Tutup Iklan

Prediksi Debat Pilpres: Jokowi Pertanyakan Kasus HAM, Prabowo Ungkit BLBI

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie memprediksi debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam, akan cukup berat karena kedua pasangan calon akan menggunakan isu masa lalu dan saat ini.

Prediksi Debat Pilpres: Jokowi Pertanyakan Kasus HAM, Prabowo Ungkit BLBI

SOLOPOS.COM - Jokowi dan Prabowo menunjukkan nomor urut dalam pengambilan nomor urut capres-cawapres di Gedung KPU, Jumat (21/9/2018) malam. (Reuters - Darren Whiteside)

Solopos.com, JAKARTA -- Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie memprediksi debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam, akan cukup berat karena kedua pasangan calon akan menggunakan isu masa lalu dan saat ini.

"Kedua capres bakal menggunakan isu past [masa lalu], present [saat ini], untuk menyerang lawan," kata Jerry melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis, dilansir Antara.

Ia memprediksi kubu petahana akan mempertanyakan pemecatan Prabowo Subianto serta dugaan keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis pascareformasi 1998. "Selain itu ada tiga isu besar HAM, yakni pelanggaran HAM berat masa lalu serta pertanahan dan sumber daya alam," kata Jerry.

Sementara itu dari kubu Prabowo diprediksi Jerry akan mempertanyakan kelanjutan proses hukum kasus-kasus korupsi termasuk mega korupsi Bank Century yang merugikan negara sebanyak Rp7,8 triliun, serta terakhir kasus Meikarta.

"Saya yakin ada para mafia raksasa yang ikut terlibat dalam skandal ini," ujar Jerry mengacu pada kasus-kasus korupsi tersebut. Namun sebagai catatan, kasus Century terjadi di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)--yang  kini berada di koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga.

Selain itu, Jerry memprediksi kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), suap reklamasi di Jakarta Utara, dan pembelian lahan RS Sumber Waras Rp191 miliar di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), juga diprediksi akan kembali diangkat. Meski dalam kasus Sumber Waras, KPK menyatakan belum memiliki cukup bukti unsur korupsi.

Kasus-kasus tersebut dikatakan Jerry akan dipolitisasi dan dipolarisasi oleh lawan politik. Karena itu petahana harus berhati-hati ketika memberikan sudut pandangnya.

Kendati demikian Jerry mencatat di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, KPK sudah menyelamatkan Rp1,5 triliun uang negara, 8.290 orang sudah dijadikan tersangka pungli, dan 5.070 OTT KPK dilakukan dengan total uang yang diamankan mencapai Rp320 miliar.

"Jadi Jokowi bisa dibilang sukses dalam penanganan korupsi, ini bisa dibilang pencapaian yang baik," pungkas Jerry.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.