SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON— Danny Welbeck bakal menjadi pusat perhatian ketika memulai debutnya bersama Arsenal menghadapi Manchester City pada lanjutan Liga Premier di Stadion Emirates, London, Sabtu (13/9/2014) pukul 18.45 WIB.

Kepindahan Welbeck dari Manchester United ke Arsenal pada deadline day bursa transfer musim panas terus menuai kecaman, termasuk dari mantan pemain United sendiri seperti Gary Neville dan Rio Ferdinand. Pasalnya, pemuda berusia 23 tahun tersebut dianggap sebagai aset lokal yang seharusnya dijaga  Setan Merah, julukan United. Namun, manajer baru Setan Merah, Louis van Gaal, justru rela melepas produk asli United itu dengan baderol 16 juta poundsterling, awal pekan lalu setelah resmi menggaet bomber AS Monaco, Radamel Falcao dengan status pinjaman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya memberi kesempatan kepada semua pemain untuk membuktikan kualitasnya. Ketika Anda tanyakan Danny Welbeck, dia berada di sini sejak usia sembilan tahun dan setelah Sunderland [dipinjamkan] dia bermain tiga musim di United, namun dia tidak memiliki rekor seperti [Robin] Van Persie atau [Wayne] Rooney, dan itu standar. Ini alasannya kami melepas dia. Sementara Falcao oke, namun juga pemain muda yang fit,” ungkap Van Gaal, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (12/9).

Welbeck bisa jadi akan terpancing dengan pernyataan Van Gaal yang dikeluarkan sekitar dua hari sebelum dirinya menjalani debut bersama Arsenal, Sabtu ini. Disebut tidak memiliki rekor sebagus Van Persie dan Rooney, jelas akan merangsang Welbeck membuktikan kekuatan sesungguhnya.

Selama 2012 hingga 2014, Welbeck memang baru mencetak 10 gol dan lima assist dalam 52 laga untuk United. Dalam kurun waktu yang sama, catatan itu sangat kontras dengan raihan Van Persie yang meraup 38 gol dan 12 assist dalam 58 laga bersama Setan Merah dan Rooney yang mendulang 29 gol dan 20 assist dalam 56 laga bersama United.

Namun, Van Gaal tidak boleh lupa apabila Welbeck sebenarnya tidak menempati posisi strategis untuk mencetak gol. Dia lebih sering dipaksa bermain melebar, alih-alih menjadi penyerang utama. Bos Arsenal, Arsene Wenger, pun sangat yakin Welbeck bisa menjadi sumber gol baru bagi timnya apabila ditempatkan sebagai penyerang tengah.

“Ketika Anda menganalisis permainannya, Anda pikir dia punya kualitas untuk bermain sebagai penyerang tengah. Di United, di mana ada beberapa pemain bintang, dia harus memberi ruang bagi para pemain untuk berposisi sebagai penyerang tengah. Namun dia punya gaya sempurna bermain di tengah,” jelas Wenger.

Ketajaman Welbeck sebagai ujung tombak utama dia buktikan ketika membawa Inggris menaklukkan Swiss 2-0 pada laga kualifikasi Euro 2016. Penyerang berjuluk Dat Guy tersebut memborong semua gol Inggris ketika dipasangkan sebagai penyerang tengah.

Kehadiran Welbeck sekaligus menjadi solusi atas absennya striker utama The Gunners, Olivier Giroud, yang cedera hingga Natal nanti. Dengan masuknya Welbeck sebagai ujung tombak The Gunners, itu artinya pemain baru Arsenal lainnya, Alexis Sanchez, akan kembali bermain sedikit melebar ketika bertemu City.

Bukan mustahil apabila Welbeck akan mengakhiri penantian Wenger dalam mencari Fox on the Box (Rubah di Kotak Penalti) sejak Ian Wright dan Thierry Henry, apabila ia terus dipasang di posisi itu.

Atau, Welbeck justru akan menjadi penerus Francis Jeffers baru di Arsenal?. Jeffers dianggap sebagai Fox in the Box yang sesungguhnya pada 2001. Namun ia hanya mampu mencetak empat gol di Liga Premier dalam tiga tahun kebersamaannya dengan The Gunners. Wenger sendiri mengaku sebenarnya ingin mendatangkan Welbeck dengan status pinjaman. Namun saat deadline day pada 1 September lalu, ia tengah berada di Roma dan akhirnya transaksi diputuskan dengan membeli Welbeck. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Danny Welbeck dan rekannya di Arsenal Jack Wilshere. Ist/skysports.com

Danny Welbeck dan rekannya di Arsenal Jack Wilshere. Ist/skysports.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya