Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak. JIBI/Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Solopos.com, JAKARTA — Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pasangan calon nomor urut 02 itu tidak akan mendengar langsung pengumuman hasil sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang jelas, besok Pak Prabowo tidak bisa hadir di MK. Dia akan mendengarkan [putusan] hakim MK dari Kertanegara IV, kemungkinan bareng Sandi, beberapa tokoh partai politik koalisi dan tokoh-tokoh lain," katanya di Media Center Prabowo-Sandi, Rabu (26/6/2019).

Dahnil Anzar mengatakan alasan Prabowo tak datang langsung ke gedung MK agar dapat melihat dua hal sekaligus, yaitu fakta persidangan berupa keputusan hakim serta kondisi sosiologis masyarakat.

Pasalnya, organisasi masyarakat (ormas) seperti PA 212, GNFP, dan beberapa kelompok lain menggelar aksi demonstrasi berkedok halalbihalal di depan gedung MK mulai Rabu ini hingga kamis (27/6/2019) saat majelis hakim konstitusi membacakan keputusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019.

Dahnil mengatakan Prabowo-Sandi siap menerima apapun keputusan MK terkait gugatan yang diajukan Tim Kuasa Hukum Paslon 02.

Meski demikian, dia meminta agar hakim MK melihat hal-hal yang substantif serta membangun paradigma progresif.

"Kami berharap yang mulia hakim tidak mereduksi dan mengecilkan MK menjadi mahkamah hitung-hitungan atau mahkamah kalkulator. Kami menempatkan diri MK sebagai mahkamah yang pro progresifitas hukum perlu hal hal yang sifatnya substantif bukan mahkamah kalkulator," ucapnya.

Sebelumnya, Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade memastikan Prabowo tidak akan datang ke sidang pengumuman hasil sengketa Pilpres 2019 oleh MK.

Pasalnya, sosok Prabowo-Sandi otomatis menjadi daya tarik massa, khususnya para pendukung. Andre mengibaratkan Prabowo dan para simpatisan seperti gula dan semut.

"Kalau dia [Prabowo] datang, bakal datang dong pendukungnya. Enggak datang aja pendukungnya masih ada yang datang. Kalau ada gula, ada semut dong. Datang itu berbondong-bondong pendukungnya kalau mereka datang. Gitu loh," ungkapnya.

Andre menuturkan saat ini Prabowo masih berada di Jerman untuk mengurus beberapa hal, termasuk cek kesehatan dan bisnis pribadi.

Meski demikian, dia memastikan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut akan tiba di Indonesia sebelum pengumuman hasil sidang MK pada Kamis (27/6/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten