SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Joko Widodo saat Debat Capres (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Berdasarkan hasil 16 lembaga survei nasional, elektabilitas pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) lebih unggul rata-rata 4% dari pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hasilnya jauh berbeda dengan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyebut Jokowi-JK unggul atas Prabowo-Hatta.

Survei tersebut dilakukan oleh 16 lembaga survei yang dirilis per tanggal 5 Juli 2014 kemarin. Ke-16 lembaga survei tersebut diantaranya Lembaga Survei Pusat Data Bersatu (PDB), Lembaga Survei Pol-Comm, Lembaga Survei Puskaptis dan Lembaga Survei Nasional (LSN).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Juru Bicara pasangan Prabowo-Hatta, Tantowi Yahya, mengatakan bahwa pihaknya lebih percaya dengan hasil 16 lembaga survei yang menyebutkan elektabilitas Prabowo-Hatta lebih tinggi rata-rata 4% dari pasangan Jokowi-JK. Dia membandingkan hasil survei LSI yang menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo-Hatta lebih rendah dari pasangan Jokowi-JK dengan selisih 3,6%.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di survei kami, hasilnya terbalik. Bahkan PS [Prabowo Subianto] sudah diatas JKW [Jokowi] 5%. Ini yang kami pedomani. 16 survei menempatkan PS diatas JKW rata-rata 4%,” tutur Tantowi kepada Bisnis/JIBI di Jakarta, Senin (7/7/2014).

Menurut Tantowi, saat ini memang banyak lembaga survei nasional yang melakukan kegiatan surveinya untuk menentukan elektabilitas pasangan capres-cawapres, namun hanya sedikit lembaga survei yang kredibel. “Ya biarin aja. Siapa aja bisa bikin survei. Kita percaya atau tidak, urusan lain,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya