PRAMUKA SOLO : Rudy Dilantik Jadi Ketua Mabicab Solo
F.X. Hadi Rudyatmo (JIBI/Solopos/Dok)

Pramuka Solo mendapat pengurus baru. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dilantik jadi Ketua Mabicab Solo.

Solopos.com, SOLO - Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Prof. Dr. S. Budi Prayitno, melantik Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (Mabicab) untuk periode 2015-2020 di Bale Tawangarum Balai Kota Solo, Sabtu (28/3/2015).

Tiba-tiba Rudy menyampaikan niatnya untuk menyerahkan posisi ketua Mabicab kepada pejabat pelaksana tugas (plt).

“Sebentar lagi posisi Ketua Mabicab ini akan diserahkan kepada plt. Kendati demikian, saya siap membantu untuk kemajuan gerakan pramuka Kota Solo. Pramuka menjadi bagian dari hidup saya. 28 Juli mendatang, jabatan saya sebagai Wali Kota Solo berakhir. Otomatis plt Wali Kota yang akan melanjutkan,” kata Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo dalam pidatonya.

Rudy dilantik sebagai Ketua Mabicab Kota Solo bersama struktur di bawahnya yang terdiri atas wakil ketua, sekretaris, dan pengurus lainnya. Sebagian besar pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menjadi pengurus Mabicab.

Ketua Mabicab merupakan ex officio kepala daerah. Demikian pula posisi wakil ketua I merupakan ex officio Ketua DPRD Solo, wakil ketua II dijabat Kapolresta Solo dan seterusnya.

Terpisah, Ketua Kwarda Jateng, S. Budi Prayitno, menyampaikan proyeksi generasi Indonesia Emas 2045. Dia berharap para generasi muda yang kini berumur 12-20 tahun akan menggantikan para pemimpin Indonesia di 2045.

“NKRI harga mati itu bukan hanya milik TNI tetapi juga milik pramuka. Atas dasar itu pendidikan pramuka tidak bisa dimulai dari tengah tetapi sejak dini. April besok akan ada penayangan film kepramukaan. Dalam film itu dikisahkan tentang anak teladan. Ketika ditanya siapa yang salah biasanya banyak alasan tetapi dalam film itu ada anggota pramuka yang mengakui kesalahan,” kata Budi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho