SOLOPOS.COM - ilustrasi

Prakiran cuaca Jogja bulan lalu suhunya tertinggi selama 10 tahun terakhir.

Harianjogja.com, JOGJA – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mencatat suhu rata-rata Februari 2016 mencapai 33,4 derajat celsius. Suhu itu merupakan suhu tertinggi dari 10 tahun terakhir. Koordinator Operasional Stasiun Klimatologi BMKG DIY Joko Budiono mengatakan terjadi peningkatan suhu sekitar 0,04 derajat celsius pertahun sejak 2007 hingga 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun selisihnya sangat kecil, namun kenyataan itu menjadi bukti kuat adanya anomali dalam iklim dunia. Joko memperkirakan pemanasan global menjadi penyebab utama terjadinya tren peningkatan suhu tahunan dan rekor suhu tertinggi di bulan Februari 2016.

“Penyebab utamanya nya adalah global warming,” ungkap Joko.

Master mengungkapkan hal senada. Menurutnya hasil penelitian NASA merupakan sebuah kejutan karena Februari di belahan bumi utara masih berada pada musim semi dan bukan puncak musim panas.

“Kenaikan suhu global dalam jangka panjang diakibatkan oleh efek rumah kaca yang dihasilkan manusia,” ungkap dia.

Fenomena Februari yang panas ini rupanya belum pernah terjadi sebelumnya. Lembaga Penelitian Dampak Iklim Postdam, Stefan Rahmstorf mengatakan tingginya suhu di Februari belum pernah terjadi sebelumnya. Kondisi ini pun dinilainya sebagai sebuah kondisi darurat.

“Kita berada dalam sitausi darurat iklim saat ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya