SOLOPOS.COM - Pemain Barcelona, Cesc Fabregas (kanan) mendapat pengawalan pemain PSG, Christophe Jallet (kedua dari kiri) dalam perempat final pertama di Paris, tengah pekan lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pemain Barcelona, Cesc Fabregas (kanan) mendapat pengawalan pemain PSG, Christophe Jallet (kedua dari kiri) dalam perempat final pertama di Paris, tengah pekan lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

BARCELONA—Hasil imbang 2-2 pada leg pertama babak perempat final Liga Champions di Paris pekan lalu, memberi garansi pertarungan Barcelona kontra Paris Saint Germain (PSG) di Nou Camp, Kamis(11/4) dini hari WIB, bakal berlangsung panas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Publik Nou Camp berjanji tidak akan melayani tamunya dengan ramah. Mereka masih kesal dengan hasil imbang di Paris yang mengakibatkan sang mega bintangnya, Lionel Messi, mengalami cedera hamstring. Bukan hanya itu, bentrok di markas PSG pekan lalu juga mengorbankan defender Barcelona, Javier Mascherano, yang harus absen sekitar enam bulan.

Cedera Messi memang tak segawat kondisi Mascherano. Tapi diakui atau tidak, kehilangan mesin gol Argentina itu jelas bisa memberi pukulan telak bagi Blaugrana, julukan Barcelona. Meski begitu, setidaknya tim Raksasa Catalan telah membuktikan mereka sanggup bermain gemilang tanpa sang mega bintang ketika menghajar Mallorca 5-0 pada ajang La Liga, Sabtu (6/4) lalu.

Meski menyimpan hingga tujuh pemain kunci, Barcelona tampil superior atas Mallorca. Gelandang Blaugrana, Cesc Fabregas, mencetak hattrick. Sedangkan Alexis Shanchez yang biasanya hanya menghangatkan bangku cadangan, mampu mendonasikan dua gol dan dua assist ketika dipasang sebagai starter.

Belum ada kejelasan mengenai kebugaran Messi. Walau demikian, masih ada kemungkinan manajer Tito Vilanova akan menurunkan striker berjuluk La Pulga itu di bentrok krusial nanti. Untuk lini tengah, Barcelona tak perlu waswas karena bisa mengandalkan kualitas Indres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Jika demikian, pelatih yang tengah berjuang melawan penyakit kanker tersebut, tinggal memikirkan barisan pertahanan yang sering dianggap menjadi titik lemah permainan Blaugrana. Vilanova harus mencari parter yang tepat bagi Gerard Pique di posisi sentral pertahanan.

Selain kehilangan Mascherano, sang kapten Carles Puyol juga masih diragukan pulih total setelah operasi lutut. Pilihan sebagai pendamping Pique mungkin akan jatuh kembali kepada bek muda minim jam terbang, Marc Bartra.
“Kami akan lihat opsi apa yang akam kami ambil melawan PSG nanti,” beber asisten pelatih Barcelona, Jordi Roura, dilansir Reuters.

Tekanan lebih besar di duel nanti akan lebih mengarah kepada PSG. Sebab kebobolan dua gol di Parc des Princes, memberi nilai plus bagi lawan mereka yang lebih unggul dalam gol tandang. Artinya, Ancelotti harus bisa membobol gawang Victor Valdes sebanyak mungkin untuk mengamankan diri lolos ke semifinal.

Untuk urusan itu, Don Carlo bisa mengandalkan tenaga eks bintang Barcelona, Zlatan Ibrahimovic yang mencetak gol kontroversial ke gawang Valdes pekan lalu. Klub kaya raya nan ambisius ini juga bisa memainkan Ezequiel Lavezzi yang telah menggelontorkan lima gol di Liga Champions musim ini. Sayangnya, PSG kehilangan Blaise Matuidi yang terkena sanksi larangan tampil. Kebugaran Thiago Silva juga masih dipertanyakan.

“Kami harus ambil kesempatan bagus. Kami dalam posisi yang luar biasa. Barcelona membangun proyek mereka selama 20 tahun lebih. Sedangkan PSG memulai sebuah babak luar biasa dalam sejarah mereka namun hanya dengan kerja yang baru dimulai dalam hitungan 20 bulan lalu,” urai Direktur Olahraga PSG, Leonardo.

Sementara itu, bintang PSG, David Beckham, sangat yakin timnya mampu menghentikan rekor 20 laga tak terkalahkan milik Barcelona di Nou Camp, untuk lolos ke semifinal. Zlatan Ibrahimovic dkk bukan tidak mungkin bisa menciptakan bara di Nou Camp.

“Kami punya kapabilitas untuk memenangi laga itu. Kami punya segerombolan pemain. Ini pertarungan selama 90 menit, setiap saat Anda harus melawan Barcelona. Mereka akan banyak menguasai bola, sangat sulit melawan tim seperti mereka namun kami bisa menang,” tandas Beckham, dilansir ESPN. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Prakiraan Starting XI
BARCELONA (4-3-3)
1-Victor Valdes (Gk); 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 4-Cesc Fabregas, 7-David Villa

PSG (4-4-2)
30-Salvatore Sirigu (Gk); 26-Christophe Jallet, 13-Alex, 2-Thiago Silva, 17-Maxwell; 29-Lucas, 32-David Beckham, 24-Marco Verratti, 27-Javier Pastore; 18-Zlatan Ibrahimovic, 11-Ezequiel Lavezzi

Simak selengkapny: http://digital.solopos.com/file/10042013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya