SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertandingan AS Roma kontra Lazio. dokJIBI/SOLOPOS

Ilustrasi pertandingan AS Roma kontra Lazio. dokJIBI/SOLOPOS

SOLO – Derby della Capitale antara AS Roma dan Lazio akan mewarnai duel final Coppa Italia musim ini di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (26/5/2013) tengah malam WIB. Dalam laga ini, AS Roma lebih diunggulkan dengan skor 2-1 atas Lazio.

Rivalitas kedua tim ibu kota ini memang telah memiliki sejarah panjang. Persaingan yang memanas di antara kedua tim tak jarang berimbas ke suasana di luar stadion, yang dilakukan oleh para pendukungnya.

Dari head to head dalam lima pertemuan terakhir, Lazio memang memiliki catatan lebih baik dibanding rival sekotanya. Biancoceleste mencatatkan kemenangan tiga kali, sekali seri dan sekali kalah oleh Roma.

Kendati demikian, catatan itu tak bisa menjadi patokan. Terlebih dari catatan lima pertandingan terakhir yang dilakoni kedua klub, baik Roma maupun Lazio sama-sama mencatatkan tiga kali kemenangan, sekali seri dan sekali kalah.

Namun, AS Roma layak lebih diunggulkan. Selain performanya yang dalam beberapa pekan terakhir mulai memanas, Il Lupi juga meraih kemenangan dalam laga terakhirnya melawan Napoli 2-1 di Olimpico, akhir pekan lalu. Di sisi lain, Lazio justru baru saja menelan kekalahan atas Cagliari 0-1 dalam laga terakhir yang dilakoninya.

Wajar apabila dengan catatan statistik ini membuat eks pelatih Roma yang sekarang menukangi Timnas Rusia, Fabio Capello, menjagokan Roma. Menurut Capello : “Roma tiba di derby [final Coppa Italia] dengan kondisi lebih segar dibanding Lazio. Mereka menderita sedikit dari sudut pandang atletik [kelelahan].”

Kendati demikian, Capello menyadari bahwa laga ini tak akan berlangsung mudah. Menurutnya kedua tim tampil tak hanya membawa satu misi, melainkan tiga misi, yakni memenangi derby, trofi, serta tiket ke Liga Europa musim depan, yang akan diperoleh tim yang memenangi Coppa Italia.

 “Ini merupakan jenis pertandingan, yang lebih dari apa pun. Anda akan menemukan energi, yang bahkan Anda tak tahu,” ujar Capello.

 “Ini akan menjadi partai yang hebat. Kedua kubu akan membutuhkan motivasi yang lebih. Yang dipertaruhkan adalah kemenangan derby, trofi dan tiket ke Eropa. Ini merupakan [perebutan] tiga dalam satu harga,”

Pernyataan Capello ini senada dengan yang dituturkan kapten Lazio, Stefano Mauri. Mauri mengaku Coppa Italia melawan Roma merupakan laga terpenting dalam kariernya.

“Memenangkan trofi adalah penting dan memberikan Anda kesempatan ambil bagian dalam Super Italia dan Liga Europa. Kami jelas memiliki ambisi ini, tapi ada beberapa momen negative yang sudah ditangani dengan baik,” tutur Mauri.

“Ini adalah pertandingan paling penting dalam karier saya. Saya telah bermain di final lain dengan Lazio, tapi yang satu ini mewakili begitu banyak pada tingkat lokal dan Italia.”

Lazio terakhir kali memenangi Coppa Italia pada 2009 silam, setelah mengalahkan Sampdoria pada babak adu penalti. Sementara AS Roma memenangi Coppa Italia terakhirnya pada 2008 lalu.

Secara prediksi Soccerway, Roma lebih diunggulkan. Sebanyak 21,7% pembaca Soccerway menjagokan Francesco Totti dkk menang 2-1. Sementara, sebanyak 8,94% lainnya menjagokan Lazio menang 2-1.

HEAD To HEAD AS ROMA Vs LAZIO

09 Apr 2013 : AS Roma 1-1 Lazio (Liga Italia)

11 Nov 2012 : Lazio 3-2 AS Roma (Liga Italia)

04 Mar 2012 : AS Roma 1-2 Lazio (Liga Italia)

17 Okt 2011 : Lazio 2-1 AS ROma (Liga Italia)

13 Mar 2011 : AS Roma 2-0 Lazio (Liga Italia)

Lima Pertandingan Terakhir AS Roma :

20 Mei 2013 : AS Roma 2-1 Napoli (Liga Italia)

13 Mei 2013 : AC Milan 0-0 AS Roma (Liga Italia)

08 Mei 2013 : AS Roma 0-1 Chievo (Liga Italia)

05 Mei 2013 : Fiorentina 0-1 AS Roma (Liga Italia)

28 Apr 2013 : AS Roma 4-0 Siena (Liga Italia)

Lima Pertandingan Terakhir Lazio :

20 Mei 2013 : Cagliari 1-0 Lazio (Liga Italia)



12 Mei 2013 : Lazio 2-0 Sampdoria (Liga Italia)

09 Mei 2013 : Inter 1-3 Lazio (Liga Italia)

05 Mei 2013 : Lazio 6-0 Bologna (Liga Italia)

28 Apr 2013 : Parma 0-0 Lazio (Liga Italia)

Perkiraan Susunan Pemain :

Roma (4-2-3-1): Lobont; Marquinhos, Burdisso, Castan, Balzaretti; Bradley, De Rossi; Lamela, Totti, Marquinho; Osvaldo

Cadangan : Goicoechea, Romagnoli, Piris. Dodò, Taddei, Torosidis, Tachtsidis, Florenzi, Perrotta, Pjanic, Destro, Lopez

Lazio (4-1-4-1): Marchetti; Konko, Biava, Cana, Radu; Ledesma; Candreva, Onazi, Hernanes, Lulic; Klose

Cadangan : Bizzarri, Strakosha, Dias, Ciani, Pereirinha, Stankevicius, Gonzalez, Mauri, Ederson, Crecco, Floccari, Kozak







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya