SOLOPOS.COM - Wiranto (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Panglima ABRI, Wiranto, akhirnya buka suara soal kasus penculikan 1998. Hal ini dilakukan Wiranto untuk menanggapi ucapan Prabowo Subianto yang menyebut kata “atasan” saat menjawab pertanyaan Jusuf Kalla dalam debat capres 2014 jilid pertama belum lama ini.

Wiranto menjawab 10 pertanyaan terkait netralitas TNI, keberpihakan para mantan perwira tinggi TNI, hingga kasus penculikan dan penanganan kerusuhan pada pergantian kekuasaan 1998. Wiranto menjelaskan dalam kasus penculikan, tidak ada perintah darinya untuk melakukan penculikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebagai Panglima ABRI saat itu, Bapak menjadi atasan Prabowo,” kata Wiranto membacakan sebuah pertanyaan untuk dirinya di Posko Forum Komunikasi Pembela Kebenaran di Jl HOS Cokroaminoto 55-57, Jakarta Pusat, Kamis (19/6/2014). “Saya tidak ikut perdebatan [capres] tapi nama saya di sebut.”

Menurut purnawirawan jenderal bintang empat itu, aksi penculikan tersebut tidak melibatkan dirinya sebagai Panglima ABRI saat itu. Justru dia menyebut hal tersebut dilakukan atas inisiatif pribadi Prabowo Subianto sebagai Panglima Kostrad saat itu.

“Tidak ada perintah untuk melakukan penculikan. Pada saat saya melakukan dialog dengan Pak Prabowo saat itu, saya yakin itu dilakukan atas inisiatif pribadi dengan dasar analisis pribadi atas kondisi saat itu. Jawaban saya ini sudah dimuat di Kompas,” kata Wiranto.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Hanura ini juga membeberkan aksi penculikan tersebut terjadi sebelum dirinya menjabat sebagai Panglima ABRI. Menurutnya, peristiwa penculikan terjadi pada medio Desember 1997-Maretn 1998.

“Aksi penculikan oleh oknum Kopassus AD dilakukan pada medio Desember 1997-Maret 1998. Pada saat penculikan berlangsung, Panglima ABRI masih Jenderal Faisal Tanjung. Pada 7 Maret [1998], saat kasus itu harus diusut, saya jadi Panglima ABRI. Jadi pada saat kasus terjadi, panglimanya masih lama, saat diusut, panglimanya saya,” beber Wiranto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya