SOLOPOS.COM - Portugal berhak lolos dari fase grup lantaran menjadi peringkat tiga terbaik. (JIBI/Reuters/Max Rossi)

Prediksi Kroasia vs Portugal tersaji di babak 16 besar.

Solopos.com, LENS — Tim kuda hitam Kroasia ingin meneruskan kejutan selama di Euro 2016. Tim berjuluk Vatreni dengan pecaya diri bakal menyingkirkan Portugal pada babak 16 besar di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Minggu (26/6/2016) pukul 02.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Secara histori pertemuan kedua tim, Kroasia memang belum pernah mampu membungkam Portugal. Tiga pertemuan diakhiri dengan kekalahan tim asal Balkan tersebut, termasuk ketika menyerah 0-3 di Euro 1996. Namun ada banyak alasan kenapa kali ini Vatreni pantas percaya diri ketika bertemu Portugal di Stade Bollaert-Delelis dini hari nanti.

Ivan Rakitic dkk. memiliki modal tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir mereka, tren terpanjang dibandingan tim-tim lain di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Salah satunya ketika secara mengejutkan Kroasia membungkam juara bertahan Euro, Spanyol, dengan skor 2-1 pada pertandingan penutup Grup D di Bordeaux, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB.

“Kami respek Portugal namun kami yakin dengan kualitas, kolektivitas, dan karakter yang kami tunjukkan sejauh ini. Kami tak sabar dengan tantangan baru ini,” jelas Pelatih Kroasia, Ante Cacic, seperti dilansir Sports.yahoo.com, Jumat (24/6/2016).

Hasil di fase grup memang membuktikan Kroasia lebih layak diunggulkan dibandingkan Portugal. Kroasia memuncaki klasemen Grup D dengan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan sekali seri, unggul satu poin di atas juara dua kali beruntun Euro, Spanyol.  Sebaliknya, Portugal lolos ke babak 16 besar hanya bermodalkan tiga poin dari tiga kali seri di Grup F. Padahal, grup yang dihuni Portugal relatif enteng, bersama Austria dan dua tim debutan Islandia dan Hungaria.

Kroasia semakin percaya diri karena mereka akan kembali diperkuat  gelandang berpengaruh Luka Modric yang kembali fit setelah menderita cedera pangkal paha. Playmaker Real Madrid tersebut sebelumnya terpaksa absen melawan Spanyol. Vatreni juga bisa mengandalkan kembali bek Domagoj Vida yang kembali dari sanksi akumulasi kartu.

Sejumlah bursa taruhan dan pundit sepak bola pun beramai-ramai mulai menjagokan Kroasia.  Dalam predeksinya di Daily Mail, mantan pemain Liga Premier, Martin Keown, memperkirakan Kroasia bakal menyingkirkan Portugal dengan skor ketat 2-1. Namun Kroasia tidak boleh lupa membendung ketajaman Ronaldo yang kembali pulih setelah memborong dua gol ke gawang Hungaria saat hasil imbang 3-3, sekaligus memastikan Portugal lolos ke babak 16 besar.

“Akan menarik melihat line-up yang dipasang Fernando Santos [pelatih Portugal] pada laga ini. Saat melawan Hungaria, dia memainkan Cristiano Ronaldo di sisi kiri dan tim ini terlihat lebih baik. Dia juga memutuskan untuk memainkan Danilo dan William Carvalho, gelandang bertahan yang bisa diprospek menahan Luka Modric dan Ivan Rakitic. Portugal bermain dengan tempo cepat, namun Kroasia juga punya pemain yang bisa membahayakan di sayap seperti Ivan Pericis dan Marko Pjaca, yang bisa memaksa mereka bermain lebih ke belakang,” jelas Keown, seperti dilansir dailymail.co.uk.

Portugal bisa memainkan kembali Raphael Guerreiro. Bek berusia 22 tahun itu kembali berlatih setelah mengalami masalah pada pahanya. “Kami harus seimbang antara menyerang dan bertahan karena ketika kami menyerang, kami meninggalkan banyak gap di belakang,” ujar Santos, seperti dilansir reuters.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya