SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Kendati kekuatan Anas Urbaningrum tidak bisa dianggap remeh di tingkat pengurus daerah Partai Demokrat (PD) namun kekuatan Presiden SBY untuk melengserkan Ketua Umum Partai Demokrat jauh lebih besar.

Demikian dikemukakan oleh pengamat politik, Tjipta Lesmana di sela-sela acara peluncuran buku “Bola Politik dan Politik Bola, Ke mana Arah Tendangannya”? di Kompleks Parlemen (7/2/2013).

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Menurutnya, sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, SBY pasti berani melengserkan Anas di tengah kian terbukanya konflik di internal partai.

Ekspedisi Mudik 2024

“SBY selama ini kan agak ragu dan santun. Saya yakin kali ini berani,” ujar Tjipta. Menurutnya, pelengseran Anas bisa dilakukan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) atas dukungan kekuatan SBY.

Tjipta juga meyakini langkah Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik dan Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarief Hasan sudah mengontak SBY sebelum meminta Anas mundur. Bahkan tindakan kedu menteri tersebut, ujarnya, adalah atas permintaan SBY.

“Ini makin dekat 2014. Caranya tidak ada cara lain pasti akan terjadi Kongres Buar Biasa. Itu bisa terjadi. Saya yakin Pak SBY bisa mengumpulkan kekuatan,” kata Tjipta.

Tjipta meyakini tindakan SBY tersebut akan mendapat tekanan dari pendukung Anas di tingkat akar rumput yang cukup kuat. Akan tetapi demi kepentingan partai SBY pasti bertindak, ujarnya.

“Sekarang tinggal kalkulasi kekuatan,” kata Tjipta.

Terkait permintaan SBY kepada Komisi Pemberantasan Korupsi agar memperjelas status Anas dalam kasus Wisma Atlet Hambalang, Tjipta memastikan itu tanda SBY galau dan waswas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya