SOLOPOS.COM - Ilustrasi Everton versus Liverpool. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LIVERPOOL—Sebagian pemain Everton dan Liverpool belum sempat melemaskan otot-otot mereka setelah jeda internasional. Namun, pertarungan panas Derby Merseyside edisi ke-221 telah menunggu mereka di Goodison Park, Liverpool, Sabtu (23/11) malam WIB.

Rasanya tak ada satu pun pemain dari kedua kubu yang sudi melewatkan salah satu derby tersohor di daratan Inggris tersebut. Bintang Liverpool, Luis Suarez, misalnya rela langsung balik ke Inggris setelah membela Uruguay di playoff Piala Dunia melawan Yordania di Montevideo, Kamis (21/11) WIB. Striker berjuluk El Pistolero (Si Pistol) itu dikabarkan akan diangkut menggunakan jet pribadi milik owner Liverpool, John Henry, Jumat (22/11), atau kurang dari 24 jam sebelum Derby Merseyside dimulai di kandang Everton.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

“Harus berpergian [antarbenua] tidak ideal, namun kita bisa lihat bagaimana Suarez sebelumnya. Sungguh beruntung, kami punya pemain yang tangguh dan kami memastikan mereka bisa kembali secepatnya,” terang pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, dilansir Daily Mail, Jumat (22/11) WIB.

Kontribusi Suarez di lini depan The Reds, julukan Liverpool, sangat besar. Sejauh ini, bomber kontroversial itu telah menyumbang delapan dari total 21 gol Liverpool di Liga Premier musim ini. Koleksinya itu menempatkannya sebagai top scorer sementara bersama penyerang Manchester City, Sergio Aguero dan rekan setimnya, Daniel Sturridge.

Duet Suarez dan Sturridge yang populer dengan label SAS akan memberi momok tersendiri bagi taun rumah. Namun, pelatih Everton, Roberto Martinez, menyatakan timnya tidak hanya akan fokus pada SAS di Derby Merseyside nanti. Salah satu pemain The Reds, Jordan Henderson, yang berdiri di belakang duet maut itu, ikut menjadi pantauan The Toffees, julukan Everton.

“Henderson bermain dengan sepak bola terbaik dalam kariernya di Liverpool. Dia bias dipakai untuk penerapan taktik fleksibel. Sebuah kesalahan besar apabila kami hanya konsentrasi kepada dua striker [SAS],” urai Martinez.

Hanya, kondisi Sturridge kemungkinan belum pulih 100 persen setelah membela Timnas Inggris di laga internasional. Hal serupa juga dialami kapten Steven Gerrard. Namun kepada Sky Sports, Rodgers, sangat yakin sang kapten tetap bisa menampilkan bentuk terbaiknya di Derby Merseyside.

Sementara dengan mengandalkan Romelu Lukaku di lini depan dan Gareth Barry di barisan gelandang, bukan hal mustahil bagi Everton mampu mengakhiri dominasi The Reds di Derby Merseyside. Sepanjang sejarah derby di kota kelahiran grup band tersohor The Beatles ini, Liverpool menang 88 kali sedangkan Everton baru mencetak 66 kemenangan.

Jangan lupakan rekor tak terkalahkan Everton dalam 14 laga kandang terakhir mereka. Gawang The Toffees yang dijaga Tim Howard, bahkan selalu perawan dalam tiga laga terakhir di Goodison Park.

Tak salah apabila pasukan Martinez kembali berharap tuah Goodison Park pada duel nanti. Gap yang tak terlalu jauh antara Liverpool dan Everton di tabel klasemen pun sepertinya akan ikut menggaransi betapa panasnya Derby Merseyside kali ini.

Prakiraan Susunan Pemain
Everton (4-2-3-1) Pelatih Roberto Martinez
Howard; Coleman, Jagielka, Distin, Baines; McCarthy, Barry; Mirallas, Osman, Pienaar; Lukaku
Cadangan: Deulofeu, Barkley, Osman, Robles, Heitinga, Jelavic, Naismith, Stones

Liverpool (4-4-2) Pelatih Brendan Rodgers
Mignolet; Johnson, Skrtel, Agger, Cissokho; Lucas, Gerrard, Henderson, Coutinho; Suarez, Sturridge
Cadangan: Allen, Moses, Jones, Luis Alberto, Sakho, Sterling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya