SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogja memprakirakan musim kemarau selama Ramadhan hingga Lebaran masih berpotensi hujan yang disebabkan gangguan cuaca jangka pendek.

“Meskipun justru akan mendekati puncak kemarau yang jatuh pada Agustus, saat ini masih terus berpotensi terjadi hujan akibat gangguan cuaca jangka pendek,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jogja Tony Agus Wijaya, Jumat (5/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Potensi hujan tersebut, menurut dia, diperkirakan rata-rata akan terjadi pada sore serta malam hari dengan intsitas ringan hingga sedang.

“Hujan turun pada sore atau malam hari, seperti hujan yang terjadi tiga minggu yang lalu di Jogja yang disebabkan gangguan jangka pendek berupa tekanan udara rendah samudra hindia,” kata dia.

Menurut dia gangguan cuaca jangka pendek yang mengakibatkan anomali (penyimpangan) cuaca dipengaruhi fenomena pemanasan global. Pemanasan global berdampak gangguan cuaca di seluruh dunia.

Anomali cuaca tersebut, menurut dia, juga harus diantisipasi oleh kalangan masyarakat yang memiliki ketergantungan dengan kepastian musim.

“Khususnya bagi pemudik agar tidak lupa membawa perlengkapan pelindung hujan, meskipun kelihatannya hari tersebut panas,” kata dia.

Sementara itu, ia menambahkan, pada Oktober 2014, setelah gangguan cuaca jangka pendek, kondisi kemarau diperkirakan akan terdampak fenomena El Nino.

Fenomena El Nino tersebut akan mengurangi curah hujan hingga 15 persen sehingga akan membuat kemarau tahun ini lebih kering jika dibandingkan kemarau 2013.

“El Nino yang akan terjadi tersebut masih tergolong El Nino lemah, tidak sekuat El Nino pada 1997 yang mampu mengurangi curah hujan hingga 50 persen lebih,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya