SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA – Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat berencana mengambil alih kepemimpinan di partai yang menurut survei mengalami penurunan elektabilitas secara drastis.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan hal wajar jika Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan turun tangan mengambilalih kepemimpinan Partai Demokrat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak SBY adalah pendiri dan dia segala-galanya bagi Partai Demokrat,” ujar Max Sopacua, Selasa (5/2/2013).

Menurut Max, wajar jika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat menyatakan akan mempertimbangkan untuk mengambilalih kepemimpinan Partai Demokrat.

Guna menyelamatkan Partai Demokrat dari persoalan terus menurunnya tingkat elektabilitas, menurut dia, hanya bisa diselamatkan oleh Ketua Dewan Pembinanya.

Anggota Komisi I DPR RI ini menegaskan, jika Presiden Yudhoyono turun tangan mengambilalih kepemimpinan Partai Demokrat bukan berarti ada penggusuran, tapi hanya untuk memulihkan tingkat elektabilitas partai yang terus merosot.

“Kalaupun Pak SBY turun tangan, tidak ada geser-menggeser di tingkat kepeimpinan Partai Demokrat,” katanya.

Menurut dia, jika dilakukan pengambialihan kepemimpinan Partai Demokrat, sesuai aturan organisasi.

Max juga menilai, hasil survei yang diumumkan oleh lembaga survei Saiful Mujani Research Center turut menurunkan citra Partai Demokrat.

Hasil survei yang menyimpulkan perolehan suara Partai Demokrat turun hingga 8,3%, menurut dia, segera menjadi opini publik bahwa posisi Partai Demokrat sudah merosot tajam.

Hasil pemilu legislatif 2009 Partai Demokrat memperoleh suara 20,85%, kemudian pada Februari 2013 merosot tajam menjadi 8,3%. (Antara/sae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya