SOLOPOS.COM - Spanyol vs Italia (JIBI/SOLOPOS/dtc/getty images)

Prediksi Italia vs Spanyol tersaji di babak 16 besar.

Solopos.com, SAINT-DENIS — Italia sudah sangat lama menderita ketika bertemu Spanyol. Tak tanggung-tanggung, penderitaan itu dialami tim berjuluk Azzurri selama 22 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, dalam dua dekade lebih Italia tak pernah mampu mengalahkan Spanyol di laga kompetitif atau tepatnya sejak mereka menang 2-1 pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat lewat sumbangsih gol Roberto Baggio dan Dino Baggio. Sejak itu, Azzurri selalu dibuat patah hati oleh Negeri Matador.

Pertemuan paling hangat dan seru tentu final Euro 2012. Italia menderita 0-4 dari Spanyol pada babak pamungkas Piala Eropa empat tahun silam. Setahun berikutnya, Italia sebenarnya memiliki kesempatan revans pada Piala Konfederasi. Namun mereka lagi-lagi takluk dari Spanyol, dan kali ini lewat adu penalti.

Nah, tantangan terberat Italia yakni mematahkan kutukan Spanyol ketika mereka kembali dipertemukan di babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade de France, Saint-Denis, Senin (27/6) pukul 23.00 WIB. Italia  tentu tidak mau jatuh di lubang yang sama selama 22 tahun. Setidaknya, pasukan Antonio Conte telah memiliki modal dengan meraih dua kemenangan dalam tiga laga di fase grup.

Italia memang melakoni laga terakhir di Grup E dengan kekalahan 0-1 dari Republik Irlandia. Namun ketika itu Pelatih Italia, Antonio Conte, menyimpan hingga delapan pemain intinya karena sebelum pertandingan Azzurri sudah memastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Sementara Spanyol hanya finis di peringkat kedua klasemen Grup D, di bawah Kroasia.

“Ini [pertemuan Italia melawan Spanyol] terjadi terlalu dini di kompetisi ini. Spanyol seharusnya menjadi juara grup, kemudian ini seharusnya menjadi final hebat. Itu akan menjadi cara sempurna untuk revans di babak final, namun Anda sudah bisa melakukannya di babak 16 besar,” jelas mantan bintang Azzurri, Andrea Pirlo kepada La Gazzetta dello Sport, seperti dilansir Football Italia, Minggu (26/6/2016).

Pirlo yang menjadi tulang punggung Azzurri pada Piala Eropa 2012 memprediksi Spanyol khawatir dengan pertemuan mereka dengan Italia kali ini. “Saya pikir Spanyol lebih khawatir tentang pertemuan ini dibandingkan kami, bermain melawan Italia tidak pernah mudah, khususnya tim sekarang ini. Spanyol masih favorit, karena mereka bermain sepak bola terbaik, namun Anda bisa menyakiti mereka sekarang. Di Euro 2012, itu [mengalahkan Spanyol] hampir mustahil,” jelas Pirlo.

Italia memang lebih banyak mengalami perubahan dibandingkan skuat Spanyol dalam pertemuan empat tahun silam. La Furia Roja, julukan Spanyol, masih banyak diperkuat wajah-wajah lama. Sedangkan Azzurri hanya menyisakan segelintir pemain lama alam skuat inti, seperti Gianluigi Buffon dan Daniele De Rossi.

“Italia akan menekan kami sejak menit awal. Mereka akan memaksa lawan untuk tampil maksimal meladeni mereka.  Kami harus kembali memainkan sepak bola terbaik kami, karena itu diperlukan dalam pertandingan seperti ini, mereka tidak akan berhenti berlari dan mengejar bola. Mereka sangat kuat di pertahanan,” jelas gelandang Spanyol, Cesc Fabregas, seperti dilansir Marca.com.

Italia akan kembali memainkan kiper dan kapten Gianluigi Buffon yang absen karena sakit saat timnya dikalahkan Irlandia. Namun kabar buruknya, Azzurri kemungkinan tidak akan diperkuat gelandang berpengaruh Antonio Candreva karena cedera pangkal paha.

Sebaliknya, Spanyol akan turun dalam kekuatan penuh.  Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, kemungkinan besar tetap akan mempertahankan kiper David de Gea meski tidak buruk saat La Furia Roja menderita kekalahan 1-2 dari Kroasia di laga penutup Grup D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya