SOLOPOS.COM - Striker Timnas Inggris, Danny Welbeck. (dok. JIBI/Reuters)

Solopos.com, LONDON — Inggris sering mengklaim memiliki liga terbaik di dunia. Namun pernyataan itu akan menjadi sangat ironis apabila mereka gagal melangkah ke Piala Dunia di Brazil tahun depan.

Ya, skuat berjuluk The Three Lions bakal menentukan nasib mereka dalam dua laga tersisa di kualifikasi Grup H, Zona Eropa, melawan Montenegro dan Polandia dalam waktu sepekan ke depan. Tim binaan Roy Hodgson bisa gagal mewujudkan ambisi mereka lolos otomatis ke Brazil apabila tergelincir di duel krusial tersebut.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Inggris bisa kalah dari rival terdekat mereka di Grup H, Ukraina, dalam perebutan tiket otomatis ke Brazil. Meski menduduki puncak klasemen grup, The Three Lions hanya unggul tipis dari Ukraina dan Montenegro yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga dengan nilai sama 15 poin.

Beban berat berada di pundak Hodgson dan anak didiknya. Memori kegagalan menembus putaran final Piala Dunia, yang kali terakhir menerpa Inggris di era Graham Taylor pada 20 tahun silam, kini kembali terbayang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hidupku saat ini tergantung pada dua laga itu. Skenario kiamat [gagal lolos ke putaran final] pernah terjadi sebelum saya, saya tidak perlu mengalami itu karena saya percaya dan yakin, tim ini akan bisa melakukannya [lolos],” jelas Hodgson yang menggantikan Fabio Capello setelah mengundurkan diri sebelum Euro 2012 itu, dilansir Reuters, Kamis (10/10/2013).

Jabatan Hodgson akan menjadi taruhannya apabila dia gagal membawa Frank Lampard dkk ke Brazil tahun depan. Namun pihak Asisoasi Sepak Bola Inggris (FA) tidak mau memperunyam masalah dan membuat Hodgson serta para pemain tetap fokus di lapangan.

“Saya tidak ingin terlibat sebuah diskusi tentang mendukung atau tidak mendukung Roy Hodgson untuk saat ini, karena kami punya dua laga yang super penting,” terang Chairman FA, Greg Dyke, dilansir Sky Sports.

Misi pertama Steven Gerrard dkk yakni mengamankan tiga angka saat menjamu Montenegro di Stadion Wembley, London, Sabtu (12/10/2013) pukul 02.00 WIB (disiarkan langsung SCTV). Hodgson menyiapkan bek kiri Everton, Leighton Baines, untuk menambal lubang yang ditinggalkan Ashley Cole karena cedera. Baines, yang bakal mengamankan cap ke-20 bersama Timnas Inggris, akan melengkapi pertahanan Inggris bersama Phil Jagielka, Gary Cahill dan Kyle Walker.

Trio Gerrard, Lampard dan Jack Wilshere siap mengawal lini tengah. Sedangkan di barisan depan, The Three Lions akan mengandalkan bomber Liverpool, Daniel Sturridge dan  dua penyerang Manchester United, Rooney dan Danny Welbeck. Sementara Joe Hart, tampak dipercaya untuk tetap menjaga palang pintu Inggris, meski belakangan  kiper ManchesterCity sering melakukan blunder.

Di pertemuan sebelumnya, Inggris hanya bisa bermain imbang 1-1 ketika melawat ke Montenegro, Maret lalu. Tapi kali ini kekuatan Montenegro sedang pincang menyusul cederanya beberapa pemain inti, seperti striker Mirko Vucinic. Kiper Mladen Bozovic, bek tengah Marko Basa dan Miodrag Pekovic, juga diperkirakan absen karena masalah serupa. Sedangkan defender Miodrag Dzudovic, yang pernah membuat Rooney diganjar kartu merah ketika kualifikasi Euro 2012, diragukan tampil karena cedera punggung.

“Saya pikir, mereka lebih banyak tekanannya ketimbang kami karena mereka berharap untuk menang. Faktanya kami pernah bermain imbang tiga kali dengan Inggris, itu memberi kepercayaan diri bagi kami,” terang penyerang Montenegro, Stevan Jovetic, dilansir sbnation.com.

 

Prakiraan Line Up

Inggris (4-3-3) Pelatih : Roy Hodgson

Hart ; Baines, Jagielka, Cahil, Walker; Gerrard, Wilshere, Lampard; Sturridge, Rooney, Welbeck

Cadangan : Fraser Forster, John Ruddy, Gibbs, Jones, Smalling, Barkley, Carrick, Cleverley, Milner, Townsend, Defoe, Lambert

 

Montenegro (4-4-2) Pelatih : Branko Brnovic

Poleksic; Bozovic, Pavicevic, Basa, Savic; Boskovic, Krkotic, Drincic, Zverotic; Jovetic, Damjanovic

Cadangan : Miodrag Dzudovic, Ivan Kecojevic, Simic, Volkov, Jovanovic, Vukcevic, Krkotic, Novakovic, Pekovic, Damjanovic, Beciraj, Kasalica, Andrija Delibasic

 

Rekor Pertemuan

27/03/2013      Kualifikasi Piala Dunia Montenegro      1 – 1    Inggris

08/10/2011      Kualifikasi Euro            Montenegro      2 – 2    Inggris



13/10/2010      Kualifikasi Euro            Inggris  0-0       Montenegro

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya