SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (8/2/2013), telah bersikap. Dia menegaskan Majelis Tinggi telah memutuskan opsi dan solusi yang akan ditempuh partainya untuk mengatasi permasalah PD saat ini.

Menurut SBY, langkah itu ditujukan untuk menyelamatkan partai. Salah satu butir keputusan itu adalah Ketua Majelis Tnggi Partai bertugas dan berwenang dan bertanggung jawab menyelematkan partai.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Keputusan lainnya adalah Ketua MT Partai mengambil keputusan dan arahan yang penting dan strategis. Elemen utama partai seperti fraksi di DPR beserta dewan DPD dan DPC Partai Demokrat berada dalam kendali dan bertanggung jawab langsung kepada Majelis Tinggi partai.

“Yang tidak suka dengan kebijakan penyelamatan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Tinggi partai silakan meninggalkan partai.”

Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Majelis Tinggi, diminta oleh majelis untuk lebih memfokuskan diri kepada dugaan masalah hukum yang tengah disidik oleh KPK.

SBY menjelaskan bahwa  pertemuan Majelis Tinggi Partai Demokrat itu diperluas karena selain anggota Majelis Tinggi juga hadir Ketua Fraksi PD dan para menteri yang berasal dari Partai Demokrat.

Sebelumnya, dengan menggunakan mobil MPV berwarna hitam, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tiba di kediaman Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (8/2).

Anas tiba sekitar pukul 19.40 WIB dan langsung masuk ke dalam kompleks untuk membicarakan permasalahan internal partai bersama elit partai lainnya.

Setelah kedatangan Anas, tiba Ketua Fraksi Demokrat DPR Nurhayati Ali Assegaf.

Petinggi Partai Demokrat yang lebih lebih dulu tiba di kediaman ketua dewan pembina Partai Demokrat itu, di antaranya Wakil Ketua Umum DPP Max Sopacua dan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarif Hasan.

Pada saat wartawan menyapa elit partai tersebut, tidak ada yang berhenti untuk memberikan keterangan. Informasi yang beredar di kalangan wartawan yang telah menanti di halaman kediaman pribadi Yudhoyono sejak Jumat sore, Yudhoyono akan menyampaikan pernyataan pers sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebelumnya pada Kamis malam (6/2) SBY juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah petinggi Demokrat seperti Syarif Hasan, Amir Syamsuddin, Jero Wacik, serta Roy Suryo.

Usai pertemuan Kamis malam, Syarif Hasan yang juga Menteri Koperasi dan UKM mengatakan bahwa Yudhoyono telah menemukan sejumlah opsi untuk menata kembali Partai Demokrat.

“Opsi itu adalah bagaimana untuk menata kembali Partai Demokrat ini dan juga bagaimana agar melakukan suatu manajemen organisasi untuk semua kader-kader Demokrat,” katanya.

Beberapa hari lalu, sejumlah petinggi Partai Demokrat meminta agar Yudhoyono menyelamatkan partai setelah berdasarkan hasil survei dukungan terhadap partai menurun hingga 8%. Beberapa pengurus Demokrat mengaku penurunan itu antara lain karena sejumlah kader terkait dengan kasus korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya