara diperoleh AS, Kosta Rika dan Honduras. El Tri hanya bisa berdiri di belakang mereka di klasemen akhir. Jalan yang tak biasa pun harus dilalui pasukan Miguel Herrera agar bisa lolos ke putaran final Piala Dunia di Brazil tahun depan.

Anak didik Herrera harus bekerja keras dalam dua leg melawan Selandia Baru. Di leg pertama, El Tri bertindak sebagai tuan rumah. Pertarungan kandang ini sebaiknya mereka menangi, agar kans lolos ke Brazil aman.

Tapi Herrera membuat keputusan berani. Pelatih baru Meksiko ini tidak membawa serta beberapa pilarnya yang merumput di Eropa, seperti pemain Manchester United, Javier “Chicharito” Hernandez, dan memilih mengoptimalkan para pemain yang merumput di liga lokal.

Meksiko memiliki rasa kepercayaan diri tinggi meladeni Selandia Baru di kandang kebesarannya mereka. Keriuhan di Stadion Azteca yang berkapasitas 100.000 penonton itu, bisa memberi tekanan besar bagi tim tamu di leg pertama nanti.

“Kami akan lakukan itu di sini. Saya yakin Meksiko akan memanfaatkan keuntungan jadi kami bisa santai di Wellington [leg kedua di Selandia Baru, 20 November] dan menuntaskan tugas. Itu gagasannya. Pastikan di kandang,” Herrera, dilansir sportsillustrated.cnn.com, Selasa (12/11).

Herrera kemungkinan akan memasang Oribe Peralta sebagai ujung tombak El Tri. Peralta akan diduetkan dengan salah satu rekannya, Aldo de Nigris atau Rual Jimenez.

Sementara itu, Selandia Baru yang menjadi satu-satunya tim yang tak pernah kalah di Piala Dunia 2010, dengan tiga kali imbang, mulai menjalani latihan di California selatan. Tim ini, kemungkinan besar tidak akan diperkuat bek West Ham United, Winston Reid yang dibebat cedera engkel.

Meski demikian, pasukan Ricki Herbert, bakal mati-matian memberi masalah bagi tuan rumah di Azteca. Hasil imbang mungkin menjadi target realistis. Namun, Herbert paham Meksiko tentu memiliki ambisi besar untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

“Itu tantangan besar bagi kami,” jelas Herbert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya