SOLOPOS.COM - (Dari kiri ke kanan) Dani Alves, Adriano, Gerard Pique dan Lionel Messi merayakan gol kemenangan dalam laga pembuka La Liga melawan Levante. (JIBI/ Reuters/Albert Gea)

Solopos.com, BARCELONA — Hampir selama dua tahun terakhir, Barcelona tak pernah menang melawan musuh abadi mereka, Real Madrid di panggung La Liga. Maka jangan heran, apabila Lionel Messi dkk. bakal bermain ngotot memberi perlawanan kepada Madrid di Nou Camp, Sabtu (26/10/2013) pukul 23.00 WIB (disiarkan langsung RCTI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

El clasico. Begitulah label pertarungan klasik yang mempertemukan dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Madrid . Akhir pekan ini, dua tim seteru abadi di Negeri Matador ini akan kembali saling jegal untuk kali pertama sejak laga el clasico terakhir digelar tujuh bulan silam.

Los Cules, julukan Barcelona, dituntut bisa mengakhiri periode sulit tak pernah memenangi el clasico di La Liga dalam dua tahun terakhir, apabila harga diri mereka tak ingin jatuh di mata rival. Dalam kurun waktu dua tahun itu, Raksasa Catalan menelan dua kekalahan dan dua kali imbang di panggung domestik.

Dalam pertemuan sebelumnya, wajah Lionel Messi dkk tercoreng karena kalah 1-2 di Bernabeu, Maret. Madrid yang saat itu masih dibesut Jose Mourinho juga mampu menahan imbang Barcelona dengan skor 2-2 di perjumpaan pertama mereka di La Liga musim 2012/2013.

Pertarungan Sabtu malam ini bertambah pelik, sebab jarak poin kedua klub di papan klasemen La Liga tidaklah terlalu jauh. Barcelona yang menempati puncak klasemen hanya unggul tipis tiga poin dari Madrid yang menempati peringkat ketiga dengan koleksi 23 poin.

Saking krusialnya el clasico, sempat muncul rumor anak asuh Gerardo Martino gagal mengalahkan AC Milan di Liga Champions, Rabu (23/10) dini hari WIB, karena mereka terlalu fokus pada duel melawan Madrid di La Liga akhir pekan ini. Namun isu ini, tentu tidak bisa diterima begitu saja.

Kapten Barcelona, Carles Puyol, yang baru comeback dari cedera panjang, pun menganggap pertarungan el clasico jilid pertama di La Liga musim 2013/2014, bukan partai penentuan gelar juara domestik musim ini. Meski demikian, pemain sekelas Puyol sangat paham el clasico merupakan panggung yang wajib mereka menangi, demi membuktikan diri sebagai Catalan sejati.

“Itu [el clasico] tidak akan menentukan gelar liga. Perjalanan [di La Liga musim ini] masih panjang. Namun, ini sebuah kesempatan bagus untuk bermain benar dan menggali kepercayaan diri,” beber Puyol, dilansir fcbarcelona.com.

Rasanya kurang afdol, jika tak menyebut kekuatan ikon masing-masing klub menjelang duel panas ini. Lionel Messi dari kubu Barcelona dan Cristiano Ronaldo yang bermain untuk Madrid , sudah menjadi simbol perseteruan sengit kedua klub dalam beberapa tahun belakangan.

Ronaldo membuktikan ketajamannya dengan menyumbang dua gol sekaligus ketika Los Blancos memecundangi Juventus dengan skor 2-1 di Liga Champions, Kamis (24/10/2013) dini hari WIB. Tambahan dua gol itu membuat koleksi gol bomber asal Portuga di musim ini menjadi 15 gol dalam 12 laga di berbagai ajang.

CR7, julukan Ronaldo, memiliki ketajaman 1,25 gol per laga. Masih lebih unggul tipis dibandingkan Messi yang mencatat 1,09 gol per laga.

Kehadiran Ronaldo di Nou Camp, bisa memberi ancaman bagi pertahanan Barcelona yang kemungkinan tidak akan diperkuat Gerard Pique karena faktor kebugaran. Ronaldo akan bergabung dengan Angel Di Maria dan Isco untuk memimpin serangan Madrid. Sedangkan Luka Modric kemungkinan akan disimpan manajer Carlo Ancelotti di bangku cadangan. Ancelotti pun harus tegas memilih antara Alvaro Morata atau Karim Benzema sebagai ujung tombak Los Blancos.

“Saya sudah tahu siapa yang bakal memimpin serangan [ Madrid ] melawan Barcelona . Saya minta Karim tetap bekerja keras. Dia tidak mencetak gol [saat Madrid menang 2-1 melawan Juventus] tapi dia bekerja keras dan saya puas dengan itu,” beber Ancelotti.

 

 

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3) Manajer Gerardo Martino

Valdes; Alves, Puyol, Mascherano, Adriano; Sergio, Xavi, Iniesta; Sanchez, Neymar, Messi

Cadangan : Pique, Busquets, Fabregas, Pedro, Martin Montoya, Pinto, Bartra, Song,

Tello

 

Real Madrid (4-2-3-1) Manajer Carlo Ancelotti

Lopez; Pepe, Ramos, Marcelo, Carvajal; Khedira, Illarramendi; Ronaldo, Di Maria, Isco; Benzema



Cadangan : Casillas, Pepe, Arbeloa, Marcelo, Modric, Bale, Alvaro Morata, Varane, Coentrao, Carvajal

 

Lima Pertemuan Terakhir

02/03/2013      La Liga Real Madrid     2 – 1    Barcelona

27/02/2013      Copa del Rey   Barcelona         1 – 3    Real Madrid    

31/01/2013      Copa del Rey   Real Madrid     1 – 1    Barcelona        

08/10/2012      La Liga Barcelona         2 – 2    Real Madrid

30/08/2012      Piala Super Spanyol      Real Madrid     2 – 1    Barcelona

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya