SOLOPOS.COM - Rustriningsih. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar mendekatnya mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dari PDIP, Rustriningsih, ke kubu pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), mendapat tanggapan dari calon presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Enggak apa-apa kita hargai pilihan-pilihan politik seperti itu, kita hargai, kita hormati kalau ada jaminan politik lain,” katanya seusai salat zuhur di Masjid Agung Pondok Indah Jakarta, Senin (30/6/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika ditanya alasan Rustriningsih menyeberang ke lawan politiknya, Jokowi mengatakan tidak tahu. Menurutnya setiap politikus berhak menentukan pilihan politik masing-masing.

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun dampak perolehan suara pasca mantan Bupati Kebumen itu berpindah haluan, ia mengembalikan demokrasi kepada rakyat. “Ya enggak tahu, sudah menentukan pilihan politik ya enggak apa-apa, itu harus dihormati, tapi tergantung rakyat,” jelasnya.

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) Hatta Rajasa di Jakarta, Minggu (29/6/2014) malam menyebut mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih sebagai energi baru jika bergabung dalam tim pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Kami menghargai dan memberi penghargaan paling tinggi, apalagi tokoh sekelas Rustriningsih itu. Kami semacam mendapatkan energi baru,” kata Hatta usai debat cawapres di Hotel Bidakara.

Namun, lebih lanjut Hatta Rajasa mengatakan pihaknya hingga saat ini enggan meminta konfirmasi tentang hal tersebut kepada Rustriningsih. Hatta juga tidak mau berpendapat panjang. Terkait wacana pemberian dukungan dari Rustriningisih kepada Prabowo-Hatta, Hatta mengatakan pihaknya mensyukuri jika benar-benar terjadi. “Kita tunggu saja. Kami, Prabowo dan Hatta, mensyukuri setiap adanya dukungan,” jelasnya.

Rustriningsih adalah kader PDIP yang gagal maju sebagai cagub di Pilgub Jawa Tengah. Dia juga adalah mantan Bupati Kebumen yang diusung PDIP. Namun, saat Pilgub Jateng 2013, PDIP tak mengusung Rustriningsih, melainkan Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya