Prasangka dan Sentimen Pendorong Kerusuhan Massal di Kawasan Multietnis

Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022), tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen.

 Kerusuhan terjadi di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (4/7/2022). (@Merapi_Uncover)

SOLOPOS.COM - Kerusuhan terjadi di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (4/7/2022). (@Merapi_Uncover)

Solopos.com, JOGJA — Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022),  tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen. Kerusuhan merupakan buntut kericuhan yang mengakibatkan perusakan tempat hiburan pada Sabtu (2/7/2022) dini hari yang kemudian dibumbui sentimen etnis.

Pakar sosiologi dan kriminalitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Soeprapto, mengatakan kawasan Babarsari dan Seturan memang tempat tinggal penduduk dari berbagai latar belakang. Mereka adalah penduduk kelahiran Jogja dan warga yang berasal dari Indonesia Barat, Indonesia Tengah, maupun Indonesia Timur.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Kondisi heterogen ini membuat kawasan ini menjadi rawan konflik, baik konflik antarindividu maupun kelompok. Konflik yang berawal konflik individu bisa berkembang ke konflik kelompok dengan alasan solidaritas kelompok, suku, agama, ras, maupun asal daerah,” ujar dia kepada Harian Jogja (bagian Solopos Media Group), Senin (4/7/2022). Duduk perkara bisa dipahami di Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis.

Rencana menghubungkan kawasan Soloraya atau aglomerasi Soloraya melalui sarana transportasi umum bus mengemuka sejak beberapa tahun lalu. Secara makro keterhubungan kawasan aglomerasi Soloraya dengan sarana transportasi umum darat—jalan rel dan jalan raya—menunjukkan kemajuan, walau lambat.

Layanan kereta rel listrik Solo-Jogja telah diperluas hingga kawasan Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Layanan transportasi jalan rel ini berarti telah menghubungkan Kabupaten Karanganyar, Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Koneksi kereta rel listrik Solo-Jogja dengan kereta api yang menghubungkan Stasiun Balapan Solo dan Bandara Adi Soemarmo berarti menghubungkan Kota Solo dengan Kabupaten Boyolali. Ulasan lengkap bisa dibaca di Laju Lambat Transportasi Umum Aglomerasi Soloraya.

Sebagai herbivora, makanan asli tuntong yang berjuluk si jidat merah adalah buah dan sayuran. Reptil ini kedapatan makan plastik karena parahnya tingkat pencemaran laut di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat kedua negara penghasil sampah laut di dunia setelah China.

Penanganan sampah laut belakangan menjadi agenda global seiring dengan meningkatnya kesadaran akan besarnya dan dampak salah urus sampah, khususnya plastik. Berdasar laporan Science Direct, 15 juta ton plastik diperkirakan masuk ke laut setiap tahun. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Limbah Plastik Jadi Ancaman Serius Si Jidat Merah dari Kepunahan.

Abad modern memang tak pernah mencatat aktivitas vulkanik Gunung Ungaran, namun berdasarkan penelitian, gunung setinggi 2.050 mdpl tersebut pernah meletus dahsyat hingga menghancurkan dua per tiga tubuhnya sendiri. Bagian puncak Gunung Ungaran yang terlihat saat ini hanyalah sepertiga bagian dari Gunung Ungaran berapi purba.

Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali. Keaktifan Gunungapi Ungaran berdasarkan keberadaan sumber mata air panas di kakinya. Sumber mata air panas mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi jauh di bawah permukaan tanah. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Tidur Lama, Letusan Gunung Ungaran Pernah Hancurkan Tubuh Sendiri.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Daerah Ini Warganya Sering Bersepeda Motor Tanpa Helm

      Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Raydian Kokrosono, Rabu (10/8/2022), mengatakan sejak Juli 2022 hingga 8 Agustus 2022 polisi menilang 208 pengendara tidak menggunakan helm.

      Pengacara: Brigadir J Dihabisi karena Bocorkan Rahasia Ferdy Sambo

      Salah satu pengacara, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan Brigadir J dihabisi karena memegang rahasia Ferdy Sambo dan sempat membocorkannya.

      TKP Kasus Kematian Brigadir J Bertambah 1, Rumah Pribadi Ferdy Sambo

      Ketiga TKP tersebut merupakan rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

      Laku Karya Mahasiswa ISI Solo Masuk 10 Besar Film Pendek Kartu Prakerja

      Film Laku karya mahasiswa ISI berhasil masuk 10 besar finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja.

      Beri Informasi Salah, Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan Dibela Atasan

      Belakangan pernyataan Ahmad Ramadhan itu dibantah Kapolri yang memastikan tidak ada baku tembak di rumah dinas Ferdy Sambo.

      Nadiem Makarim Apresiasi Pengguna Platform Teknologi Kemendikbudristek

      Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna platform teknologi yang telah diluncurkan Kemendikbudristek.

      Ketika LPSK Dibuat Gemas oleh Perilaku Istri Ferdy Sambo

      Meski meminta perlindungan, Putri Candrawathi justru kurang kooperatif dalam memberikan keterangan kepada LPSK.

      Daftar ke KPU, Ini Harapan Koalisi Indonesia Bersatu atas Pemilu 2024

      Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki harapan atas Pemilu 2024 mendatang. 

      Pimpin Golkar Daftar ke KPU, Airlangga: Golkar 10 Kali Ikut Pemilu

      Partai Golkar mendaftar ke KPU bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

      Pengacara: Ada Alasan Kuat Ferdy Sambo Perintahkan Bunuh Brigadir J

      Penasihat hukum keluarga menyebut ada alasan kuat di balik dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang diperintahkan Ferdy Sambo.

      Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Bakal Dipecat Polri?

      Apakah nasib Ferdy Sambo yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J bakal dipecat dari Polri?

      Sosok Ferdy Sambo: Kepala Keluarga yang Bertanggung Jawab

      Penasihat hukum keluarga menyebut Ferdy Sambo merupakan sosok kepala keluarga yang bertanggung jawab.

      Muncul ke Publik, Ini Makna Ekspresi Putri Istri Ferdy Sambo

      Pakar mikro ekspresi melihat raut wajah kesedihan saat istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, muncul ke publik.

      13 Proyek Strategis Nasional Baru dan Ancaman Kerusakan Lingkungan

      Pemerintah merilis 13 proyek strategis nasional (PSN) baru. Praktik realisasi PSN sering mengabaikan aspek lingkungan hidup dan kepentingan warga terdampak atas ruang hidup yang nyaman.

      Makna Ekspresi Kapolri Umumkan Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan

      Inilah makna ekspresi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengumumkan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J.