SOLOPOS.COM - (Dari kiri ke kanan) Para pemain Manchester United, Phil Jones, Javier Hernandez dan Robin van Persie menunjukkan ekspresi kecewa saat dikalahkan Newcastle United. (JIBI/Reuters/Darren Staples)

Solopos.com, MANCHESTER—Misi Manchester United mempertahankan trofi Liga Premier tengah berantakan. Manajer David Moyes tentu tak ingin menambah malu performa Setan Merah di ajang Piala Liga.

Piala Liga sepertinya menjadi jalan terakhir bagi Moyes untuk bisa menghibur suporter United di kompetisi domestik musim ini. Di saat usaha Setan Merah, julukan United, menyabet gelar Liga Premier semakin terjal, David De Gea dkk. masih mengantongi peluang untuk menuju partai puncak di Capital One Cup atau Piala Liga.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Ya, kans United untuk menembus babak pamungkas Piala Liga memang tak bisa disebut besar. Pada leg pertama babak semifinal, pasukan Moyes kalah 1-2, berkat gol bunuh diri Ryan Giggs dan penalti Fabio Borini di kandang Sunderland, Stadium of Light.

Manchester Merah harus bisa membalas kekalahan tipis tersebut ketika gentian menjamu Sunderland pada leg kedua semifinal di Old Trafford, Manchester, Kamis (23/1) dini hari WIB. Sebab hasil imbang di Old Trafford berarti kiamat bagi United.

Gol tandang di Stadium of Light bisa menjadi bekal bagi Setan Merah untuk mengamankan asa ke partai pamungkas. Karena mereka hanya cukup menang dengan skor 1-0 di Old Trafford, untuk bisa sampai ke duel puncak, Maret, yang kemungkinan besar akan bertemu Manchester City.

Untuk melicinkan misi sulit itu, Darren Fletcher cs. harus bisa melupakan tragedi kekalahan 1-3 di markas Chelsea, Stamford Bridge, London, pada lanjutan Liga Premier, Minggu (19/1). Itu menjadi kekalahan ketujuh United dalam 22 laga di Liga Premier musim ini.

Tiket final di Piala Liga sekaligus bisa dijadikan Moyes membalas kepercayaan penuh yang diberikan fans selama ini. Posisi United yang sedang terseok-seok di peringkat ketujuh klasemen Liga Premier, tak lantas membuat petinggi United, pemain serta suporter Setan Merah untuk buru-buru memecat suksesor Sir Alex Ferguson itu dari kursi manajer.

“Kami akan turun dan melakukan segala cara untuk bisa lolos. Saya ingin memberikan sesuatu untuk menghibur suporter,” jelas Moyes kepada situs resmi United, dilansir Reuters, Selasa (21/1).

Sayang, dua striker berpengaruh Setan Merah, Robin van Persie dan Wayne Rooney, belum mendapat lampu hijau untuk turun melawan Sunderland. Kondisi dua aset terbaik Setan Merah itu mulai membaik, namun masih terlalu cepat untuk dipasang dalam pertandingan ini.

Rooney absen sejak empat laga terakhir United karena cedera pangkal paha. Sedangkan Van Persie dibebat cedera paha ketika melawan Shaktar Donetsk di Liga Champions, Desember lalu. Sejak itu, tidak ada pemain United lainnya yang benar-benar bisa mengisi lubang yang ditinggalkan dua bintang mereka tersebut, kecuali remaja yang tengah naik daun, Adnand Januzaj.

Nasib tuan rumah bisa bertambah buruk karena tak bisa diperkuat Nemanja Vidic yang terkena hukuman larangan bertanding tiga laga setelah mengantongi kartu merah di Stamford Bridge. Posisi palang pintu kemungkinan akan diserahkan kepada Chris Smalling.

Sementara Sunderland akan memanfaatkan hasil maksimal di Stadium of Light sebagai bekal ke markas Setan Merah. Tim besutan Gustavo Poyet juga mencatat hasil mengejutkan ketika menahan imbang 2-2 Southampton di Liga Premier, Sabtu lalu.

“Setiap laga sangat besar, ada semifinal [Piala Liga, dan kami dapat keuntungan untuk menghadapi pertandingan sulit di Old Trafford,” jelas gelandang Sunderland, Craig Gardner kepada situs resmi klub, safc.com.

Prakiraan Formasi
Manchester United (4-4-2) Pelatih David Moyes
De Gea; Evra, Smalling, Evans, Rafael; Young, Carrick, Januzaj, Valencia; Hernandez, Welbeck
Cadangan : Jones, Giggs, Lindegaard, Cleverley, Fletcher, Kagawa, Buttner

Sunderland (4-4-2) Pelatih Gustavo Poyet
Mannone; Bardsley, Alonso, Brown, O’Shea; Cattermole, Larsson, Ki, Johnson; Borini, Altidore
Cadangan : Gardner, Colback, S. Fletcher, Celustka, Pickford, Giaccherini, Roberge

Tiga Pertemuan Terakhir
08/01/2014 Piala Liga Sunderland 2 – 1 Manchester United
05/10/2013 Liga Premier Sunderland 1 – 2 Manchester United
30/03/2013 Liga Premier Sunderland 0 – 1 Manchester United

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya