Prabowo Ziarah Makam Soeharto di Astana Giribangun: Jangan Teriak Ya
Sri Sumi Handayani Capres RI, Prabowo Subianto, berziarah ke makam Presiden ke-2 RI, Soeharto, di Astana Giribangun, Matesih, Senin (27/5/2019). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Prabowo Subianto berziarah ke makam mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Senin (27/5/2019). Dia datang bersama rombongan yang terdiri atas putranya dan politikus Gerindra.

Beberapa orang yang datang bersama Prabowo adalah putra Prabowo, Ragowo Hediprasetyo atau Didit Hediprasetyo, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, dan Bibit Waluyo. Prabowo menumpang mobil Toyota Alphard putih pelat nomor H 9 DB.

Prabowo dan rombongan tiba di Astana Giribangun pukul 13.30 WIB dengan kawalan tim keamanan. Puluhan orang pendukung, simpatisan, dan relawan pemenangannya sudah menunggu Prabowo sejak pukul 11.00 WIB. Mereka hendak mengabadikan momen kedatangan Prabowo, tetapi tim keamanan yang datang bersama rombongan melarang.

"Kamera, kamera. Tidak ada kamera."

Mereka meminta semua orang tidak menggunakan kamera handphone maupun kamera lain menyorot Prabowo berjalan masuk ke cungkup kompleks makam mantan Presiden ke-2 RI. Sejumlah wartawan televisi, media cetak, dan online area Soloraya sudah menunggu di depan cungkup. Tetapi tim keamanan kompleks Makam Astana Giribangun meminta sejumlah wartawan televisi turun ke luar pintu gerbang makam.

Prabowo masuk ke cungkup Argo Sari bersama rombongan. Cungkup Argo Sari teletak di tengah-tengah dan paling tinggi. Di situ, jenazah mantan Presiden ke-2 RI dan istri, Raden Ayu Siti Hartinah, bersemayam. Selain itu, jenazah orang tua Raden Ayu Siti Hartinah, yakni K. P. H Soemoharjomo dan K. R. Ay. Hatmanti Hatmohoedojo. Satu makam lagi adalah kakak Raden Ayu Siti Hartinah, yaitu Siti Hartini Oudang.

Dia berada di dalam cungkup selama 25 menit. Setelah itu, Prabowo dan rombongan ke Wisma Lerem di timur masjid kompleks Astana Giribangun. Pukul 14.30 WIB, rombongan meninggalkan kompleks Astana Giribangun. Berbeda dengan saat datang, tim keamanan tidak melarang orang mengambil gambar. Bahkan, ada satu momen sejumlah orang berswafoto dengan Prabowo di dekat mobil.

Prabowo keluar dari pintu gerbang dan masuk ke mobil. Beberapa saat kemudian, dia turun dari mobil dan menyapa sejumlah orang yang masih menunggu di dekat mobil. Dia melambaikan tangan dan meladeni swafoto dengan sejumlah orang yang sudah mengacungkan kamera handphone. Tim keamanan menjaga di sekitar Prabowo.

Salah satu pendukung meneriakkan dukungan terhadap Prabowo. "Hidup Prabowo! Prabowo Presiden!"

Prabowo menanggapi dukungan itu dengan santai. "Sudah, sudah. Acara keluarga enggak usah teriak teriak. Jangan teriak-teriak di sini. Sudah sudah. Santai saja. Sudah ya, terima kasih ya," ungkap dia sembari menenangkan pendukungnya.

Setelah itu dia kembali masuk mobil dan meninggalkan kompleks Astana Giribangun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho