SOLOPOS.COM - Pemain Arsenal Olivier Giroud (kiri) dan Mesut Ozil membawa The Gunners ke puncak klasemen liga Champions League setelah mengalahkan Napoli di Emirates stadium, London dini hari tadi. (JIBI/Reuters/Dylan Martinez)

Solopos.com, DORTMUND — Arsenal hanya perlu menunggu sekitar 15 hari untuk mendapatkan kesempatan membalaskan dendam mereka kepada Borussia Dortmund.

Pasukan Arsene Wenger akan terbang ke Jerman untuk melakoni matchday keempat Grup F Liga Champions 2013/2014 di markas Dortmund, SignalIdunaPark, Kamis (7/11/2013) dini hari WIB. The Gunners, julukan Arsenal, mengusung misi revans setelah di pertemuan pertama di Grup F, mereka dipermaluka Dortmund dengan skor 1-2 di Stadion Emirates, Rabu (23/10/2013) WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di saat hasil di Stadion Emirates akan berakhir imbang, striker Dortmund, Robert Lewandowski, muncul dengan gol tendangan volinya pada menit ke-82 yang membawa tim tamu menang 2-1. Gol Lewandowksi sontak membuat pendukung Arsenal yang memenuhi Stadion Emirates terdiam.

Namun Arsenal memiliki tantangan besar untuk mensukseskan misi revans mereka. Dortmund bukanlah musuh yang mudah dikalahkan ketika bermain di SignalIdunaPark. Anak didik Jurgen Klopp selalu menang dalam delapan laga kandang terakhir mereka di Liga Champions.

“Sulit bermain tandang dalam duel Liga Champions, khususnya di sana [SignalIdunaPark],” beber pemain Arsenal berdarah Jerman, Per Mestesacker, dilansir Sky Sports, Selasa (5/11).

“Namun kami harus menjaga kepercayaan diri kami. Kami bermain di level tertinggi saat ini dan kami berada di puncak Liga Premier, jadi kami butuh mendapatkan hasil positif di sana,” tegas dia.

Arsenal tak perlu menciutkan nyali mereka meski Dortmund punya rekor apik di SignalIdunaPark. The Gunners,  julukan Arsenal, digadang-gadang menjadi kandidat terkuat untuk menjuarai Liga Premier musim ini, terutama setelah mereka mempecundangi rival berat Liverpool dengan skor 2-0 di Emirates, Minggu (3/11) WIB.

Meriam London juga bisa bernapas lega apabila menengok rekor pertemuan mereka melawan tim-tim Negeri Bavarians. Dalam 27 bentrok melawan tim-tim Jerman di berbagai kompetisi di level Eropa, The Gunners mampu 14 kemenangan, lima imbang dan hanya menelan delapan kali kekalahan.

Lawatan Arsenal ke Jerman pun terbilang lumayan. The Gunners menyabet lima kali menang, tiga imbang dan lima kali kalah dalam 13 laga lawatannya di Jerman. Hanya, Arsenal pernah dipermalukan Dortmund di SignalIdunaPark pada fase Grup Liga Champions, Oktober 2002. Saat itu, Thomas Rosicky yang kini menjadi pemain Arsenal, memborong dua gol untuk membawa Dortmund menang 2-1. Sedangkan satu-satunya gol The Gunners dibukukan Thierry Henry.

Sayang, pelatih Arsenal, Arsene Wenger, tidak bisa membawa penuh skuat lengkapnya ke Jerman. Jack Wilshere dan Kieran Gibbs diragukan bisa turun membela The Gunners karena cedera. Namun, striker Arsenal, Theo Walcott, sudah mulai terlihat latihan bersama timnya setelah mengalami cedera panjang.

Tapi Dortmund telah mengirim sinyal ancaman kepada Arsenal. Akhir pekan lalu, Lewandowski dkk. melumat Stuttgart dengan skor 6-1 di Bundesliga. Dortmund pun akan mendapatkan suntikan semangat karena Klopp telah terbebas dari hukuman larangan mendampingi timnya di pinggir lapangan.

“Dia [Wenger] benar-benar hal besar.Saya menyukainya. Dia adalah Sir Arsene Wenger. Saya suka [filosofi Arsenal]. Saya suka itu, namun saya bukan pelatih seperti itu karena saya orang yang beda. Saya tidak memenangi 80 persen [bola]. Maaf, itu tidak cukup bagiku,” jelas Klopp, dilansir Reuters.

 

Prakiraan Starting XI

Borussia Dortmund (4-3-2-1) Pelatih Jurgen Klopp

Weidenfeller; Grosskreutz, Hummels, Subotic, Schmelzer; Sahin, Blaszczykowski, Bender; Mkhitaryan, Reus; Lewandowski

Cadangan: Papastathopoulos, Großkreutz, Aubameyang, Durm, Schmelzer, Schieber, Subotic, Hofmann, Langerak, Kirch

Diragukan : Sebastian Kehl, Ilkay Gundogan, Lukasz Piszczek

 

Arsenal (4-3-2-1) Pelatih Arsene Wenger

Szczesny; Vermaelen, Koscielny, Mertesacker, Sagna; Arteta, Ramsey, Rosicky; Ozil, Cazorla; Giroud

Cadangan: Nacho Monreal, Jenkinson, Fabianski, Bendtner, Akpom, Hayden

Diragukan : Mathieu Flamini, Jack Wilshere, Kieran Gibbs

 



Lima Pertemuan Tarakhir

23/10/2013      Liga Champions            Arsenal 1 – 2    Borussia Dortmund

24/11/2011      Liga Champions            Arsenal 2 – 1    Borussia Dortmund

14/09/2011      Liga Champions            Borussia Dortmund       1 – 1    Arsenal

30/10/2002      Liga Champions            Borussia Dortmund       2 – 1    Arsenal

17/09/2002      Liga Champions            Arsenal 2 – 0    Borussia Dortmund

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya