SOLOPOS.COM - Mesi dan Di Maria (Dok/JIBI/Reuters)

Solopos.com, BELO HORIZONTE—Prediksi Argentina vs Belanda sama kuat, kendati demikian ada beberapa analis yang mengunggulkan Belanda 2-1  pada semifinal Piala Dunia 2014, Kamis (10/7/2014) pukul 03.00 WIB. (Baca Juga: Argentina vs Belanda Siapa MenangPrediksi Belanda vs Argentina, De Oranje Unggul?)

Argentina mengalami pukulan telak jelang duel semifinal Piala Dunia 2014 melawan Jerman, Kamis (10/7) dini hari WIB. Tim berjuluk Albiceleste itu dipastikan tidak akan bisa menurunkan salah satu gelandang terbaiknya, Angel Di Maria.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Maria mengalami cedera otot pada paha kanan dan hanya bermain sepanjang 33 menit dalam pertandingan perempat final melawan Belgia, Sabtu (5/7), dan belum akan pulih dalam dua hari ke depan.

Absennya Di Maria jelas akan meninggalkan pekerjaan besar bagi Alejandro Sabella mengingat peran penting bintang Real Madrid itu sejauh ini. Terlebih kali ini, lawan yang akan dihadapi Argentina rival berat sesama favorit juara, Belanda.

Beruntung, Argentina mendapat kabar baik dari pilar penting lainnya di kubu skuat juara dunia dua kali itu, Sergio Aguero. Juru gedor Manchester City itu dilaporkan telah kembali bugar dan siap bergabung dengan timnya dalam pertarungan hidup mati kontra De Oranje, julukan Belanda.

Aguero sebelumnya dibebat cedera yang sama sekitar 10 hari silam, namun melakoni proses pemulihan yang sangat baik.

Di Maria Absen

Toh hal itu tidak sekaligus menutupi yang ditinggalkan Di Maria. Di Maria mencetak gol penentu kemenangan Argentina atas Swiss di menit-menit terakhir babak extra time di putaran 16 besar, Selasa (1/7), dan menyumbangkan assist yang berbuah gol semata wayang Higuain di fase delapan besar kontra Belgia, akhir pekan lalu.

“Dokter tim Argentina, Dr. Daniel Martinez, melaporkan setelah pemeriksaan yang dilakukan, sang pemain [Di Maria] mengalami cedera paha. Dia tidak akan bermain dalam pertandingan semifinal dan kondisinya akan dievaluasi lagi sesudahnya,” asosiasi sepak bola Argentina, AFA, dalam rilisnya dilansir Soccerway, Senin (7/7).

Argentina melenggang ke babak empat besar berkat kemenangan tipis 1-0 atas Belgia, Sabtu. Albiceleste akan menantang Belanda yang meraih kemenangan atas Kosta Rika dalam pertandingan perempat final lainnya, Jumat (4/7) sampai Sabtu dini hari WIB.

Dengan kualitas lawan yang akan dihadapinya itu, kehilangan sosok Di Maria dari daftar pemain inti akan semakin terasa efeknya bagi Argentina.

Sebelumnya, pelatih Argentina, Alejandro Sabella, melakukan dua perubahan besar dalam daftar starting line up timnya dengan menurunkan bek Manchester City, Martin Demichelis, dan juga memasang Lucas Biglia untuk mengisi posisi Fernando Gago di sektor tengah.

BELANDA    VS       ARGENTINA

Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil

Live TV One/ANTV

Kamis (10/7) pukul 03.00 WIB

 

PREDIKSI LINE UP

BELANDA (3-4-1-2)

Cillessen;

De Vrij, Vlaar, Martins Indi;

Dirk Kuyt, Wijnaldum, Blind, Depay;

Sneijder;

Robben, Van Persie

Pelatih: Louis van Gaal

Pemain cedera : Nigel de Jong

Cadangan        : Jeremaine Lens, Huntelaar, Janmaat, De Guzman, Verhaegh, Veltman, Kongolo, Clasie, Leroy Fer, Vorm

 

ARGENTINA (4-3-3)

Romero;

Zabaleta, Demichelis, Garay, Rojo;

Biglia, Mascherano, Lavezzi;

Messi, Higuain, Aguero



Pelatih : Alejandro Sabella

Pemain cedera : Angel Di Maria

Cadangan        : Palacio, Fed Fernandez, Fernando Gago, Campagnaro, Maxi Rodriguez, Ricky Alvarez, Mario Andujar, Basanta, Orion, Augustu Fernandez

 

FAKTA

–          Kedua tim bertemu kali terakhir pada Piala Dunia 2006 di penyisihan Grup C dengan hasil imbang tanpa gol. Kedua tim sama-sama melaju ke babak 16 besar.

–          Belanda adalah satu dari dua tim tersubur di Piala Dunia 2014 dengan telah mencetak 12 gol dalam 5 laga. Satu tim lainnya adalah Kolombia (tersingkir di perempat final).

–          Belanda tidak akan diperkuat Nigel de Jong yang mengalami dan sudah tidak akan bermain di sisa Piala Dunia 2014.

–          Argentina akan berjuang melaju ke final untuk kali pertama sejak Piala Dunia 1990 silam.



–          Lionel Messi telah mencetak gol sejauh ini, terpaut dua gol dari James Rodriguez yang menjadi pencetak gol terbanyak dengan enam gol.

–          Argentina tidak akan diperkuat Angel Di Maria yang dibebat masalah paha kanan, namun bisa menurunkan Sergio Aguero yang sudah pulih dari cedera.

 

DALAM ANGKA

30 – Belanda tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhirnya di ajang Piala Dunia.

18 – Argentina tidak terkalahkan dalam 18 dari 19 laga terakhirnya di ajang Piala Dunia.

5 – Belanda tidak pernah dalam lima pertemuan terakhir melawan Argentina di semua kompetisi.

 

 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya