SOLOPOS.COM - Para pemain Arsenal melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Liverpool pada lanjutan laga Liga Premier di Etihad Stadium, Minggu (3/11/2013) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON—Sejarah mencatat Arsenal tak terkalahkan setiap menjamu Fulham. Apakah tradisi itu bakal terulang ketika kedua tim dipertemukan pada panggung Liga Premier di Stadion Emirates, Sabtu (18/1) malam WIB?

Sejak masih menghuni Stadion Highbury maupun setelah pindah ke Emirates, Arsenal membukukan hasil tak pernah kalah dalam laga kandang dalam berbagai kompetisi di hadapan rival sekotanya tersebut. Dalam 27 kali perjamuan, tim berjuluk The Gunners menorehkan 22 kali menang dan sisanya berakhir imbang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Arsenal juga mengantongi rekor pertemuan fantastis melawan Fulham. Sejak dipertemukan kali pertama di Piala FA 1904, The Gunners hanya kalah delapan kali dalam 54 laga dalam rentang waktu lebih dari seabad!

Torehan laga kandang dan pertemuan kontra Fulham inilah yang bisa membuat skuat Arsene Wenger turun dengan kepercayaan diri tinggi, Sabtu ini. Olivier Giroud dkk. bersemangat menjaga rekor apik yang diwariskan para pendahulu mereka. Apalagi nilai penuh di matchday ke-22 tersebut sangat dibutuhkan The Gunners untuk mempertahankan takhta Liga Premier dari intaian para rivalnya.

Saat ini, Merian London, julukan Arsenal, berada di puncak tabel hanya dengan keunggulan satu poin dari Manchester City dan dua poin dari Chelsea. Kesalahan sedikit saja bisa membuat tim London Utara tersebut tergelincir dari singgasananya. Karena dalam waktu yang hampir bersamaan, City diprediksi akan dengan mudah mengantongi tiga poin ketika menjamu tim penghuni zona degradasi, Cardiff City di Stadion Etihad.

Sayangnya, pasukan Arsene Wenger sedang dihantam tsunami cedera. Tercatat sembilan pemain The Gunners masuk ruang perawatan dan diragukan bisa merumput melawan Fulham, termasuk Nicklas Bendtner, Thomas Vermaelen, Mikel Arteta dan Aaron Ramsey.

Meski demikian Wenger sepertinya sudah terbiasa dengan badai cedera yang menghantam timnya musim ini. Tanda-tanda belum membaiknya kondisi Theo Walcott bahkan tidak membikin kepalanya pusing. Pelatih berpaspor Prancis tetap optimistis dengan amunisi yang dimilikinya saat ini, khususnya di barisan gelandang.

“Di bagian gelandang, kami punya banyak pemain berkualitas yang bisa Anda rotasi dengan mudah tanpa berpikir ‘kami saat ini lemah’. Kami punya pemain-pemain fantastis di tengah dan selalu menjaga kami dan bisa kami sebut dengan ‘mesin’ yang menyegarkan tim,” urai Wenger, dilansir Sky Sports, Jumat (17/1).

Senyum Wenger akan semakin lebar karena Alex Oxlade-Chamberlain, Kieran Gibbs dan Lukas Podolski dikabarkan kembali bugar. Pelatih berjuluk Profesor juga bisa tidur nyenyak apabila melihat performa duet Per Mertesacker dan Laurent Koscielny membuat jantung pertahanan The Gunners super kukuh. Arsenal sukses mencetak tujuh kali clean sheets dalam delapan laga terakhir dalam berbagai kompetisi di Emirates. Tim London Utara juga menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit, bersama Chelsea dan Everton, dengan 19 gol.

Sebaliknya, Fulham bakal mencegah teror di Emirates dengan mengandalkan ketajaman mereka dalam melakukan tembakan. Tim berjuluk The Cottagers mampu mengoleksi 133 tembakan mengarah ke gawang di musim ini. Pelatih Rene Meulensteen bisa mengandalkan Darent Bent untuk menjebol pertahanan tangguh tuan rumah, setelah kesuksesannya mencetak delapan gol dalam 10 pertemuan melawan The Gunners.

Prakiraan Formasi
Arsenal (4-2-3-1 ) Arsene Wenger
Szczesny; Gibbs, Koscielny, Mertesacker, Sagna; Flamini, Wilshere; Podolski, Ozil, Gnabry; Giroud
Cadangan : Cazorla, Monreal, Rosicky, Oxlade-Chamberlain, Podolski, Fabianski, Jenkinson

Fulham (4-2-3-1) Pelatih Rene Meulensteen
Stekelenburg; Riise, Hangeland, Amorebieta, Riether; Sidwell, Parker; Dempsey, Taarabt; Berbatov
Cadangan: Burn, Dejagah, Richardson, Karagounis, Kasami, Kacaniklic, Dembele, Bent

3 Pertemuan Terakhir
24/8/2013 Liga Premier Fulham 1 – 3 Arsenal
20/04/2013 Liga Premier Fulham 0 – 1 Arsenal
10/11/2012 Liga Premier Arsenal 3 – 3 Fulham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya