SOLOPOS.COM - Para pemain Inggris saat melakoni latihan di pusat pelatihan St George Park, Senin (27/5/2013) waktu setempat. Inggris akan menghadapi Irlandia pada laga persahabatan di Stadion Wembley, Kamis (30/5/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Inggris saat melakoni latihan di pusat pelatihan St George Park, Senin (27/5/2013) waktu setempat. Inggris akan menghadapi Irlandia pada laga persahabatan di Stadion Wembley, Kamis (30/5/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Meski bertajuk laga persahabatan, duel Inggris kontra Irlandia di Stadion Wembley, London (30/5/2013) dini hari WIB, diprediksi bakal berlangsung penuh ketegangan. Saking berpotensi rusuh, asosiasi sepak bola Inggris (FA), bahkan menghimbau kepada seluruh pendukung dari masing-masing tim untuk tidak menyanyikan sejumlah lagu bernuansa ofensif selama pertandingan berlangsung.

Inggris tak pernah lagi menjamu Irlandia di Wembley sejak laga kualifikasi Piala Eropa pada Maret 1991. Torehan sejarah kekerasan antar dua negara ikut terbawa-bawa di ajang sepak bola. Tidak jarang terdengar nyanyian bernada ofensif, antara lain  bertajuk, “tidak menyerah”, dukungan bagi IRA.

Dengan dukungan dari 10.000 warga Irlandia yang siap menyerbu Wembley, FA kemudian mengirim email kepada seluruh suporter Inggris agar senantiasa menjaga perdamaian. Tanggapan atas segala nyanyian yang bersifat ofensif justru mengundang reaksi balik.

Manajer timnas Inggris, Roy Hodgson dalam email yang dikirimkan kepada fans menulis, “Saya mengimbau kepada seluruh suporter untuk menghormati tamu kita dan menyambut mereka dengan cara yang santun.”

“Wembley dikenal dunia  sebagai rumah dari sejarah sepak bola, dan kami meminta mereka untuk tidak ikut serta bernyanyi, khususnya lagu-lagu bernuansa keagamaan dan politik, yang pada akhirnya menyulut reaksi ofensif dari tamu atau fans tetangga.”

Dalam laga ini , Inggris jelas lebih diunggulkan. Bahkan menurut Goal.com, dilansir dari Antara, mayoritas pembacanya menjagokan Inggris menang. Sebanyak 14,45% pembaca Goal.com menjagokan Tiga Singa, julukan Inggris, menang dengan skor 3-1. Sementara, 11% lainnya, mengunggulkan Inggris menang 2-0 dan 10,68% di antaranya menjagokan skuat besutan Roy Hodgson ini unggul 3-0.

Menghadapi Irlandia, Inggris, tidak akan diperkuat oleh sejumlah pemain andalan lantaran dibelit cedera. Steven Gerrad mengalami cedera bahu, Andy Carroll (cedera tumit), Jack Wilshere (cedera engkel) dan Tom Cleverley (cedera betis).

Di sisi lain, Los Angeles Galaxy telah mengijinkan striker Robbie Keane bergabung bersama skuad Irlandia.

“Laga ini penting bagi saya untuk melihat kemampuan para pemain sebagai persiapan kami menghadapi empat laga kualifikasi mendatang,” kata Hodgson sebagaimana dikutip dari situs BBC.

“Pertandingan ini menjadi bagian dari perayaan 150 tahun FA dan merupakan laga persahabatan, meskipun tidak juga ada catatan penting bagi saya,” katanya.

Manajer Irlandia, Giovanni Trapattoni tetap memanggil Keane, striker berusia 32 tahun yang telah membela timnas irlandia dalam 123 laga. Keane tidak akan ditemani oleh striker Kevin Doyle yang sedang dibekap cedera achilles, Anthony Pilkington (cedera lutut) dan gelandang Paul Green (cedera hamstring).

Pelatih asal Italia itu kemudian memotivasi para pemainnya untuk memberi perlawanan kepada Inggris yang disesaki sejumlah pemain bintang. “Kami akan menunjukkan kepada mereka bahwa kami tim yang padu, ini sangat penting,” kata Trapattoni. “Semua itu menjadi pemicu bagi saya, bahwa mereka bakal tampil begitu bersemangat.”

“Inggris memang tanpa Steven Gerrard, Andy Caroll yang juga absen, tetapi mereka tampil sebagai tim yang kuat. Mereka punya pemain lain, seperti Jermain Defoe, Wayne Rooney, Daniel Sturridge, Danny Welbeck. Hodgson cukup punya pemain ofensif. Saya percaya diri karena tim ini telah memberi saya kepercayaan penuh,” katanya.

Hodgson, mengatakan ban kapten akan dikenakan oleh pemain Manchester United (MU) Wayne Rooney atau pemain Chelsea Frank Lampard, mengingat Garrard absen.

Perkiraan Susunan Pemain

Inggris (4-4-2):

Hart (Gk); Johnson, Cahill, Jagielka, Cole; Walcott, Carrick, Lampard, Milner; Rooney, Sturridge

Republik Irlandia (4-4-2):

Forde (Gk); Coleman, O’Shea, St Ledger, Kelly; Walters, McCarthy, Whelan, McGeady; Keane, Long

Data dan Fakta

* The Three Lions tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di Wembley, mencakup kemenangan atas Belgia, Italia dan Brazil.

* Ada tujuh pemain kelahiran Inggris dalam skuad asuhan Trapattoni 

Prediksi hasil pertandingan (Goal.com)

* Inggris 3-1 Republik Irlandia (14,45 persen)

* Inggris 2-0 Republik Irlandia (11 persen)

* Inggris 3-0 Republik Irlandia (10,68 persen)

Lima pertandingan terakhir

Inggris



26 Mar 2013    Montenegro 1 – Inggris 1

22 Mar 2013    San Marino 0 – Inggris 8

6 Feb 2013    England 2 – Brazil 1   

14 Nov 2012    Swedia 4 – Inggris 2   

17 Oct 2012    Polandia 1 – Inggris 1

Republik Irlandia

26 Mar 2013    Republik Irlandia 2 – Austria 2

22 Mar 2013    Swedia 0 – Republik Irlandia 0   

6 Feb 2013    Republik Irlandia 2 – Polandia 0



14 Nov 2012    Republik Irlandia 0 – Yunani 1

16 Oct 2012    Faroe Islands 1 – Republik Irlandia 4

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/30052013/





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya