SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA – Netizen mengungkap ada yang terlewat oleh media dalam debat capres jilid II, Minggu (15/6/2014). Menurut sejumlah viewers Youtube, beberapa saat setelah ditanya Jokowi soal TPID, Prabowo samar mengucapkan kata “kampret”. Ungkapan ini bocor saat tayangan TV One.

“Ini Prabowo di 54:48 koq ngomong KAMPRET?! di tanya soal TPID yg kaga ngerti koq ngomong demikian? CAPRES MACEM APA ITU?!,” komentar seorang pengguna Youtube, Jack Frost, Rabu (18/6/2014).

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Komentar Jack Frost ditujukan untuk video unggahan Kabar TV di Youtube. Video berjudul Debat Capres ini menampilkan versi lengkap dari debat sesi kedua itu. Video tersebut diunggah pada Minggu (15/6/2014).

Komentar Jack Frost ini mendapat tanggapan pro dan kontra. Sebagian mengaku tidak mendengar ucapan Prabowo secara jelas, sedangkan sebagian lain mempercayainya.

 “Saya sudah cek berkali kali.. tidak ada ucapan “kampret” dari mulut pak prabowo…” tulis Hendra Doank.

“Setelah diputar berulang2, saya bisa mendengar desisan “kampret” yg diucapkan prabowo. Nyaris tak terdengar memang…,” komentar DeCy R.

Kata “kampret” muncul pada sesi ketiga debat dengan tema Perekonomian dan Sesejahteraan Sosial itu. Simpatisan Jokowi sekaligus aktivis sosial, Fadjroel Rachman, ikut membagikan ungkapan “kampret” ini lewat akun Twitternya.

Salah satu video lain diunggah oleh akun Airin Livia yang berjudul Prabowo Tidak Menguasai TPID Debat Capres Jokowi vs Prabowo 15 Juni 2014. Pada video yang sudah ditonton lebih dari 30.000 kali itu, ucapan Prabowo terdengar pada detik ke-39.

Pengertian “kampret” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebut sebagai kelelawar kecil pemakan serangga. Dalam bahasa keseharian di Jawa, kampret sering dikonotasikan sebagai ungkapan kasar. Kadang kampret kerap diucapkan sebagai ungkapan kegagalan atau kecewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya