SOLOPOS.COM - Duel Tottenham Hotspur kontra FC Basel pada perempat final pertama di London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Duel Tottenham Hotspur kontra FC Basel pada perempat final pertama di London, Jumat (5/4/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON-Setelah mengeliminasi Manchester United (MU) di fase grup Liga Champions musim lalu, Basel kini punya kans mendepak wakil Inggris di Liga Europa, Tottenham Hotspur, di leg kedua delapan besar di St Jakob Park, Jumat (12/4) dini hari WIB.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Basel sebelumnya memaksakan hasil imbang 2-2 dalam bentrok pertama kedua tim di White Hart Lane, pekan silam. Juara Swiss itu bahkan unggul dua gol lebih dulu sebelum Hotspur melesakkan dua gol balasan lewat Emmanual Adebayor dan Gilfy Sigurdsson.

Berbekal dua gol tandang, hasil seri 0-0 atau 1-1 sudah cukup bagi wakil Swiss itu lolos ke semifinal Liga Europa. Sebaliknya, The Lilywhites, julukan Hotspur, wajib menang atau meraih imbang dengan skor 3-3 atau lebih jika ingin melaju ke fase empat besar.

Terlepas dari peluang kedua tim yang masih terbuka, statistik menunjukkan Basel adalah tim yang sangat dalam laga kandang. Skuat Murat Yakin merebut empat kemenangan dengan tidak pernah kebobolan dalam empat laga terakhirya di kompetisi Eropa.
Atmosfer ketat dalam laga leg kedua perempat final yang akan digelar di St Jakob Park juga diakui penggawa Hotspur, Clint Dempsey. Pemain 30 tahun itu bahkan menilai tensi pertandingan tidak akan kalah menegangkan dibanding leg pertama di White Hart Lane.

“Laga] akan berjalan ketat. Saya membayangkan seperti apa yang berlangsung di tempat kami [White Hart Lane]. Itu adalah hal yang pasti di sana [St Jakob Park],” ungkap Clint Dempsey jelang lawatan timnya ke Swiss, seperti dilansir Sports NDTV, Rabu (10/4).

Tantangan untuk Hotspur niscaya semakin berat setelah cedera yang mendera sejumlah pemain intinya. Selain Jermain Defoe dan William Gallas, tim Liga Premier itu juga kehilangan Gareth Bale yang mendapat masalah dengan engkelnya di laga leg pertama.

Namun di tengah posisi timnya yang terjepit, manajer Hotspur, Andre Villas-Boas, tetap melambungkan optimismenya, Eks pelatih Chelsea itu menegaskan trofi Liga Europa menjadi salah satu target musim ini selain lolos ke Liga Champions musim depan.

“Kami telah mengambil langkah maju untuk masa depan dengan jalan yang kami lalui sejauh ini [di Liga Europa]. Ini adalah pengalaman yang memberi kami ilmu melawan tim-tim yang bermain di Liga Champions,” kata Villas Boas, seperti dilansir Mirror.

Di kubu lawan, Basel yang tengah dinaungi kepercayaan diri tinggi akan tetap berharap kinerja Mohamed Salah untuk merepotkan pertahanan Hotspur. Di leg pertama, winger asal Mesir itu berlari sepanjang laga di sisi lapangan musuh meski gagal mencetak gol.

“Jika Mohamed [Salah] membuat gol, dia mungkin tak adaa di sini lagi. Atau mungkin dia tidak datang ke sini sebagai pilihan pertamanya,” kata pelatih Basel, Murat Yakin.

Dengan bekal hasil seri 2-2 di laga pertama, Yakin juga melambungkan optimismenya. “Sebagai tim, kami dalam tren yang sangat baik dan kami memiliki peluang ke semifinal – di mana itu adalah yang terpenting,” lanjut pelatih berusia 38 tahun itu.

Prakiraan Susunan Pemain
Basel (4-4-2)
Sommer (Gk); Steinhofer, Voser, Dragovic, Schar; Salah, Cabral, F Frei, Stocker; Strellar, A Frei

Tottenham Hotspur (4-5-1)
Friedel (Gk); Walker, Dawson, Vertonghen, Assou-Ekotto; Sigurdsson, Parker, Dembele, Holtby, Dempsey; Adebayor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya