SOLOPOS.COM - Ilustrasi mendung di Keraton Solo (Agoes Rudianto/JIBI/Solopos)

Prakiraan cuaca hujan lebat mengguyur Indonesia hingga Senin 20 Juni 2016.

Solopos.com, SOLO – Badan Meteorologi Keikliman dan Geofisikan (BMKG) mengumumkan potensi hujan lebat mengguyur Indonesia selama tiga hari ke depan hingga Senin (20/6/2016). Untuk itu masyarakat diminta selalu waspada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (18/6/2016) Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto mengatakan dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat.

Beberapa indikasi tersebut seperti suhu muka laut di perairan Indonesia bagian barat masih hangat di atas normal, masuknya aliran massa udara basah dari Samudra Hindia di maritim kontinen Indonesia, hingga lemahnya aliran massa udara dingin dari Australia di wilayah Indonesia.

“Hal tersebut diprediksi memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan. Selain itu dengan adanya daerah perlambatan pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatra dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang,” papar Yunus.

Ia juga mengimbau supaya masyarakat meningkatkan kewaspadaan pada ptensi bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir bandang, tanah longsor, banjir genangan, hingga pohon tumbang.

Sementara bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatra, Jawa Tengah, hingga Bali dan NTT.

Berikut ini adalah wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat hingga tiga hari ke depan.

Pulau Sumatra
Meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Pulau Jawa
Meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur.

Pulau Kalimantan
Meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Papua dan Maluku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya