SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto tampil ala Soekarno (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO – Kisah sukses Prabowo Subianto di bidang militer barangkali sudah jamak terdengar. Eks Danjen Kopasus ini tak perlu diragukan lagi. Tapi, tahukah Anda? Prabowo ternyata pernah disebut dalam catatan harian tokoh ternama, Soe Hok Gie.

Nama prabowo sempat muncul di buku Catatan Seorang Demonstan yang ditulis berdasarkan kumpulan tulisan Soe Hok Gie. Prabowo ditulis dengan sebutan nama “Bowo”. Dalam catatan Soe Hok Gie, nama Prabowo muncul pada 1969.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diceritakan dalam buku itu Soe cukup dekat dengan Prabowo. Soe selama ini memang dikenal sangat dekat dengan ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo. Ayah Prabowo ini bahkan sering disebut dalam beberapa kesempatan.

Namun cerita kedekatannya dengan Prabowo jarang didengungkan. Soe Hok Gie bercerita dia dan Prabowo sempat keluyuran bareng.

“Dari pagi keluyuran dengan Prabowo ke rumah Atika, ngobrol dengan Rachma, dan membuat persiapan-persiapan untuk pendakian Gunung Ciremai,” tulis Gie dalam catatan hari Kamis 29 Mei 1969.

Mereka juga mengurus organisasi yang bernama Pioneer Korps. Soe sering menyebutnya sebagai pionir korpsnya Prabowo. Hal ini seperti mengindikasikan bahwa organisasi itu diprakarsai oleh Prabowo.

Soe Hok Gie punya penilaian sendiri mengenai sosok Prabowo. “Ia cepat menangkap persoalan-persoalan dengan cerdas tapi naïf. Kalau ia berdiam 2-3 tahun dalam dunia nyata, ia akan berubah.” tulis di catatan Soe Hoek Gie 25 Mei 1969.

Cerita soal Lembaga Pembangunan juga sempat disebut dalam catatan Soe Hok Gie. Dia misalnya berpendapat secara ekonomis organisasi ini tidak akan dapat berbuat banyak. “Jumlah desa-desa di Indonesia beribu-ribu dan jumlah mahasiswa yang bisa dikerahkan paling hanya beberapa ribu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya