SOLOPOS.COM - Seto Nurdiyantara (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pra-PON Sepak bola DIY gagal meraih tiket ke PON Jabar 2016. Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo menilai ada dua alasan yang menyembabkan tim sepak bola DIY gagal melaju.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ekspedisi Mudik 2024

 

Harianjogja.com, JOGJA — Harapan masyarakat pencinta sepak bola Yogyakarta melihat tim PON DIY berlaga di PON Jabar 2016, September nanti, telah pupus. Pasukan asuhan Seto Nurdiyantoro itu harus merelakan tiket ke babak utama dimiliki tim Pra PON Jateng dan DKI Jakarta usai mengalami kekalahan dari Jatim, Jateng, dan DKI.

Ketua KONI DIY, GBPH Prabukusumo, menilai setidaknya ada dua alasan atas kegagalan timnya di babak kualifikasi yakni kurangnya komunikasi antara pengurus Asprov PSSI DIY dengan para pemain dan pelatih serta problem kepedulian pemangku kepentingan terhadap sepak bola di wilayahnya.

“Saya melihat pengurus kurang bisa mengayomi para pemain yang mayoritas berusia muda. Padahal kedekatan itu penting sebagai bentuk motivasi ke pemain sekaligus menjaga semangat bertanding. Saya sangat berharap, ada orang-orang yang peduli dengan sepakbola DIY ini,” ujar Prabukusumo.

Seperti diketahui, Suni Hisbullah dkk. babak-belur sejak laga pertama. Bermain di Stadion Arcamanik, Gedebage, Bandung, mereka kalah setengah lusin dari tim Pra PON Jatim, kalah 1-2 dari DKI Jakarta, dan takluk dua gol tanpa balas dari Jateng

Laga pamungkas melawan Banten, Minggu (27/3/2016) juga tak berarti apa-apa karena apapun hasilnya mereka sudah dipastikan tersisih dari peta persaingan. Di laga itu DIY lagi-lagi kandas setelah kalah 0-2.

Prabukusumo berharap Asprov PSSI DIY melakukan evaluasi besar-besaran terhadap pengelolaan sepak bola di wilayahnya. “Padahal, masyarakat DIY sudah berharap tahun ini tim sepak bolanya mencetak sejarah lolos ke PON,” jelasnya.

Sementara, pelatih tim Pra PON DIY, Seto Nurdiyantoro, memiliki pandangan berbeda terkait kegagalan timnya. “Stamina para pemain kami kalah jauh dengan tim-tim lain,” ucap pria yang juga arsitek tim PSS Sleman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya