SOLOPOS.COM - Ilustrasi Piala FA. dokJIBI/SOLOPOS

Ilustrasi Piala FA. dokJIBI/SOLOPOS

MANCHESTER – Apakah Manchester City memang selayaknya merengkuh kata “wajar tanpa syarat” dengan lebih diunggulkan ketimbang Wigan Athletic?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mendekati pasti bahwa kedua tim bakal melakoni duel di Stadion Wembley dalam final Piala FA pada Sabtu (11/5) yang disiarkan oleh sebuah stasiun televisi TransTV pada pukul 23.00 WIB.

Untuk menjawab pertanyaan itu, tinggal sekarang kejelian dan kecermatan dari juru racik taktik kedua tim, Roberto Mancini di kubu City, dan Roberto Martinez di kubu The Latics, julukan bagi Wigan.

Apakah kedua pelatih itu akan menurunkan tiga atau empat pemain menampati posisi bek? Pertanyaan ini krusial bagi kedua manajer dalam menyusun tembok pertahanan, sebagaimana dikutip dari situs ESPN.

Mancini biasanya memasang empat pemain belakang meski kadangkala ia melakukan perubahan di tengah pertandingan dengan menurunkan tiga bek. Ini tampak ketika City menghadapi Wigan pada pekan lalu dan meladeni West Brom pada Selasa.

Martinez lebih memilih tiga bek tengah, meski ia kini menghadapi masalah dengan kebugaran dan ketangguhan dari tiga punggawanya itu. Antolin Alcaraz belum pulih benar dari cedera hamstring. Dengan begitu, ia mungkin saja menurunkan formasi 4-3-3 dan dua bek sayap akan lebih diberdayakan.

Apakah kedua tim menurunkan gelandang bertahan? Ini lebih ditentukan oleh kesiapan fisik para pemain kedua tim. City telah menghadapi Wigan sebanyak dua kali musim ini.

Di sini, Barry, Garcia dan Yaya Toure cenderung mengambil peran lebih dalam. Ini mengindikasikan bahwa City lebih mendayagunakan gelandang bertahan ketika menghadapi Wigan. Masih diselimuti tanda tanya, apakah Garcia dibangkucadangkan atau justru Toure akan diturunkan Mancini.

Tidak seperti tim-tim lainnya, pola anak asuhan Martinez ini lebih mementingkan penguasaan setengah lapangan permainan. Pola ini berbahaya ketika menghadapi tim yang memiliki sederet striker yang punya kecepatan beroperasi di kotak penalti. Bukan tidak mungkin, gawang Wigan menjadi bulan-bulanan City.

City di bawah polesan Mancio dikenal kuat di lini tengah. Pelatih asal Italia itu kerapkali menerapkan formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1 dengan memasang Aguero dan Tevez sebagai striker, dengan disokong Nasri dan Silva.

Sementara, Wigan lebih kuat di sisi kiri. Alur serangan tim besutan Martinez ini kerap mengalir dari sisi kiri. Tiga gol yang dicetak Wigan ketika menghadapi West Brom pada Sabtu pekan lalu dihasilkan dari sisi kiri. Ketika itu Wigan mengalahkan West Brom dengan 3-2. Hanya saja Jean Beausejor masih dibekap cedera, dan pilihan jatuh kepada Maloney.

Di mana ada kekuatan, di situ ada kelemahan. Ini juga berlaku bagi Wigan. Dan City dapat mengeksploitasi ruang yang ditinggalkan Beausejour yang nota bene kerap membantu serangan, meski tempatnya dapat saja diisi oleh Roger Espinoza.

Soalnya sekarang, Wigan tidak memiliki bek tengah yang terbiasa menempati posisi bek kiri. Ini jelas menjadi makanan empuk dari punggawa City, yakni Zabaletta, Silva, dan Nasri yang nota bene punya daya gedor luar biasa.

Wigan menghadapi soal dengan bola-bola mati. Sabtu pekan lalu, Gareth MCAuley (West Brom) dapat leluasa melakukan sundulan dari hasil tendang bebas, ketika Wigan melawan West Brom. Tujuh hari sebelumnya, Boyce melakukan gol bunuh diri di menit-menit terakhir dari hasil tendangan bebas pemain Tottenham.

Wigan boleh dibilang kurang punya organisasi permainan yang ciamik dan dirundung krisis pemain berpostur tinggi untuk mengantisipasi bola-bola set-piece lawan.

Komentar dua pelatih (dikutip dari situs BBC.Com)

Roberto Martinez (Wigan Athletic):

“Anda harus punya mimpi, dan mimpi terbesar adalah prestasi. Memenangi Piala FA menjadi mimpi. Melaju sampai final merupakan torehan besejarah bagi sebuah klub sepak bola. Memenangi trofi tentu akan mendongkrak klub kami masuk dalam jajaran elite sepak bola.”

Roberto Mancini (Manchester City):

“Ketika anda memulai musim kompetisi, maka anda ingin memenangi trofi atau merebut sejumlah trofi, dan niat itu perlu diperjuangkan agar dapat terwujud. Kami sedang melakoni musim yang baik meski hasilnya tidak sebaik musim lalu.”

“Piala FA adalah piala yang juga penting sesudah trofi Liga Inggris (Premier League) dalam sepak bola negeri ini.”

Prakiraan susunan pemain:
 
Manchester City (4-2-3-1):
Pantilimon (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Nastasic, Clichy, Yaya Toure, Barry, Silva, Tevez, Nasri, Dzeko

Wigan Athletic (4-2-3-1):
Joel (penjaga gawang). Boyce, Caldwell, Scharner, Espinoza, McCarthy, Watson, McArthur, McManaman, Kone, Maloney



Pemain andalan
Yaya Touré (City)
Posisi: gelandang
Nomor punggung:    42

City jelas-jelas berharap kepada penampilan cemerlang pemain asal Pantai Gading ini. Dalam beberapa laga, penampilan Toure disebut-sebut menjadi inspirator bagi tim. Ia mampu mengakhiri paceklik gol di City. Mancini tahu resep manjur memotivasi Toure. Gelandang Wigan bakal kerepotan menghalau dan menutup pergerakan pemain ini.

James McCarthy (Wigan)
Posisi: Gelandang
Nomor punggung:    4

Pemain berusia 22 tahun ini punya talenta yang dapat dikembangkan bagi Wigan di masa depan, bahkan ada sejumlah klub papan atas telah melirik pemain ini. Laga di Wembley menjadi salah satu ajang pembuktian bahwa ia pantas mengail tawaran klub-klub besar. The Latics dapat memberi kepercayaan kepada pemain asal Irlandia ini turun sebagai gelandang. Ia jelas-jelas aset bagi Wigan.

Head to Head
Premier League ?(EPL)?     17 Apr 2013     Manchester City 1 – Wigan Athletic 0
Premier League ?(EPL)?     28 Nov 2012     Wigan Athletic 0 – Manchester City 2
Premier League ?(EPL)?     16 Jan 2012     Wigan Athletic 0 – Manchester City 1
Premier League ?(EPL)?     10 Sep 2011     Manchester City 3 – Wigan Athletic 0
Premier League ?(EPL)?     5 Mar 2011     Manchester City 1 – Wigan Athletic 0

Lima laga terakhir    

Manchester City
7 May 2013    Manchester City 1 – West Bromwich Albion 0    EPL
4 May 2013    Swansea City 0 – Manchester City 0    EPL
27 Apr 2013    Manchester City 2 – West Ham 1    EPL
21 Apr 2013    Tottenham 3 – Manchester City 1    EPL
17 Apr 2013    Manchester City 1 – Wigan Athletic 0    EPL

Wigan Athletic
7 May 2013    Wigan Athletic 2 – Swansea City 3    EPL
4 May 2013    West Bromwich Albion 2 – Wigan Athletic 3    EPL
27 Apr 2013    Wigan Athletic 2 – Tottenham 2    EPL
20 Apr 2013    West Ham 2 – Wigan Athletic 0    EPL
17 Apr 2013    Manchester City 1 – Wigan Athletic 0    EPL

Prediksi hasil laga (goal.com)

Manchester City 3-0 Wigan Athletic (18,23 persen)
Manchester City 2-0 Wigan Athletic (13,99 persen)
Manchester City 3-1 Wigan Athletic (10,54 persen)

Prediksi Antaranews.com

Manchester City 3
Wigan Athletic 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya