SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, GENK — Timnas Belanda bakal berduel melawan Jepang dalam laga persahabatan di Cristal Arena, Genk, Belgia, Sabtu (16/11/2013) malam WIB, tanpa top scorer sepanjang masa Robin van Persie. Apakah tim berjuluk De Oranje itu pantas khawatir?

Oktober lalu, Van Persie memecahkan rekor gol terbanyak Belanda yang sebelumnya dipegang Patrick Kluivert dengan total 41 gol, ketika De Oranje menghancurkan Hungaria 8-1. Akhir pekan lalu, striker Manchester United lagi-lagi menjadi sorotan ketika berhasil mengoyak jala mantan klubnya, Arsenal, di lanjutan Liga Premier.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayang, aksi pria yang akrab disapa RvP itu tidak akan terlihat ketika Belanda menghadapi Jepang, akhir pekan ini. Bomber yang mengoleksi tujuh gol di Liga Premier 2013/2014 tersebut mengalami cedera jari kaki dan pangkal paha, hingga terlalu riskan turun dalam laga persahabatan.

Padahal The Flying Dutchman, julukan Van Persie, merupakan sumber gol De Oranje. Penyerang berusia 30 tahun tersebut menyumbang enam gol dalam empat penampilan terakhirnya bersama Belanda.

Donasi itu sekaligus membawa Belanda dominan dalam grupnya sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2014 di Zona Eropa. Pasukan Louis van Gaal hanya kehilangan dua poin dalam 10 kali laga di babak kualifikasi dan total mengoleksi 34 gol.

Selain Van Persie, Belanda juga tidak akan tampil bersama gelandang Feyenoord, Jordy Clasie dan penyerang Dirk Kuyt. Padahal sebelumnya mereka telah kehilangan Klaas-Jan Hunterlaar yang mengalami cedera lutut dan Ricky van Wolfswinkel yang dibebat cedera jari kaki.

Absennya sejumlah bintang Belanda dalam laga persahabatan melawan Jepang dan Kolombia pada empat hari berikutnya di Amsterdam, mau tak mau memaksa Van Gaal menurunkan skenario cadangan. Ujung tombak De Oranje pun akan bertumpu di pundak pemuda berusia 24 tahun asal Ajax, Siem de Jong.

“Kami harus membuktikan diri kami ketika dia [Van Persie] tidak bisa tampil. Itu bisa jadi akan menjadi skenario di Brazil [Piala Dunia 2014]. Karena Van Wolfswinkel dan Huntelaar cedera, kami tidak punya banyak striker,” jelas Van Gaal, dilansir Soccerway, Jumat (15/11).

“Siem de Jong adalah rencana tambalan di kondisi gawat, seperti dia di Ajax. [Jeremain] Lens juga bisa menjadi opsi sebagai striker tengah, khususnya ketika kami menghadapi sebuah laga. Ini pengalaman baik sebenarnya, jadi kami bisa pecahkan sebuah masalah,” lanjut eks pelatih Barcelona, Bayern Munich dan Ajax tersebut.

Jepang memastikan lolos ke Piala Dunia 2014 pada Juni lalu, dengan keunggulan empat poin dari Australia yang menempati peringka kedua klasemen Grup B kualifikasi Zona Asia. Tim berjuluk Samurai Biru kembali meraup sukses bersama pelatih Alberto Zaccheroni memenangi Piala Asia Timur pada Juli. Hanya setelah itu, tiga dari lima pertandingan persahabatan terakhir yang mereka lalui berujung dengan kekalahan.

Setelah kandas 2-4 dari Uruguay di Agustus silam, Jepang bangkit membatai Guatemala dan Ghana masing-masing dengan skor 3-0 dan 3-1. Kemudian Samurai Biru menelan pil pahit ketika bertemu Serbia dan Belarusia pada Oktober silam.

Shinji Kagawa, Yasuhito Endo, Keisuke Honda dan Masato Kudo memborong delapan gol terakhir milik Jepang. Hanya, nama terakhir yang tidak masuk skuat Samurai Biru melawan Belanda dan partai persahabatan berikutnya bertemu Belgia, Selasa (19/11) waktu setempat.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Belanda (4-3-3) Pelatih Louis van Gaal

Cillessen; Blind, Martins, Vlaar, Janmaat; Sneijder, Clasie, Fer; Lens, De Jong, Robben.

 

Jepang (4-4-1-1) Pelatih Alberto Zaccheroni

Kawashima; Nagatomo, Konno, Yoshida, Uchida; Kagawa, Hasebe, Endo, Okazaki; Honda, Kakitani

 

Sejarah Pertemuan Kedua Tim

19/06/2010      Piala Dunia 2010          Belanda            1 – 0    Jepang

05/09/2009      Persahabatan    Belanda 3 – 0   Jepang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya