SOLOPOS.COM - Dortmund akan berhadapan dengan Leverkusen di duel pembuka Bundesliga. Ist/sportinglife.com

Solopos.com, DORTMUND— Borussia Dortmund bakal dihadapkan pada tantangan sulit dalam duel pembuka Bundesliga musim ini yang resmi bergulir, Sabtu (23/8/2014) dini hari WIB.

Dortmund bakal meladeni tim kuat Jerman lainnya, Bayer Leverkusen, Sabtu malam WIB, atau kurang dari 24 jam setelah pertandingan perdana liga domestik yang dimainkan Bayern Munich melawan Wolfsburg di Allianz Arena.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun justru karena ujian berat di depan mata itulah yang membuat Die Borussen, julukan Dortmund, semakin berambisi meraih hasil maksimal dalam pertandingan pertama di kandangnya sendiri. Terlebih pertemuan kontra Leverkusen bakal menjadik momen istimewa yang akan meneguhkan status Jurgen Klopp sebagai manajer terawet yang bermukim di Signal Iduna Park sejauh ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Klopp mulai bekerja untuk Die Borussen, Juli 2008 silam, dan laga pembuka Bundesliga, akhir pekan ini, akan membuatnya mengungguli Ottmar Hitzfeld dalam hal durasi pengabdian kepada klub. Demi menandai torehan bersejarah itu pula, manajer 47 tahun tersebut sangat berambisi melihat “pengorbanan” Leverkusen di hadapan Dortmund.

“Pada musim lalu Leverkusen adalah salah satu tim yang berkualitas di Jerman. Mereka bahkan semakin baik selama jeda musim dan hal itu tikak membuatku terkejut. Leverkusen selama ini menjadi lawan yang selalu menyulitkan, demikian halnya kami untuk mereka,” ujar Klopp dilansir Soccerway, Jumat (22/8).

“Dalam pertandingan seperti ini, persoalannya bukan pada siapa yang lebih baik dalam hal mempersiapkan diri. Namun justru siapa yang paling banyak menciptakan masalah untuk tim lawan dan itulah yang kami tuntut dari disi sendiri selama ini,” lanjutnya.

Percaya Diri
Dortmund memang menyambut duel kontra Leverkusen dengan kepercayaan diri tinggi. Hal itu bukan hal aneh setelah pencapaian bagus mereka di awal musim 2014/2015. Die Borussen menggasak Bayern Munich dua gol tanpa balas dalam laga Piala Super Jerman dan menang telak 4-1 atas Stuttgarter Kickers 4-1 di laga putaran pertama DFB Pokal, Sabtu (16/8).

Meski begitu, kekuatan Leverkusen juga tak bisa diremehkan. Skuat Roger Schmidt menggilas Alemannia Waldalgesheim 6-0 di ajang DFB Pokal dan menjungkalkan Kopenhagen 3-2 dalam duel playoff Liga Champions leg pertama, tengah pekan lalu.

Di sisi lain, Schmidt menegaskan Leverkusen bakal tampil habis-habisan dalam pertandingan tandang ke Signal Iduna Park. “Tim ini ingin berada di puncak performanya dan kami harus melawan salah satu tim paling atraktif di Jerman dalam sebuah pertandingan tandang,” kata Schmidt.

Dortmund justru tidak akan diperkuat sejumlah pilarnya ketika menjamu tim Skuat Pabrik, sebutan Leverkusen. Klopp tak bisa memainkan sang kapten, Mats Hummels, yang belum dalam kondisi bugar 100%. Die Borussen pun kehilangan Oliver Kirch yang mengalami masalah paha dan Ji Dong-won yang mendapatkan cedera hamstring.

“Mats [Hummels] membutuhkan sedikit latihan dan akan mendapatkannya mengingat pemain yang tersedia di posisinya adalah yang paling sedikit,” kata Klopp. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya