Prasangka dan Sentimen Pendorong Kerusuhan Massal di Kawasan Multietnis

Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022), tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen.

 Kerusuhan terjadi di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (4/7/2022). (@Merapi_Uncover)

SOLOPOS.COM - Kerusuhan terjadi di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (4/7/2022). (@Merapi_Uncover)

Solopos.com, JOGJA — Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022),  tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen. Kerusuhan merupakan buntut kericuhan yang mengakibatkan perusakan tempat hiburan pada Sabtu (2/7/2022) dini hari yang kemudian dibumbui sentimen etnis.

Pakar sosiologi dan kriminalitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Soeprapto, mengatakan kawasan Babarsari dan Seturan memang tempat tinggal penduduk dari berbagai latar belakang. Mereka adalah penduduk kelahiran Jogja dan warga yang berasal dari Indonesia Barat, Indonesia Tengah, maupun Indonesia Timur.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Kondisi heterogen ini membuat kawasan ini menjadi rawan konflik, baik konflik antarindividu maupun kelompok. Konflik yang berawal konflik individu bisa berkembang ke konflik kelompok dengan alasan solidaritas kelompok, suku, agama, ras, maupun asal daerah,” ujar dia kepada Harian Jogja (bagian Solopos Media Group), Senin (4/7/2022). Duduk perkara bisa dipahami di Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis.

Rencana menghubungkan kawasan Soloraya atau aglomerasi Soloraya melalui sarana transportasi umum bus mengemuka sejak beberapa tahun lalu. Secara makro keterhubungan kawasan aglomerasi Soloraya dengan sarana transportasi umum darat—jalan rel dan jalan raya—menunjukkan kemajuan, walau lambat.

Layanan kereta rel listrik Solo-Jogja telah diperluas hingga kawasan Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Layanan transportasi jalan rel ini berarti telah menghubungkan Kabupaten Karanganyar, Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Koneksi kereta rel listrik Solo-Jogja dengan kereta api yang menghubungkan Stasiun Balapan Solo dan Bandara Adi Soemarmo berarti menghubungkan Kota Solo dengan Kabupaten Boyolali. Ulasan lengkap bisa dibaca di Laju Lambat Transportasi Umum Aglomerasi Soloraya.

Sebagai herbivora, makanan asli tuntong yang berjuluk si jidat merah adalah buah dan sayuran. Reptil ini kedapatan makan plastik karena parahnya tingkat pencemaran laut di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat kedua negara penghasil sampah laut di dunia setelah China.

Penanganan sampah laut belakangan menjadi agenda global seiring dengan meningkatnya kesadaran akan besarnya dan dampak salah urus sampah, khususnya plastik. Berdasar laporan Science Direct, 15 juta ton plastik diperkirakan masuk ke laut setiap tahun. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Limbah Plastik Jadi Ancaman Serius Si Jidat Merah dari Kepunahan.

Abad modern memang tak pernah mencatat aktivitas vulkanik Gunung Ungaran, namun berdasarkan penelitian, gunung setinggi 2.050 mdpl tersebut pernah meletus dahsyat hingga menghancurkan dua per tiga tubuhnya sendiri. Bagian puncak Gunung Ungaran yang terlihat saat ini hanyalah sepertiga bagian dari Gunung Ungaran berapi purba.

Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali. Keaktifan Gunungapi Ungaran berdasarkan keberadaan sumber mata air panas di kakinya. Sumber mata air panas mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi jauh di bawah permukaan tanah. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Tidur Lama, Letusan Gunung Ungaran Pernah Hancurkan Tubuh Sendiri.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      Pengacara Terima 5 Kuasa Baru untuk Jerat Ferdy Sambo dan Istri

      Surat kuasa hukum baru itu untuk melaporkan Irjen Pol Ferdi Sambo dan istrinya, Putri Chandrawathi.

      Menteri Agama: Kuota Haji 2023 akan Bertambah

      Kuota jemaah haji untuk musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi diprediksi akan bertambah.

      Pengamat: Pidato Puan Maharani Ingatkan Seruan Bung Karno 17 Agustus 1959

      Hal lain yang dicatat oleh Airlangga adalah Puan Maharani menyatakan Indonesia ke depan harus muncul sebagai kekuatan ekonomi yang bersendikan pada kekuatan Indonesia sebagai negara industri.

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Dugaan Korupsi Surya Darmadi Rp78 Triliun, KPK: Tak Ada Rebutan Perkara

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak ada rebutan perkara dalam mengusut kasus bos PT Duta Palma/Darmex Group, Surya Darmadi.

      Kapal Pengangkut BBM Terbakar, 1 Orang Meninggal

      Kebakaran kapal pengangkut BBM itu mengakibatkan seorang karyawan meninggal dunia.

      Wow! Bayi Panda Ini Terberat di Dunia

      Seekor bayi panda raksasa berjenis kelamin betina berbobot 270,4 gram menjadi bayi panda penangkaran dengan bobot terberat di dunia yang pernah tercatat.

      Diduga Rekayasa Kematian Brigadir J, Eks Penasihat Kapolri Masih Saksi

      Mantan penasihat ahli Kapolri, Fahmi Alamsyah, diduga kuat membantu Ferdy Sambo membuat skenario pembunuhan Brigadir Brigadir J sebagai baku tembak saat ini masih berstatus sebagai saksi.

      Polisi Hati-hati Usut Kasus Dugaan Pencabulan Santri di Ponpes Bandung

      Polisi sedang mengusut kasus pencabulan yang diduga dilakukan seorang pimpinan ponpes terhadap santri di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

      Polisi akan Buka Hasil Pemeriksaan Istri Ferdy Sambo Besok

      Timsus Polri telah memeriksa istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi dan akan menyampaikan hasilnya besok, Jumat (19/8/2022).

      Kapuspen Ungkap Jenderal Bintang Satu Penembak Kucing di Sesko TNI

      Kapuspen TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa, mengungkap pelaku yang menembak beberapa ekor kucing di Sekolah Komando (Sesko) TNI Bandung, Jawa Barat.

      Dari Gobog Majapahit hingga Rupiah, Lini Masa Mata Uang Indonesia

      ada abad ke-14, Kerajaan Majapahit sudah memiliki mata uang sendiri bernama Gobog yang terbuat dari tembaga. Pada masa kolonial, Indonesia mengalami beberapa kali pergantian mata uang. Hingga akhirnya pemerintah meluncurkan rupiah sebagai mata uang resmi beberapa tahun setelah era kemerdekaan.

      Elon Musk Batal Beli Twitter, Dilandasi Sejumlah Alasan

      Rencana pengambilalihan Twitter Elon Musk dimulai pada Januari 2022 dan berlanjut ke rencana membeli . Namun Elon Musk akhirnya batal beli Twitter.

      Fadil Imran Trending, Pakar Hukum M Taufiq: Dia Layak Dicopot!

      Ahli hukum pidana asal Kota Solo, Muhammad Taufiq sependapat bahwa Fadil Imran layak dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya.

      Saksi Kunci, Istri Ferdy Sambo Sudah Diperiksa Polisi

      Kadiv Humas Polri mengatakan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

      Kesehatan Menurun, Kejagung Tunda Pemeriksaan Surya Darmadi Hari Ini

      Kejagung menunda pemeriksaan tersangka dugaan kasus korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, karena kondisi kesehatannya menurun.