SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi Pramekers (dok)

 Solo (Solopos.com)--Kalangan penglaju Jogja-Solo yang sebelumnya berlangganan Prameks mulai berencana mengalihkan rutinitas moda transportasi kereta api (KA) ke moda lain.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Hal ini menyikapi perubahan jadwal KA Prameks yang dinilai kurang bersahabat dengan jam kerja kantor. Ketua Komunitas Penglaju Jogja-Solo (KPJ), Henry Setiawan, menyampaikan ada beberapa pelanggan yang mulai merencanakan ganti moda. Baik melalui angkutan bus, angkutan pribadi, atau kendaraan darat lain selain kereta api.

“Ya, kalau ternyata jadwal perjalanannya tidak pas dengan jam kerja, terutama yang pagi, pastinya banyak pelanggan yang cari alternatif angkutan lain. Padahal selama ini kami pelanggan Prameks naik kereta api juga membawa misi go green,” kata Henry kepada Solopos.com, Selasa (22/11/2011).

Dua jadwal perjalanan pertama Prameks dari Jogja menuju Solo, menjadi jadwal yang saat ini masih dipersoalkan pelanggan. Jadwal pertama bergeser menjadi lebih pagi yakni dari 05.30 WIB menjadi 05.15 WIB, sementara perjalanan kedua bukannya mengikuti tetapi justru menjadi semakin siang, dari pukul 06.35 WIB menjadi 06.45 WIB. “Selain mencari alternatif moda lain, banyak pelanggan yang nanti akan memilih untuk berangkat pada perjalanan pertama. Di situ, saya prediksi akan ada penumpukan penumpang pagi, terutama yang dari Jogja. Menurut saya, PT KA membuat jadwal baru tanpa mempertimbangkan peta pelanggan, atau pemetaan jam kerja pelanggan,” paparnya.

Sementara itu, Pejabat Humas PT KA Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, menyampaikan pihaknya tidak khawatir pelanggan Prameks akan berkurang. “Perubahan jadwal ini juga nantinya akan diikuti dengan diturunkannya kereta-kereta baru untuk rute baru.”

(haw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya