SOLOPOS.COM - Fahri Hamzah (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Tim Advokasi Komite Pemenangan Jokowi-JK melaporkan politikus PKS sekaligus anggota tim sukses Prabowo-Hatta, Fahri Hamzah, kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait kicauan “sinting” terhadap Joko Widodo (Jokowi) dalam akun Twitternya.

Anggota komisi III DPR tersebut melalui akun Twitternya @fahrihamzah pada Kamis (27/6/2014) menulis “Jokowi janji 1 Muharam hari Santri. Demi dia terpilih, 360 hari akan dijanjikan ke semua orang. Sinting!”.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ketua Tim Advokasi Komite Pemenangan Jokowi-JK, Mixil Mina Munir, tindakan tersebut dinilai telah melanggar UU No. 42/2008 pasal 41 ayat 1 huruf C. Pasal itu mengatakan pelaksana, peserta, dan petugas kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon, dan atau pasangan calon yang lain.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Mixil Mina Munir mengatakan pernyataan tersebut bukan hanya membuat tim sukses Jokowi-JK tersinggung, tetapi juga ribuan santri di Indonesia. “Tentunya pernyataan saudara Fahri Hamzah tidak hanya membuat kami, tim relawan, simpatisan, pemilih potensial Jokowi-JK tersinggung, tapi pernyataan tersebut juga melukai sekitar 3,7 juta santri yang ada di Indonesia,” katanya.

Pernyataan Fahri Hamzah tersebut dilontarkan setelah Jokowi mengunjungi para kiai dan kalangan santri di Pondok Pesantren Babussalam, Banjarejo, Malang, Jawa Timur, pada Kamis (27/6/2014). Pada kesempatan tersebut, Jokowi diketahui menjanjikan 1 Muharam akan ia jadikan sebagai Hari Santri Nasional jika terpilih menjadi Presiden RI.

Adapun, tim advokasi komite pemenangan Jokowi-JK menginginkan Fahri Hamzah sebagai juru bicara tim pemenangan Prabowo-Hatta memberikan penjelasan kepada Bawaslu. Tim Jokowi-JK berharap dia akan diberikan sanksi pidana pemilu yang sesuai dengan tindakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya