Ilustrasi banjir (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SOLO – Banjir bandang dan tanah longsor melanda sebagian wilayah di Soloraya, sejak Rabu (6/3/2019). Diberitakan Solopos.com, Kamis (7/3/2019), banjir merendam sejumlah wilayah di Klaten, Wonogiri, dan Sukoharjo. Sementara tanah longsor terjadi di Karanganyar yang berada di kawasan lereng Gunung Lawu.

Ratusan rumah penduduk di tiga desa wilayah Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, terendam luapan air Sungai Bengawan Solo dan Kali Samin. Wilayah Desa Tegalmade, Gadingan, dan Laban terendam air mencapai 50 sentimeter atau sepaha orang dewasa.

Sejumlah wilayah di sisi selatan Klaten terendam banjir sejak Rabu sore. Hujan deras membuat sejumlah sungai meluap hingga ke permukiman warga. Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengimbau warganya waspada karena curah hujan yang cukup tinggi.

Curah hujan tinggi juga menyebabkan banjir di Dusun Karangturi, Bulurejo, Nguntoronadi, Wonogiri. Wilayah itu terdampak luapan air Sungai Wiroko akibat guyuran hujan deras. Saat ini, warga yang terdampak banjir memilih mengungsi di tempat yang aman.

Sedangkan di wilayah Karangtengah, Wonogiri, tanah longsor menimpa rumah warga. Di wilayah Selogiri, terjadi longsor pada sebuah tanggul dan menyebabkan satu rumah di Desa Kepatihan roboh.

Hujan deras menyebabkan tanah longsor di sejumlah wilayah di Karanganyar, seperti Tawangmangu, Jenawi, Matesih, Jatiyoso, serta Ngargoyoso. Jalan tembus Tawangmangu-Jatiyoso sempat ditutup akibat longsornya tebing di tepi jalan selebar 10 meter di Dusun Tapan, Desa Sepanjang, Tawangmangu.

Bencana alam yang terjadi di wilayah Soloraya membuat warganet prihatin. Sejumlah netizen tampak bersimpati dengan korban bencana alam tersebut. Mereka berdoa semoga banjir segera surut sehingga keadaan kembali aman. Doa tersebut disampaikan di berbagai media sosial, khususnya Facebook dan Instagram.

"Semoga sehat selalu semuanya," komentar Prasetyawan Adi Saputra.

"Semoga cepat surut airnya dan tetap waspada. Semoga aman terkendali," imbuh Topek.

"Turut prihatin. Semoga kita semua dikuatkan dan diberikan ketabahan," lanjut Rangga Yudha Wahyuningpraja.

"Masyaallah, semoga tidak tambah hujan lagi ya Allah. Lindungilah saudara-saudara di manapun berada, amin," lanjut Rafi Farras Jasira.

"Ya Allah, permudahkan segala urusannya saudaraku yang terkena musibah," imbuh Tri Tekita Tritekita.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten