SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

AMSTERDAM – Adu komentar sudah lazim menjelang pertandingan bola, apalagi untuk turnamen bergengsi seperti final Liga Europa besok Rabu, yang kali ini akan mempertemukan tim Portugal Benfica melawan wakil Inggris, Chelsea. Terkait duel ini, mantan pelatih tim nasional Inggris yang juga pernah membesut Benfica, Sven-Goran Eriksson menilai Benfica masih lebih berbakat dan unggul dari segi teknik dibandingkan Chelsea.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jelas, Chelsea lebih banyak difavoritkan karena punya tim yang seimbang dan pemain mahal, namun menurut saya dari segi teknis pemain Benfica lebih bagus,” ujar pelatih asal Swedia ini kepada koran aBola. “Teknik Benfica sangat tajam. Mereka bagus dalam mengontrol bola dan memainkan sepakbola yang bagus,” imbuhnya.

Yang menjadi andalan klub juara Eropa 1961 dan 1962 itu adalah gelandang Eduardo Salvio, Nicolas Gaitan, Pablo Aimar, Ola John dan Nemanja Matic, yang diharapkan bisa memasok bola matang ke penembak jitu mereka, Oscar Cardozo dan pasangan penyerangnya, and Lima dan Rodrigo. Cardozo, Lima dan Rodrigo secara total menyumbangkan 71 dari 118 yang dibukukan klub itu musim ini.

Pelatih Jorge Jesus, yang merasakan kekalahan dari rival senegara, Braga dalam semifinal Liga Europa tahun 2011 silam, juga tak mau larut dalam trauma kekalahan saat menghadapi Chelsea yang merupakan juara Liga Champions tahun lalu. “Takkan banyak final seperti ini yang saya atau para pemain alami sepanjang karier,” katanya. “Motivasi jelas bukan masalah dan memenangi Liga Europa akan memberikan kami reputasi internasional,” katanya.

Di kubu Chelsea, kapten John Terry kemungkinan bakal kembali merasakan kekecewaan karena dua kali berturut-turut tak bisa main di partai final. Tahun lalu dia absen dari pesta kemenangan Chelsea lewat adu tendangan penalti melawan Bayern Munich di final Liga Champions gara-gara skorsing. Untuk pertandingan final nanti pun dia juga diragukan bisa tampil setelah dirinya harus ditandu keluar gara-gara engkelnya cedera dalam pertandingan melawan Aston Villa Sabtu lalu.

Pemain sayap asal Belgia, Eden Hazard pun kemungkinan tak bisa turun lantaran cedera hamstring akhir pekan lalu.

Sementara itu playmaker Chelsea, Juan Mata, menegaskan bahwa timnya harus bisa mengakhiri musim ini dengan kesuksesan melalui kemenangan di Liga Europa dan lantas menguatkan posisi di peringkat ketiga klasemen Liga Premier melalui kemenangan di kandang atas Everton hari Minggu mendatang. “Musim ini akan berakhir dan saat yang terbaik belum tiba,” katanya. “Kami mungkin memenangi gelar juara tingkat Eropa dan secara resmi meraih tiket ke Liga Champions mendatang,” katanya.

“Inilah kali kedua dalam dua musim saya di Chelsea terjun ke perebutan trofi tingkat Eropa. Sungguh istimewa kalau bisa memenangi dua trofi Eropa secara berturutan,” tegasnya.

Kemungkinan susunan tim:

Benfica:
1-Artur; 34-Andre Almeida, 4-Luisao, 24-Ezequiel Garay, 25-Melgarejo; 22-Nicolas Gaitan, 18-Eduardo Salvio, 21-Nemanja Matic, 35-Enzo Perez; 7-Oscar Cardozo, 11-Lima.

Chelsea:
1-Petr Cech, 28-Cesar Azpilicueta, 4-David Luiz, 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole; 7-Ramires, 8-Frank Lampard, 13-Victor Moses, 10-Juan Mata, 11-Oscar, 9-Fernando Torres.

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda), Asisten Wasit: Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra (Belanda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya