SOLOPOS.COM - Pemain Paris Saint Germain (PS), David Beckham (kiri) dan Christophe Jallet (tengah), mencoba mengadang gelandang Barcelona, Cesc Fabregas, dalam perempat final Liga Champions pertama di Paris, tengah pekan lalu. Kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (11/4/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pemain Paris Saint Germain (PS), David Beckham (kiri) dan Christophe Jallet (tengah), mencoba mengadang gelandang Barcelona, Cesc Fabregas, dalam perempat final Liga Champions pertama di Paris, tengah pekan lalu. Kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (11/4/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

CATALUNYA – Barcelona maupun Paris Saint Germain (PSG) memiliki peluang sama besar memenangi duel leg kedua perempat final Liga Champions di Camp Nou, Kamis (11/4/2013) dini hari WIB. Meski Barcelona bertindak sebagai tuan rumah, namun kualitas PSG yang diperkuat para pemain berkelas tak bisa dipandang sebelah mata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PSG akan melawat ke kandang Los Cules, julukan Barcelona, dengan modal hasil seri 2-2 pada leg pertama perempat final di Parc des Princess, tengah pekan lalu.

Hasil itu memang sedikit banyak menguntungkan bagi Barcelona. Los Cules hanya membutuhkan seri tanpa gol untuk memuluskan langkahnya ke perempat final.

Pelatih PSG, Carlo Ancelotti, sadar akan posisi lawan yang lebih diunggulkan. Kendati demikian, Ancelotti tak akan minder dan yakin timnya masih memiliki peluang.

Terlebih, Barca  kemungkinan tak akan diperkuat salah satu pemain andalannya, Lionel Messi. Pemain terbaik dunia empat kali secara beruntun itu masih dibelit cedera yang dialaminya saat melawan PSG, tengah pekan lalu.

“Kami memiliki peluang lebih baik jika Messi tak bermain, namun kami tak akan merubah strategi kami,” tutur Ancelotti.

“Kami memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi salah satu tim terbaik di dunia. Kami perlu percaya diri dan karakter.”

“Kami tak berpikir tentang kesalahan, namun apa yang telah kami lakukan cukup bagus di leg pertama. Saya tak khawatir. PSG senang berada di sini, karena kami berada di malam yang fantastis.”

“Setiap orang tahu kami memiliki kesempatan kecil, namun peluang tetap ada. Kami membuktikan kami bisa melawan tim fantastis dengan bagus. Tidak akan ada yang berubah di PSG, bahkan jika kami tak melaju ke semifinal, masa depan tetap fantastis walau kami menang atau kalah.”

Di sisi lain, asisten Barcelona, Jordi Roura, belum memberi kepastian apakah Messi bisa diturunkan. “Kami perlu menunggu hingga malam ini dan besok untuk melihat [kondisi] Messi, Pedro dan Adriano,” terangnya.

“Kami berpikir positif, namun kami harus menunggu hingga sesi latihan sebelum membuat keputusan.”

“Jika mereka bisa dimainkan itu jelas karena ada jaminan mereka bisa dimainkan. Namun, kami harus bersabar dan menunggu hasil tes medis, di mana hal itu merupakan hal yang penting untuk mengambil keputusan.”

“Jika Messi tak bisa dimainkan, jelas kami akan kehilanggan pemain terbaik dunia dan itu merupakan kerugian bagi kami, namun penggantinya akan bermain dengan baik juga dan akan mencoba memenangkan laga.”

Tanpa hadirnya Messi, kegarangan Barca jelas berkurang. Stigma ini turut diamini rekannya, Andres Iniesta. “Tidak diragukan lagi ada Messidependencia, ketergantungan terhadap Messi. Dalam arti bahwa ia adalah bagian penting permanan kami. Dia adalah pemain kunci. Dia adalah yang terbaik ketika bermain.”

“Tidak diragukan lagi ada Messidependencia – Messi ketergantungan – dalam arti bahwa ia adalah penting bagi kami. Dia adalah pemain kunci. Dia adalah yang terbaik ketika dia bermain.

Selain Messi, Barcelona kemungkinan juga kehilanggan dua pemain pilar lainnya, yakni Pedro Rodriguez dan Adriano. Seperti halnya Messi, keduanya juga masih dililit cedera.

Sementara, kondisi PSG justru jauh lebih mengguntungkan. Tim tamu akan tampil dengan kekuatan penuh. Hanya Blaise Matuidi, yang menjadi pencetak gol penyeimbang PSG pada leg pertama, yang absen karena akumulasi kartu.

Dengan kondisi tim yang lebih diuntungkan dibanding tim lawan, bukannya tak mungkin PSG bakal menjegal Barca di Camp Nou, seperti yang pernah dilakukan Real Madrid pada semifinal Copa del Rey, beberapa waktu lalu. Namun, untuk mewujudkannya PSG harus bekerja keras, bisa jadi hasil akhir pertandingan akan ditentukan dalam masa ekstra time atau babak adu penalti.

Head To Head PSG vs Barcelona :

03 Apr 2013 : PSG 2-2 Barcelona (Liga Champions)

05 Agt 2012 : PSG 2-2 Barcelona (Friendly Match)

5 Pertandingan Terakhir Barcelona :

07 Apr 2013 : Barcelona 5-0 Real Mallorca (La Liga)

03 Apr 2013 : PSG 2-2 Barcelona (Liga Champions)

31 Mar 2013 : Celta de Vigo 2-2 Barcelona (La Liga)

18 Mar 2013 : Barcelona 3-1 Rayo Vallecano (La Liga)

13 Mar 2013 : Barcelona 4-0 AC Milan (Liga Champions)

5 Pertandingan Terakhir PSG :

06 Apr 2013 : Rennes 0-2 PSG (Ligue 1)

03 Apr 2013 : PSG 2-2 Barcelona (Liga Champions)

30 Mar 2013 : PSG 1-0 Montpellier (Ligue 1)

18 Mar 2013 : Saint-Etienne 2-2 PSG (Ligue 1)



09 Mar 2013 : PSG 2-1 Nancy (Ligue 1)

PRAKIRAAN PEMAIN

BARCELONA :

Víctor Valdés, Daniel Alves, Éric Abidal, Jordi Alba, Montoya, Cesc Fàbregas, Xavi, Javier Mascherano, Iniesta, Lionel Messi, Pedro.

PSG

Salvatore Sirigu, Thiago Silva, Alex, Maxwell, Christophe Jallet, Blaise Matuidi, Marco Verratti, Javier Pastore, Mohamed Lamine Sissoko, Kevin Gameiro, Zlatan Ibrahimovic.

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya