SOLOPOS.COM - Waka Organisasi dan Hukum (Orhum) Kwarda Jawa Tengah, FX. Heru Djatmiko, menaburkan bunga di pusara mantan Presiden Soeharto di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar, Sabtu (6/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61,  Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang Karanganyar berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto, di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar, Sabtu (6/8/2022).

Ziarah dilaksanakan sebagai bentuk mengenang jasa Soeharto dan Tien Soeharto sebagai tokoh Pramuka yang telah memajukan gerakan Pramuka salah satunya pembangunan bumi perkemahan Taman Raya Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Soeharto pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rombongan dipimpin oleh Waka Organisasi dan Hukum (Orhum) Kwarda Jateng, FX. Heru Djatmiko didampingi Waka Humas Kwarcab Karanganyar, Agam Bintoro; Waka Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Edy Yusworo, pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Matesih, serta pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Karanganyar.

Heru menyampaikan ziarah ini tidak sekadar formalitas, namun sebagai bentuk penghormatan kepada kedua tokoh yang berperan dalam memajukan gerakan Pramuka.

Baca Juga: 354 Pramuka Garuda Karanganyar Dilantik, 16 Dilepas Ke Cibubur

“Saya berharap anggota Pramuka tidak hanya mengenang jasa tokoh Pramuka Kak Soeharto dan Kak Tien Soeharto. Tetapi juga harus bisa menerapkan semangat mereka, terlebih di Bulan Bakti Pramuka pada Agustus 2022 ini,” ujarnya dalam rilis yan diterima Solopos.com, Selasa (9/8/2022).

Sementara itu, pada Senin (8/8/202),  sebanyak 354 anggota Pramuka Garuda dilantik Kwarcab Karanganyar di Graha PGRI. Sementara 16 anggota Pramuka Garuda di antaranya dilepas untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Cibubur pada 11-24 Agustus 2022 mendatang.

Pelantikan dan pelepasan kontingan Jamnas dilakukan langsung Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka sekaligus Bupati Karanganyar Juliyatmono. Kegiatan ini juga dihadiri para pengurus Kwarcab dan wali Pramuka Garuda.

Ketua Kwarcab Karanganyar, Kurniadi Maulato, mengatakan Pramuka Garuda merupakan tingkatan kecakapan level tertinggi. Mereka telah melalui seluruh ujian kecakapan.

Baca Juga: Keren! 44 Pembina Pramuka Boyolali Peroleh Lencana Pancawarsa

“Di tahun ini kita melantik 354 anggota Pramuka Garuda tingkat penggalang. Selain melantik mereka juga ada 16 anggota Pramuka kita lepas mengikuti Jamnas di Cibubur,” kata dia di sela pelantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya