SOLOPOS.COM - Timnas Prancis. (JIBI/REUTERS/Grigory Dukor)

Solopos.com, REYKJAVIK — Persaingan di Grup H barangkali menjadi salah satu persaingan yang paling panas dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020. Sejauh ini Timnas Prancis harus puas di peringkat kedua di bawah Turki yang seakan kembali menemukan kualitasnya.

Posisi Prancis bahkan bisa terjepit andai takluk di markas Islandia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB. Jika menang, tuan rumah bakal menyamai poin yang dimiliki Prancis yakni 15.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Islandia bukannya tanpa modal untuk memberi terapi kejut bagi Si Ayam Jantan di markas mereka. Strakarnir Okkar, julukan Islandia, amat kuat ketika tampil di hadapan publik sendiri dalam kualifikasi Piala Eropa. Tercatat mereka tak terkalahkan dalam sembilan laga kandang terakhir babak kualifikasi, tujuh di antaranya berbuah kemenangan.

Suhu di Islandia yang amat dingin, mencapai 6-7 derajat Celcius, memang menjadi “neraka” tersendiri bagi tim tamu. Belanda, Republik Ceko dan Turki menjadi sederet tim kuat yang pulang dengan tangan hampa dari Reykjavik.

Statistik ini tentu perlu diperhatikan seksama Didier Deschamps. Apalagi Prancis bakal bertandang tanpa dua pilar mereka yakni Kylian Mbappe dan Hugo Lloris yang cedera. Pada Rabu (9/10/2019) WIB, ofisial Prancis mengumumkan Mbappe urung tampil lantaran masih dalam pemulihan cedera paha. Posisinya digantikan winger Borussia Monchengladbach, Alassane Plea.

Sementara itu Lloris diperkirakan bakal absen hingga awal 2020 karena mengalami cedera siku ketika memperkuat Tottenham Hotspur. Hal ini tentu menjadi kabar buruk lantaran Prancis masih berjuang sengit untuk lolos dari kualifikasi Piala Eropa. Sebelumnya, Kingsley Coman dan Anthony Martial juga absen karena cedera.

Deschamps pun mewanti-wanti akan asuhnya agar mewaspadai Islandia. “Saya tidak meragukan kualitas Islandia sejak Oktober lalu. Besok, saya tidak bisa berharap banyak. Karakter tim kuat ada dalam DNA mereka,” ujar Deschamps dilansir ESPN.

Prancis sendiri sejatinya punya rekor bagus atas Islandia dengan tak terkalahkan sejak pertemuan tahun 1959. Tim Ayam Jantan juga mencatat empat kemenangan dalam lima pertemuan terakhir.

Pelatih Islandia, Erik Hamren, mengandalkan sejumlah pemainnya seperti Emil Hallfredsson dan Birkir Bjarnason untuk menekan Les Bleus. Sejauh ini Bjarnason sudah mengemas dua gol. “Kualitas mereka akan membantu tim saat melawan Prancis,” ujar Hamren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya