SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie memprediksi debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam, akan cukup berat karena kedua pasangan calon akan menggunakan isu masa lalu dan saat ini.

“Kedua capres bakal menggunakan isu past [masa lalu], present [saat ini], untuk menyerang lawan,” kata Jerry melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis, dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia memprediksi kubu petahana akan mempertanyakan pemecatan Prabowo Subianto serta dugaan keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis pascareformasi 1998. “Selain itu ada tiga isu besar HAM, yakni pelanggaran HAM berat masa lalu serta pertanahan dan sumber daya alam,” kata Jerry.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu dari kubu Prabowo diprediksi Jerry akan mempertanyakan kelanjutan proses hukum kasus-kasus korupsi termasuk mega korupsi Bank Century yang merugikan negara sebanyak Rp7,8 triliun, serta terakhir kasus Meikarta.

“Saya yakin ada para mafia raksasa yang ikut terlibat dalam skandal ini,” ujar Jerry mengacu pada kasus-kasus korupsi tersebut. Namun sebagai catatan, kasus Century terjadi di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)–yang  kini berada di koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga.

Selain itu, Jerry memprediksi kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), suap reklamasi di Jakarta Utara, dan pembelian lahan RS Sumber Waras Rp191 miliar di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), juga diprediksi akan kembali diangkat. Meski dalam kasus Sumber Waras, KPK menyatakan belum memiliki cukup bukti unsur korupsi.

Kasus-kasus tersebut dikatakan Jerry akan dipolitisasi dan dipolarisasi oleh lawan politik. Karena itu petahana harus berhati-hati ketika memberikan sudut pandangnya.

Kendati demikian Jerry mencatat di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, KPK sudah menyelamatkan Rp1,5 triliun uang negara, 8.290 orang sudah dijadikan tersangka pungli, dan 5.070 OTT KPK dilakukan dengan total uang yang diamankan mencapai Rp320 miliar.

“Jadi Jokowi bisa dibilang sukses dalam penanganan korupsi, ini bisa dibilang pencapaian yang baik,” pungkas Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya