SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BLOEMFONTEIN–Nyawa Prancis dan tuan rumah Afrika Selatan (Afsel) untuk bisa lolos dari penyisihan Grup A, kini benar-benar berada di ujung tanduk dan praktis tergantung kepada Uruguay serta Meksiko.

Jika kedua tim asal Benua Amerika itu bermain mata dengan hanya mencari angka seri, otomatis Prancis dan Afsel harus gigit jari dan terkubur di penyisihan grup Piala Dunia (PD) 2010. Namun di Piala Dunia semua bisa terjadi, dan tentu saja Afsel serta Prancis masih menggantungkan asa mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menjelang duel maha krusial antara Prancis versus Afsel, perpecahan justru menghantam Tim Ayam Jantan (julukan Prancis) yang ditangani pelatih Raymond Domenech. Harapan Prancis memenangi laga terakhir kini menjadi kian samar, ketika striker Nicolas Anelka dipulangkan dari kam latihan, menyusul klaim kapten Patrice Evra ada pengkhianat di skuat tersebut.

Peluang Prancis lolos tetap ada, namun moral skuat Domenech kini terlanjur hancur setelah para pemain melakukan boikot latihan, akhir pekan lalu, sebagai aksi mendukung Anelka yang dipecat karena menolak meminta maaf atas perselisihannya dengan Domenech di babak pertama setelah diganti saat Prancis dikalahkan Meksiko.

“Permasalahannya bukan terletak pada Anelka, namun ada pengkhianatan di antara kami. Kami harus menyingkirkan pengkhianat tersebut dari skuat, karena dia ingin melukai tim,” kata Evra, Minggu (20/6). Bek kiri Manchester United ini mengakui, Les Bleus hanya akan bertanding untuk harga diri pada Selasa (22/6).

Domenech, yang dipastikan akan diganti oleh Laurent Blanc setelah Piala Dunia ini, dihadapkan persoalan mandulnya lini depan Prancis selama dua pertandingan pertama. Mereka kini berada di peringkat tiga Grup A dengan nilai satu, dan hanya menang selisih gol dari peringkat dasar, Afsel.

“Sekarang kualifikasi tergantung pada kami sendiri dan keajaiban itu juga akan datang dari tangan kami. Kami punya satu pertandingan untuk dimainkan, dan setidaknya itu akan menunjukkan bahwa kami masih punya harga diri,” tegas Domenech.

Di pihak lawan, moralitas di kam Afsel juga sedang turun drastis. Bafana Bafana kini sedang di ambang rekor sebagai tuan rumah pertama yang gagal lolos dari penyisihan grup Piala Dunia. Defender Matthew Booth menyatakan kondisi yang dialami Afsel saat ini sungguh tak menyenangkan.

“Sangat tak nyaman ketika menjalani pertandingan dan harus tergantung kepada hasil dari pertandingan lawan lainnya untuk membantu Anda. Ini bukanlah skenario yang sempurna, tapi itu bersejarah dan kami harus keluar dari sana serta memastikan kami menang, berapa pun gol yang kami cetak,” kata Booth.

Prakiraan susunan pemain
Prancis 4-2-3-1: Lloris, Sagna, Gallas, Abidal, Evra, Diarra, Gourcoff, Malouda, Ribery, Diaby, Henry

Afsel 4-4-2
: Josephs, Gaxa, Mokoena, Khumalo, Masilela, Tshabala, Dikgacoi, Modise, Pienaar, Letsholonyane, Mphela

JIBI/SOLOPOS/who

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya