Prajurit di Papua Membelot ke KKB, Ada Persoalan Serius di TNI AD

Kasus prajurit TNI, Pratu Lukius Y Matuan, yang membelot ke KKB Papua membongkar persoalan serius di tubuh TNI AD.

Prajurit di Papua Membelot ke KKB, Ada Persoalan Serius di TNI AD

SOLOPOS.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan pers seusai upacara Wisuda Purnawira Pati TNI Angkatan Darat di Akademi Militer Magelang, Senin (11/11/2019). (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, JAKARTA -- Salah satu prajurit TNI AD dari Batalyon Infanteri Raider 400 yang ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Pratu Lukius Y Matuan, membelot ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Sabinus Waker. Pengkhinatan Lukius membuka persoalan serius di tubuh TNI AD yang jarang terekspose.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, mengakui setiap tahun banyak prajurit TNI yang meninggalkan dinas. Kasus Lukius yang kabur dan bergabung dengan kelompok KKB di Papua bukanlah  kasus pertama prajurit membelot dari TNI.

"Jadi, sebetulnya kasus ini bukan hanya terjadi kali ini. Walau tidak sama persis tapi prajurit yang lari atau meninggalkan dinas dan tidak kembali lagi itu cukup sering. Jadi saya juga tidak ingin misal mengambil kesimpulan kasar bahwa ini ada hubungan dengan putra daerah sama sekali tidak. Saya terbuka, enggak bohong. Setiap tahun begitu banyak," kata Andika di Mapomdam Jaya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (20/4/2021).

Andika mengungkap motif sejumlah prajurit membelot dari TNI. Salah satunya terkait persoalan utang.

Baca Juga: 10 Bulan Jaga Perbatasan Indonesia-Papua Nugini, 450 Prajurit Satgas Yonif 413/Bremoro Sukoharjo Pulang

"Motivasi beda-beda ada yang karena utang, ada yang karena mungkin merasa tidak cocok, ada yang mungkin karena masalah susila, macam-macam itu begitu, banyak. Dan itu dilakukan oleh prajurit dengan latar belakang maupun etnis yang beda-beda. Kami tidak akan ambil kesimpulan bahwa ini ada hubungan dengan putra daerah," kata Andika.

Pimpinan Terdampak

Andika menegaskan prajurit yang melakukan tindak pidana bakal ditindak. Tak hanya prajurit tersebut, evaluasi juga bakal dilakukan di tingkat kepemimpinan.

"Mereka yang lakukan tindak pidana harus tanggung jawab saat bersamaan kita juga briefing ke masyarakat para komandan satuan dan ini termasuk penilaian. Ini yang kami lakukan. Kita tidak hanya lihat individu yang pidana, tetapi gimana leadership atau kepemimpinan di atasnya. Kalau dia seorang prajurit atau di mana komandan pletonnya, bagaimana kompinya, apa yang sudah dilakukan. Ini semua memiliki konsekuensi bukan hanya ke yang bersangkutan tapi terhadap rantai komando di atasnya kita akan serius sehingga mereka bisa lebih teliti lagi," ujar Andika.

Kasus prajurit membelot dari TNI itu ramai diperbincangkan setelah Pratu Lukius Y Matuan, bergabung ke KKB Papua pimpinan Sabinus Waker. Dia kini dicap pengkhianat.

Baca Juga: Prajurit TNI Sragen Meninggal Karena Covid-19 Diabadikan Jadi Nama Jalan

Pratu Lukius tergabung bersama Yonif Raider 400 dan sempat ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021. Namun kini dia sudah dianggap sebagai pengkhianat dan masuk daftar anggota KKB di Intan Jaya.

"Memang benar saat ini Pratu Lukius, yang sebelumnya tergabung dalam Yonif Raider 400, bergabung dengan KKB," ujar Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen, Suswatyo, seperti dilansir Antara, Sabtu (17/4/2021).

Perbaiki Pendidikan Prajurit

Sementara itu, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai ,Gerindra Yan Permenas Mandenas, meminta pendidikan prajurit diperbaiki.

"Saya pikir doktrinnya harus diperbaiki, sejak mereka itu direkrut masuk pendidikan sampai mereka selesai benar-benar ditanamkan kepada mereka sehingga mereka merah putih dan tidak melakukan aktivitas yang tidak benar bahkan kembali lagi melakukan perlawanan terhadap institusi," kata Yan kepada wartawan.

Yan mengatakan prajurit yang membelot itu adalah oknum. Dia meminta TNI mengevaluasi pendidikan karakter TNI.

Baca Juga: 1.695 Prajurit TNI Divaksin Covid-19 akan Ditugaskan Jadi Tracer

"Yang jelas para pelaku ini adalah oknum, jadi kalau ke depan kita bisa melakukan evaluasi untuk memperbaiki manajemen sistem dari TNI dan Polri apa yang dilakukan oleh oknum tertentu maka kita harus tangkap pelakunya kemudian pelaku itu harus diselidiki secara baik atau dicari tahu motifnya apa setelah tahu motifnya kemudian dikaji bagaimana mencari format untuk membangun karakter dari aparat TNI dan Polri," kata dia.

Lebih lanjut, Yan juga menanggapi keputusan Pratu Lukius Y Matuan membelot dari TNI dan bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Yan berharap Pratu Lukius segera ditangkap.

"Pratu Lukius ini segera ditangkap dulu dalam waktu yang tidak terlalu lama, interogasi dia atau diselidiki motifnya, orientasinya ke mana. Dan ini saya pikir kembali kepada pemerintah pusat, minta kepada Menteri Keuangan mengatur soal tunjangan operasi di daerah terpencil seperti di Papua, operasi di wilayah perbatasan dan juga lauk-pauk," katanya.

"Uang lauk-pauk di aparat TNI di Papua itu sekitar Rp 70 ribu itu kita minta dinaikkan, minimal Rp 200 ribu per hari untuk makan-minumnya anggota, karena air minum di Puncak Jaya satu botol 600 ml itu Rp 50 ribu, jadi kasihan kalau aparat TNI tidak di-backup dengan tunjangan yang cukup, uang lauk-pauk untuk makanan sehari-hari kalau mereka melakukan kegiatan yang aneh-aneh ya kita mau salahkan juga serbasalah juga," jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kunut Ada di Soal Tes ASN KPK, Muhammadiyah: Untuk Mengukur Apa?

Dadang mengatakan bacaan kunut dalam salat adalah salah satu praktik yang beragam dalam ajaran Islam.

Tetap Ingin Mudik? Baca Dulu Sanksinya Menurut Satgas Covid-19

Wiku menjelaskan penyedia jasa transportasi yang tetap nekat mengangkut pemudik, kendaraannya akan disita oleh polisi sampai periode larangan mudik selesai, yakni 17 Mei 2021.

Tok! Pemerintah Larang Mudik Lokal, Termasuk di Solo Raya

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan untuk memecah kebingungan masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi, pemerintah melarang apa pun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi.

Tol Cikarang Utama Macet 4 Km, Penyekatan Larangan Mudik Dibuka

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan kemacetan di Cikarang Utama mencapai 4 kilometer. Dia belum bisa memastikan sampai kapan penyekatan akan ditutup.

Rusdi Sebut Kekaisaran Sunda Nusantara Dipimpin Alex Ahmad Hadi Ngala, Pusatnya di Depok

Rusdi Karepesina menyebut pemimpin Kekaisaran Sunda Nusantara adalah Panglima Majelis Agung Archipelago yang bernama Alex Ahmad Hadi Ngala.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani nota kesepahaman dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Afghanistan,

Dinas Pertanian Banjarnegara Bagikan 300 Paket Sembako

Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berbagi paket sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Merasa Sia-Sia, Anggota DPR Usul Komisi VII DPR Dibubarkan

Roro mengatakan Komisi VII akan sulit jika hanya bermitra dengan Kementerian ESDM.

Kepemilikan Senjata di Papua Barat Tinggi, Ternyata Senpi Sering Jadi Mahar Perkawinan

Irjen Tornagogo mengatakan selama ini senjata api yang disita di wilayah hukumnya berasal dari luar Papua Barat dengan tujuan untuk mahar perkawinan.

Ribuan Orang Telanjur Mudik, Negara Bisa Apa?

“Enggak apa-apa hari ini kita lelah, kita dianggap cerewet, daripada korban Covid-19 berderet."

Mudik Dilarang, Buruh Protes Bus Karyawan Tertahan di Penyekatan Tol Cikarang

Para penumpang bus protes meminta diizinkan melintas lantaran mereka masuk ke tempat kerja bukan mudik.

Heboh, Truk Sayuran Angkut Pemudik Terjaring Razia di Cikampek

Berdasar foto yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro terlihat lima penumpang atau calon pemudik terjaring operasi. Mereka terlihat diperiksa anggota polisi seusai terpergok bersembunyi di antara tumpukan sayuran.

Tak Perlu Lagi Izin Dewas Lakukan Penyadapan, KPK Sambut Baik Putusan MK

KPK sambut baik putusan MK yang menyebut tak perlu lagi izin Dewan Pengawas untuk penyadapan dan penggeledahan.

Positif Covid-19, Mahasiswa Semarang Lolos Naik Pesawat ke Pangkalan Bun

Seorang mahasiswa di Semarang lolos naik pesawat ke Pangkalan Bun padahal hasil swab test PCR Covid-19 nya positif.

8,6 Juta Pelaku UMKM Sudah Peroleh Bantuan dari Pemerintah

Pemerintah telah menyalurkan 8,6 juta bantuan untuk pelaku UMKM atau sebanyak Rp10,4 triliun, sekitar 88 persen dari target.

Terkait Kekaisan Sunda Nusantara, PKS Minta Polisi Lakukan Pendekatan Literasi dan Dialog

PKS meminta polisi melakukan pendekatan literasi dan dialog dalam menangani kasus Kekaisaran Sunda Nusantara.

Solopos Hari Ini: Awasi yang Telanjur Mudik

Koran Solopos edisi Kamis (6/5/2021) mengulas tentang awasi yang telanjur mudik. ribuan orang telah mudik dan berpotensi meningkatkan persebaran Covid-19.,

Kemenhub Siagakan Posko Pengendalian Transportasi

Sejalan diberlakukannya periode peniadaan mudik Lebaran 2021, Kementerian Perhubungan mengoperasikan posko pengendalian transportasi.

Satgas Penanganan Covid-19: Jangan Maksa Mudik!

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyarankan agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk mudik Lebaran 2021.

Waspada, 18 Juta Orang Nekat Mudik Lebaran!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan survei masih ada sekitar 7% warga yang akan memaksakan diri mudik Lebaran 2021.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Festival Pendidikan Astra: Transformasi Pendidikan Mencapai SDGs

Pendidikan menjadi salah satu pilar pendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada 2030.

Bahaya! Negara Ini Bakal Kesulitan Vaksin Virus Corona Selama 2 Tahun

Selain India yang kehabisan anggaran untuk membeli vaksin karena lonjakan korban virus corona. Negara lain yang berpendapatan rendah kesulitan untuk memasok vaksin.

Rusdi, Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara Dikenal Baik Oleh Tetangga

Rusdi tinggal di Jl. Mayang VA Blok AH.2/3, RT 006 RW 007, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kemenko Perekonomian dan BPJS Optimalkan Program Jamsostek

Menko Airlangga mengapresiasi langkah-langkah BP Jamsostek yang telah berkolaborasi dengan pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional.

Amazing, Wanita Mali Melahirkan Bayi Kembar Sembilan di Maroko

Perempuan tersebut telah melahirkan lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki melalui operasi caesar.

Ditilang Polisi, Pengemudi Tunjukkan SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara Berpangkat Jenderal

Di kartu identitas itu tertera keterangan Imperial Army of The Empire of The Sunda Archipelago atau Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara (TKSN).

Ribuan Pemudik Jateng Datang, Memori 2020 Terulang

Ribuan pemudik masuk Jateng menjelang larangan mudik Lebaran 2021 6-17 Mei 2021.

Ditilang karena Pakai Pelat Nomor Aneh, Pengemudi Mengaku Warga Kekaisaran Sunda Nusantara

Mobil itu diberi tilang karena memiliki pelat nomor nyeleneh, SN 45 RSD warna biru.

Awas, Palsukan Dokumen Perjalanan Mudik akan Diproses Pidana

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, mengatakan akan mengawasi ketat dokumen warga yang mudik dalam pengecualian.

Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Cakupan Vaksinasi Rendah dan Lebaran Picu Kecemasan Pemerintah

Cakupan vaksinasi yang rendah dan liburan Lebaran memicu kecemasan pemerintah. Tren kenaikan kasus belakangan ini berpotensi menimbulkan ledakan menyusul masuknya sejumlah varian baru virus SARS-CoV-2 ke Indonesia.

Usman Hamid: Tes Wawasan Kebangsaan Jangan Jadi Alat untuk Singkirkan Pegawai KPK Yang Berseberangan

Sejumlah pegawai KPK termasuk Novel Baswedan dinyatakan tak lolos tes wawasan kebangsaan. Tes ini dituding jadi alat untuk menyingkirkan pegawai yang berseberangan dengan pemerintah.

Kasus Positif Covid-19 Indonesia Meningkat, Kemenkes Khawatir

Di minggu-minggu ini kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat. Hal ini membuat Kemenkes khawatir apalagi sebentar lagi ada Lebaran.

Ini 3 Langkah Darurat yang Bisa Selamatkan Nyawa Saat Keracunan Sianida

Ahli toksikologi menyebut ada tiga hal yang harus segera dilakukan dalam penanganan orang yang keracunan sianida. Salah satu di antaranya dengan mengonsumsi karbon aktif.

10 Berita Terpopuler : Sosok Aiptu Tomi Target Sate Beracun - Video Remaja Berlarian Adang Mobil

Ulasan tentang Aiptu Tomi yang menjadi target sate beracun Bantul hingga video viral remaja berlarian mengadang mobil di Solo Baru menjadi berita terpopuler pagi ini.

Video Karya Mahasiswa UNS Juara di Wonderfull Village Video’s

Wonderfull Village Video’s Contest 2021 merupakan rangkaian event Festival Online Desa Wisata 2021 dari mata kuliah Event Manajemen FEB UKSW.

Solopos Hari Ini: Jateng Dijaga Berlapis

-Koran Solopos Hari Ini edisi Rabu (5/5/2021) mengulas tentang Jateng yang dijaga berlapis untuk mengantisipasi arus mudik.

Bukan Hanya Pusat Belanja di Jakarta Sebabkan Kerumunan!

Kentalnya nuansa politik menjadikan kerumunan di pusat perbelanjaan Jakarta jadi sorotan nasional padahal bukan satu-satunya provinsi. 

Pejabat dan ASN Dilarang Open House saat Lebaran

Hal itu dilakukan setelah berkaca dari perayaan Lebaran dan libur Natal tahun lalu yang mengalami peningkatan persebaran Covid-19.

Viral! Video Wanita Melahirkan Di Pesawat Saat Terbang

Seorang wanita bernama Lavinia Mounga melakukan persalinan di kamar mandi pesawat dengan lancar. Awalnya,   Mounga tidak menyangka akan melahirkan ketika naik pesawat dari kota asalnya, Utah untuk pergi ke Hawai

Kementerian Pertahanan Mulai Rekrut Komcad

Kementerian Pertahanan segera membuka pendaftaran komponen cadangan pertahanan atau komcad alias "wajib militer" versi Indonesia.

Bertambah, Kini Pos Penyekatan Mudik Lebaran Jadi 381 Titik

Penyekatan mudik Lebaran 2021 Polri yang semula 333 pos, kini menjadi 381 pos untuk menyekat semua kendaraan pemudik.

8 Singa di Kebun Binatang India Diduga Tertular Covid-19

Delapan ekor singa di Nehru Zoological Park India yang diterpa tsunami virus corona diduga kuat positif Covid-19.

Keren, Mahasiswa UNS Raih Most Intelligent Kece Cari Presenter Unesa

Bima Maulana Rahmad Hidayat mahasiswa Fisip UNS Solo berhasil menyabet juara Most Intelligent dalam Kece Cari Presenter.

Pilih Bercerai, Melinda Pernah Ungkap Sulitnya Bersuamikan Bill Gates yang Gila Kerja

Melinda Gates dan Bill Gates mengumumkan akan bercerai, setelah mengarungi bahtera pernikahan selama 27 tahun.

Uji Materi UU KPK: Penyadapan, Penggeledahan, dan Penyitaan Tak Lagi Izin Dewas

Dengan dikabulkannya sebagian permohonan pengujian materiil UU KPK itu, MK menyatakan Pasal 1 angka 3 bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai.

Unggah 3.500 Konten Porno Anak di Situs Online, Lansia Ditangkap

Tersangka berumur 64 tahun yang menjadi kontributor utama dengan menggunggah lebih dari 3.500 video dan gambar porno.

Minibus Terjun ke Sungai karena Sopir Mengantuk, 3 Penumpang Hilang

Kapolsek Sumarorong, Iptu Hendrik, menduga kecelakaan akibat kelalaian sang sopir yang mengantuk saat mengemudi.

Di Ambang Perceraian, Ini Deretan Aset Bill Gates dan Melinda yang Mencapai Rp1.885 Triliun

Pembagian harta gono gini antara Bill dan Melinda Gates akan menjadi perkara aset terbesar sejak Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie berpisah pada pertengahan 2019 lalu.

Menko Airlangga Yakin Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh Positif di Triwulan II 2021

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini ekonomi Indonesia menuju tren positif pada triwulan II-2021 dibanding triwulan I.

Digosipkan di Instagram, Nabila Javanica Kekasih Baru Kaesang?

Kabar kedekatan Nabila Javanica ini mencuat kala beredar sebuah unggahan Insta Stories milik @zenthajvnc yang mengabadikan momen kebersamaan dengan Kaesang.

Pandemi Covid-19, Pembangunan Keberlanjutan Tetap Berjalan

Meski Indonesia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 hingga saat ini, pembangunan keberlanjutan berbasis lingkungan tetap berjalan.

Survei Litbang Kompas: Jokowi, Prabowo, dan Anies 3 Besar Favorit Capres

Menurut survei Litbang Kompas, Joko Widodo meraih 24%, Prabowo Subianto 16%, dan Anies Baswedan: 10%.

Sudah Bulat! Ini 5 Alasan Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Di bawah ini ada lima alasan pemerintah yang sudah bulat melarang mudik saat momen Lebaran 2021. Kira-kira apa saja? Cari tahu di sini!

10 Berita Terpopuler : Sosok Nani Nurjaman Pelaku Sate Beracun - Pasar Tirtomoyo Wonogiri Lockdown

Sosok pelaku sate beracun yang ditangkap polisi hingga Pasar Tirtomoyo Wonogiri lockdown menjadi berita terpopuler Solopos.com Selasa pagi ini.

Solopos Hari Ini: Tinggal Tunggu Waktu

Koran Solopos Hari Ini edisi Selasa (4/5/2021) mengulas tentang potensi gelombang kedua Covid-19 tinggal tunggu waktu.

Menilik Etlo.id, Industri Kreatif Produk Ecoprint Pendidikan Biologi UNS

Berawal dari Digitalpreneur UNS 2020, kini produk-produk Etlo.id sudah dipasarkan secara luring maupun daring.

Boleh Naik Kereta Jarak Jauh saat Larangan Mudik, Ini Syaratnya

Masyarakat yang diperbolehkan naik kereta selama mudik dilarang adalah pekerja untuk perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, dan kunjungan duka anggota keluarga meninggal.

Covid-19 di India, Diduga Frustasi Tangani Pasien Dokter Bunuh Diri

Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona selama 24 jam terakhir.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

PDIP Masih Memimpin, Partai Ummat Menyalip PAN

Jika memperhitungkan margin of error, Partai Ummat lebih berpeluang lolos parliamentary threshold, empat persen dibandingkan PAN.

Airlangga Hartarto: Vaksinasi Gotong Royong Mengacu Daftar di Kadin

Vaksinasi dengan skema gotong royong akan menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinopharm.

Status Laki-Laki Dikabulkan, Syifa Ganti Nama Jadi Afif

Perubahan mulai muncul saat Syifa memasuki usia SD. Ia lebih suka bermain bola, kelereng, layangan serta senang bermain dengan kawan laki-laki.

Akui Langgar Prokes di Petamburan, Habib Rizieq Batalkan Keliling Indonesia

Habib Rizieq Shihab mengakui ada kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan anaknya di Petamburan, Jakarta.

Survei Litbang Kompas: Tren Kepuasan Responden terhadap Jokowi-Ma’ruf Naik

Dalam survei Litbang Kompas yang dirilis Senin (3/5/2021), 69,1 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin.

Airlangga Paparkan 5 Strategi ACRF untuk Integrasikan Ekonomi ASEAN

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan lima strategi kerangka kerja pemulihan ekonomi yang diberi nama ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF).

Keberhasilan PTM, Perilaku dan Kejujuran Orang Tua

Keberhasilan pembelajaran tatap muka (PTM) memerlukan kejujuran orang tua perihal kondisi keluarga hingga keteladan perilaku. Yang anak-anak lihat di rumah akan mereka bawa ke sekolah.

Gelombang Pemudik Berkejaran dengan Larangan Mudik

Lalu saat tiba di tempat tujuan, orang-orang dari kota membawa virus dan meninggalkannya di desa.

Penyederhaaan Birokrasi, Bupati Banjarnegara Lantik Sejumlah Pejabat Baru

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, kembali melantik pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Merapi 3 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dalam 6 Jam

Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah Merapi.

Sejarah Hari Ini: 3 Mei 1993, Hari Kebebasan Pers Sedunia

Berbagai macam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 3 Mei.

10 Berita Terpopuler : Klaster Masjid Sukoharjo - Pungli Zakat di Solo

Informasi tentang klaster masjid di Sukoharjo serta pungli zakat di Solo masuk jajaran 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Guru Lumpuh Seusai Vaksin Diduga Alami Guillain Barre Syndrome, Apa Itu?

Guru honorer asal Sukabumi, Jawa Barat, Susan mengalami kelumpuhan dan gangguan penglihatan usai vaksinasi Covid-19 tahap dua

Solopos Hari Ini: Klimaks Tradisi Minta Sedekah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (3/5/2021) mengulas tentang klimaks tradisi minta sedekah terkait kasus pungli di Kelurahan Gajahan.

Gubernur Anies Baswedan Hentikan KRL ke Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menarik rem darurat dengan mengubah jadwal operas.ional kereta commuter atau KRL ke Tanah Abang.

8 Hilang Akibat Tanah Longsor di Tapanuli Selatan

BNPB melaporkan masih hilangnya delapan orang dalam bencana tanah longsor di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Seret Nama Azis Syamsuddin, Begini Golkar Sikapi Suap Tanjungbalai

Kasus suap Pemkot Tanjungbalai Sumatra Utara menyeret nama wakil ketua DPR yang juga politikus Partai Gokkar Azis Syamsuddin.

Gubernur Anies Baswedan Imbau Warga Tak Belanja di Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warganya tak melulu berbelanja kebutuhan Lebaran 2021 di Pasar Tanah Abang.

Jelang Lebaran, Tanah Abang dan Thamrin City Padat

Menjelang akhir Ramadan dan datangnya Lebaran, Tanah Abang dan Thamrin City dilaporkan padat pengunjung hingga membikin khawatir.

Ini Harapan Presiden Jokowi di Hari Pendidikan Nasional

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memperingari Hari Pendidikan Nasional bersama seluruh warga Indonesia lainnya, Minggu (2/5/2021).

Ganjar Pranowo Tegas: Tiada Mudik Bagimu

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan tegas meminta masyarakat tidak mudik menjelang Lebaran 2021.

Sejarah Hari Ini: 2 Mei 1915, Leonardo da Vinci Meninggal Dunia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah dari berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 Mei.

Solopos Hari Ini: Pungutan Liar Jelang Lebaran

Koran Solopos Hari Ini edisi Minggu (2/5/2021) mengulas tentang pungutan liar jelang Lebaran yang terjadi di Kelurahan Gajahan, Solo.

PDIP Gagas Pansus PD PAM Jaya, Anies Sasarannya?

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengagas Pansus PD PAM Jaya setelah Gubernur Anies Baswedan ingin memperpanjang pengelolaan air bersih swasta.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Didesak Mundur

Forum Masyarakat Peduli Parlemen atau Formappi mendesak Azis Syamsuddin mengundurkan diri dari wakil ketua DPR.

Pertama di Dunia, India Cetak Rekor 400.000 Kasus Harian Covid-19

India mencatat lebih dari 400.000 kasus harian baru Covid-19 sehingga menjadikannya sebagai negara pertama yang mencetak rekor tersebut.

Merapi 3 Kali Luncurkan Awan Panas, Gugurannya 1.700 M

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas, Sabtu (1/5/2021) yang guguran awan panasnya meluncur hingga jarak 1.700 m arah barat daya.

Pasukan TNI Polri dikirim ke Ilaga Buru Kelompok Bersenjata

Kehadiran personel gabungan itu di wilayah Distrik Ilaga sebagai representasi negara di tengah masyarakat setempat.

Hiiii...Gadis Asal Bandung Atraksi dengan King Cobra 4 Meter

Icha belajar dengan orang yang ahli di bidang ular demi bisa berinteraksi dengan ular king cobra.

Airlangga Hartarto: Buruh dan Pekerja Elemen Penting Perekonomian

Sinergi antara buruh, pengusaha, dan pemerintah membuktikan Indonesia mampu bertahan dari terpaan pandemi.

Menteri BUMN, Erick Thohir Salut Program BUMN yang Pro Rakyat

Guna melihat langsung kiprah perusahaan BUMN yang dekat dengan rakyat, Menteri BUMN mendatangi masyarakat.

Peringati Hari Buruh Internasional, Jokowi: Buruh Aset Besar Bangsa

Presiden Jokowi mengatakan Hari Buruh Internasional dirayakan penghormatan atas karya dan ketekunan para pekerja yang menggerakkan ekonomi dan dunia usaha.

Cegah Pemudik Lolos, Doni Minta Pos Penyekatan Dijaga 24 Jam

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan petugas harus mengatur penjagaan secara bergantian agar tidak ada kendaraan pemudik yang lolos.

Lurah Viral karena Minta THR ke Pengusaha Cuma Dihukum Teguran Tertulis

Lurah Jombatan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kislan, yang viral karena membuat surat edaran minta THR kepada pengusaha akhirnya dihukum.

Sejarah Hari Ini: 1 Mei 1886, Demo Besar di AS Awal Hari Buruh Dunia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 Mei.

Tsunami Covid-19 India, Ahli: Bisa Jadi karena Euforia Vaksinasi

Ahli virologi dari Universitas Udayana, Bali, menyebut tsunami Covid-19 di India bisa jadi karena euforia masyarakat setelah vaksinasi.

Satpol PP Bali Usir 2 WNA Pembuat Video Prank Youtube

Youtuber asal Amerika Serikat dan influencer Rusia diminta meninggalkan Bali setelah membuat video prank di Youtube riasan wajah masker.